KUNCI JAWABAN Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 112, 113 114, 115, Apa Keunikan Daerah Papua Menurutmu?. Kunci jawaban Tema 8 kelas 4 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak. Apa keunikan daerah Papua menurutmu? Tuliskan pada tempat di bawah ini.

Simak kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 111, 112, 113 114, 115, Subtema 2 Pembelajaran 6. Pembelajaran ini diawali dengan pertanyaan, Gambar di atas menunjukkan peta daerah Papua.

Baca Yuk :

KUNCI JAWABAN Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 112, 113 114, 115, Apa Keunikan Daerah Papua Menurutmu?

Sebelum melihat kunci jawaban buku tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri.

Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Tema 8 Kelas 4 Halaman 111

Ayo Mengamati

Gambar di atas menunjukkan peta daerah Papua. Apa keunikan daerah Papua menurutmu? Tuliskan pada tempat di bawah ini.

Jawaban :

1.Papua memiliki salju abadi, tidak pernah mencair.

2. Lukisan misterius di gua kontilola

3. Papua memiliki danau tertinggi.

4. Papua memiliki pasir putih di atas bukit.

5. Kuliner khas Papua yang super unik.

Papua memiliki banyak keunikan dan daya tarik tersendiri. Gunung Jaya Wijaya yang terkenal dengan puncaknya tertutup salju terletak di Papua.

Selain Gunung Jaya Wijaya, Papua juga memiliki banyak tempat wisata alam yang dapat memanjakan mata wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya itu, Papua memiliki jenis fauna yang terkenal yaitu burung cenderawasih.

Pernahkah kamu membaca cerita rakyat Papua tentang burung cenderawasih?

Bacalah bacaan berikut.

Ayo Membaca

Asal Usul Burung Cenderawasih

Di suatu daerah di Papua tinggal seorang anak laki-laki bernama Kweiya. Kweiya tinggal bersama ibu dan adik-adik tirinya. Adik-adik tiri Kweiya tidak menyukai Kweiya. Mereka menjebak Kweiya sehingga dia tersesat di hutan.

Kweiya yang tersesat di hutan mencoba untuk bertahan hidup. Dia membangun rumah kayu sederhana dan berburu. Kulit binatang hasil buruannya dia pintal menjadi benang. Kweiya berencana untuk membuat sayap dari benang pintalannya.

Setelah Kweiya pergi, ibunya sangat sedih. Adik-adik Kweiya berbohong bahwa Kweiya pergi karena tidak mau tinggal bersama mereka lagi. Ibu Kweiya tidak percaya. Ibu Kweiya berusaha mencari tahu kebenarannya. Adik bungsu Kweiya yang jujur memberitahu ibu kebenarannya. ”Bu, kak Kweiya tidak meninggalkan kita. Dia dijebak oleh kakak-kakak sehingga tersesat di hutan.” Jelas adik bungsu Kweiya.

”Benarkah yang kau katakan itu anakku? Kalau begitu ibu harus mencari Kweiya,” sahut ibu Kweiya.

Ibu Kweiya segera pergi ke hutan. Dia berjalan tanpa kenal lelah sambut terus memanggil-manggil Kweiya sekuat tenaga. Tidak ada sahutan. Sampai akhirnya ibu Kweiya melihat seekor burung muncul dari pepohonan. Eee… eee… eee…. Begitu suara burung yang muncul di hadapan ibu Kweiya.

Ibu Kweiya terkejut, ternyata burung itu adalah Kweiya yang menyelipkan pintalan benang di bawah lengannya. Kweiya telah berubah wujud menjadi seekor burung yang indah.

Ibu Kweiya mengikuti Kweiya dan mengambil sejumput pintalan benang. Ibu Kweiya menyelipkan pintalan benang di bawah lengannya seperti yang telah dilakukan Kweiya. Dalam sekejap, ibu Kweiya berubah menjadi seekor burung. Dia segera terbang bersama Kweiya. Adik-adik tiri Kweiya ternyata menyaksikan ibunya dan Kweiya yang telah berubah menjadi burung. Mereka menyesali perbuatan jahatnya. Namun, penyesalan itu telah terlambat. Kweiya dan ibunya telah berubah menjadi burung yang kini dikenal sebaga burung cendrawasi.

Disadur dari:Dian. K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2016.

Tema 8 Kelas 4 Halaman 114

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga anak. Diskusikan mengenai cerita fiksi di depan. Apa isi dari cerita fiksi di depan? Tuliskan hasil diskusi kelompok mu pada tempat di bawah.

Jawaban :

Isi dari cerita di atas adalah kisah seorang Ibu, kweiya dan saudara tirinya yang jahat. Saudara tiri kweiya tidak menyukai dirinya dan menjebaknya sehingga kweiya tersesat dihutan dan berpisah dengan ibunya.

Ayo Berlatih

Masih bersama kelompokmu pada kegiatan sebelumnya, carilah cerita fiksi selain yang ada dalam buku ini. Kemudian, bacalah cerita fiksi yang telah kamu temukan.

Tuliskan judul, isi, beserta tokoh-tokoh yang ada dari cerita fiksi tersebut. Tuliskan pada tempat berikut.

Jawaban :

Judul : Roro Jonggrang

Isi :

Sinopsis cerita Roro Jonggrang ini menceritakan tentang Bandung Bondowoso yg ingin menikahi roro jongrang tetapi roro jonggrang meminta syarat, syaratnya ia harus membuat 1000 candi utknya,kemudian bondowoso pun menyetujuinya ia membuat 1000 candi dalam 1 malam dengan bantuan jin.

Kemudian roro jonggrang membuat rencana agar jin itu menyangka bahwa pagi telah datang,akhirnya jin2 itu menghentikn membuat candinya sehingga candi trsb menjadi 999 candi itu kurang satu kemudian bindowoso mengutuk roro jonggrang mjd candi akhirnya genap 1000 candi.
Tokoh-tokoh yang ada di cerita Roro Jonggrang  adalah Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso, Raja Prambanan, Raja Pengging

Unsur apalagi yang menjadikan Papua daerah unik? Ya, Papua memiliki kesenian yang terkenal di seluruh daerah di Indonesia berupa tarian dan lagu daerah  yaitu tari Perang dan lagu Apuse.

KUNCI JAWABAN Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 112, 113 114, 115, Apa Keunikan Daerah Papua Menurutmu?

tribunnews.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , ,

Streaming Now