Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 5 SD Perubahan Lingkungan Halaman 70 73 74 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 3. Buku Tematik Tema 8 untuk SD kelas 5 edisi revisi 2017 ini berjudul Lingkungan Sahabat Kita. Subtema 2 dalam Buku Tematik ini berjudul Perubahan Lingkungan. Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 3 di halaman 70, 73, dan 74.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 5 SD Perubahan Lingkungan Halaman 70 73 74 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 3

Baca Yuk :

Kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 kelas 5 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawab soal sendiri.



Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 5 SD halaman 70, 73, dan 74.

Kunci Jawaban Halaman 70

Ayo Mengamati

Amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasilah jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola secara perorangan berdasarkan setiap jenisnya. Buatlah laporan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Jawab:

1. Jenis Usaha: Pertanian
Macam Usaha: pertanian padi, perkebunan sayur, perkebunan palawija, peternakan ayam, dan peternakan lele
Banyaknya: 15

2. Jenis Usaha: Perdagangan
Macam Usaha: pedagan keliling, pedagan kaki lima, pedagang asongan, warung, dan toko kelontong
Banyaknya: 22



3. Jenis Usaha: Jasa
Macam Usaha: bengkel, potong rambut, salon, fotokopi, penjahit, penjual pulsa
Banyaknya: 18

4. Jenis Usaha: Industri Kecil
Macam Usaha: penjual kerajinan tangan misalnya keramik, souvenir, anyaman, mebel
Banyaknya: 9

Kunci Jawaban Halaman 73 74

Ayo Berdiskusi

Buatlah kelompok diskusi bersama 4-5 orang temanmu. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa saja keunikan desa-desa pada bacaan “Desa Unik di Bali”?

2. Adakah keunikan dari daerah tempat tinggalmu? Apa sajakah itu?

3. Bagaimana sikapmu atas perbedaan budaya dan adat istiadat daerahmu
dengan daerah lain?




Tuliskan hasil diskusi kalian, lalu bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain.

Jawab:

1. Keunikan desa di Bali:

– Desa Tenganan yang merupakan salah satu desa tertua di Bali. Desa Tenganan merupakan salah satu Desa Bali Aga (desa asli suku Bali). Desa ini terkenal dengan kesederhanaannya.

– Desa Trunyan adalah desa unik yang memiliki tradisi pemakaman. Di Desa Trunyan jenazah orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah di dalam gua, bahkan di atas pohon. Tradisi ini mereka sebut dengan istilah mepasah.

– Desa Penglipuran yang memiliki struktur bangunan yang teratur dan rapi. Masyarakat Desa Penglipuran banyak melakukan acara adat, seperti pemasangan dan penurunan odalan serta perayaan Galungan, dan hari besar lainnya.



2. Keunikan daerah tempat tinggalku: Solo

Kota Solo memiliki beberapa keunikan, yakni menjadi pusat kebudayaan Jawa karena di Solo terdapat Kraton Kasunanan Surakarta, menjadi pusat perniagaan dengan Pasar Klewer sebagai ikonnya, menjadi pusat industri batik yang berpusat di Kecamatan Laweyan, dll.

3. Sikapku atas perbedaan budaya dan adat istiadat daerahku dengan daerah lain adalah dengan saling menghargai, saling membina kerukunan antar sesama suku yang berbeda budaya maupun adat istiadat.

Ayo Renungkan

Apa yang telah aku pelajari hari ini?

Jawab:

Hari ini mempelajari tentang Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri dan Desa Unik di Bali.

Pengetahuan apa yang dapat kumanfaatkan dalam kehidupanku sehari-hari?




Jawab:

Pengetahuan yang dapat kumanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari adalah menghargai perbedaan budaya dan adat istiadat antara daerah sendiri dan daerah lainnya.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bagaimana bentuk sikap toleransi atas keragaman jenis budaya di lingkungan tempat tinggalmu? Diskusikan bersama orang tuamu, lalu tuliskan.



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 5 SD Perubahan Lingkungan Halaman 70 73 74 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 3

Sumber : https://www.tribunnews.com/pendidikan/2021/02/26/kunci-jawaban-buku-tematik-tema-8-kelas-5-sd-halaman-70-73-74-buku-tematik-subtema-2-pembelajaran-3?page=4

Baca Yuk :