Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Tema 6 SD MI Semester 2 Tematik Halaman 97 98 99 Festival Manee. Pembahasan kunci jawaban Tematik semester 2 Tema 6 Bahasa Indonesia ini disajikan untuk menjawab pertanyaan di halaman 97 98 buku Tematik kelas 5 SD MI.

Terlebih bagi orang tua wali siswa agar bisa memeriksa hasil belajar sang buah hati dengan kunci jawaban Tematik semester 2 Tema 6 Bahasa Indonesia kelas 5 SD MI di bawah ini.

Baca Yuk :

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Tema 6 SD MI Semester 2 Tematik Halaman 97 98 99 Festival Manee

Berikut ini kami sajikan kunci jawaban Tematik semester 2 Tema 6 Bahasa Indonesia kelas 5 SD MI pembahasan Festival Manee. Sehingga adik-adik kelas 5 SD MI bisa menjadikan kunci jawaban Tematik semester 2 Tema 6 Bahasa Indonesia kelas 5 SD MI sebagai bahan evaluasi.

Dilansir dari buku.kemendikbud.go.id pada Minggu 9 Januari 2022, berikut kunci jawaban Tematik semester 2 Tema 6 Bahasa Indonesia kelas 5 SD MI.

Halaman 97-98

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!

1. Apakah tujuan dilaksanakannya Festival Manee tersebut?

Agar nelayan mendapatkan tangkapan yang banyak dan mendapatkan perlindungan agar terhindar dari bahaya.

2. Siapa yang berperan penting dalam upacara tersebut?

Pemuka adat beserta masyarakat setempat.

3. Menurutmu, apa manfaat kegiatan upacara tradisi nelayan terhadap kesejahteraan nelayan dan kehidupan masyarakat nelayan setempat?

Sangat bermanfaat dengan kegiatan tersebut, dengan begitu masyarakat setempat dapat memperoleh tangkapan ikan secara lebih mudah dan pastinya mendapat penghasilan lebih banyak.

4. Adakah hal menarik yang kamu dapatkan dari kegiatan upacara nelayan tersebut?

Masyarakat dilarang mengenakan pakaian berwarna merah sebagai pantangan.

5. Adakah kegiatan serupa yang dilakukan oleh masyarakat nelayan yang berada paling dekat dari tempat tinggalmu?

Jika ada, ceritakanlah!

Adanya tradisi petik laut / sedekah laut bagi nelayan . . . pada dasarnya sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dari para nelayan . . . karena telah diberi limpahan rejeki serta sebagai usaha kegiatan ekonomi kreatif dan sebagai usaha pelestarian warisan budaya untuk menambah penghasilan dari sektor pariwisata.

Halaman 99

Laporan Hasil Pengamatan

Tempat pengamatan : ………………
Desa/Kelurahan :
Kecamatan :
Kabupaten :

Hal yang diamati

– Interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya.

Masyarakat yang ada di daerah tersebut hidup saling tolong menolong, masih ada semangat gotong royong, dan bila menemukan permasalahan yang menimpa masyarakat daerah tersebut.

Maka yang diutamakan adalah musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan permasalahan.

– Upaya manusia dalam berperan serta membangun perekonomian.

Masyarakat yang ada di daerah tersebut bekerja dengan sungguh-sungguh dalam menjalankan profesi/pekerjaan mereka.

Ada yang menjadi petani, ada yang menjadi pegawai, baik pegawai negeri maupun pegawai swasta, ada yang berwirausaha dengan berdagang atau menjual jasa/keterampilan.

Ada yang menjadi buruh. Semua masyarakat di daerah tersebut bekerja dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerah tersebut.

Kesimpulan apa yang kamu dapatkan dari kegiatan ini? Tuliskanlah kesimpulanmu di bawah ini!

Kesimpulan:

Interaksi dengan lingkungan sosial (manusia dengan manusia) akan berjalan baik bila ada keseimbangan antara hak dan kewajiban.

Setiap manusia punya hak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun demikian hak tersebut juga menjadi terbatasi dengan hak yang sama dari manusia yang lain.

Oleh karena itu agar tidak terjadi berbenturan hak yang sama dengan yang lain.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Tema 6 SD MI Semester 2 Tematik Halaman 97 98 99 Festival Manee

Maka dimunculkan kewajiban yang harus juga dilakukan oleh semua individu dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada dalam usaha pemenuhan kebutuhan hidupnya, sehingga terjadi keselarasan.

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , ,

Streaming Now