Seorang Siswi  yang berasal dari Cibubur Bogor berusia 13 tahun, Khansa Pendaki Cilik Indonesia yang Mendaki Gunung Kilimanjaro Afrika, pada Juni 2019 lalu.



Khansa Syahlaa Aliyah berhasil mendaki Gunung Kilimanjaro Tanzania Afrika yang berketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu merupakan gunung tertinggi di Afrika dan termasuk tujuh gunung tertinggi di dunia.

 

Khansa Pendaki Cilik Indonesia yang Mendaki Gunung Kilimanjaro Afrika

Khansa yang sebelumnya telah  sukses menggapai sekitar 30 puncak Gunung di Indonesia, mulai dari Gunung Leuseur di Aceh, Rinjani di NTB, Merapi dan Semeru di Jawa, sampai Carstensz Pyramid atau Puncak Jaya, di Papua. Ayahnya, Aulia Ibnu Sina, memang yang menjadi mentor langsung Khansa dalam mendaki gunung

Yang selalu ditekankan ayahnya pada Khansa setiap mau melakukan pendakian adalah persiapan sematang mungkin. Seperti menjaga kebugaran fisik, kesiapan mental, dan mempersiapkan peralatan.

Tak hanya fisik, latihan mental pemberani dan tak putus asa juga selalu ditanamkan pada Khansa. Selain itu, juga ditekankan untuk selalu mempersiapkan segala peralatan mendaki gunung. ”Yang paling penting, pesan ayah saya setiap mendaki gunung adalah menjaga adab sopan-santun dan tidak menyepelekan mendaki gunung serta selalu berdoa pada Allah SWT,” kata Khansa.

“Ayah lebih mendidik keberanian, tidak mudah putus asa, tetap tenang dan tidak mudah panik. Sedangkan ibunya lebih ke arah pemberian kasih sayang dan perhatian hal-hal keseharian, Ayah dan ibunya juga memberi peluang pada anak-anaknya untuk berkomunikasi dua arah”

Semua tidak ada yang instan. Jika ingin berhasil harus berusaha, berlatih keras dan bertekad kuat. Pesan itu selalu terngiang-ngiang di benak Khansa.

Khansa  tetap mengutamakan sekolah. Sejak tiga tahun lalu, dia juga selalu ikut Olimpiade Sains Nasional bidang sosial.

Khansa memiliki target mengikuti program seven longest hiking trail Indonesia mountain atau mendaki tujuh gunung yang memiliki jarak pendakian terpanjang dan tentunya mengikuti jejak ayahnya, program seven summit dunia, mendaki tujuh gunung tertinggi dunia. *** Feby Kurniawati Rejeki

sumber : https://www.kemdikbud.go.id/

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Talkshow With SMK Kesehatan Bhakti Kencanaana
Talkshow With SMK Kesehatan Bhakti Kencana

Radio
Perkembangan Stasiun Radio

Talkshow Tugas Berat Guru Honorer Bersama Pengawas, Guru, Operator SD Kab. Bandung
Talkshow Tugas Berat Guru Honorer Bersama Pengawas, Guru, Operator SD Kab. Bandung

Close