Keunggulan SMK daripada SMA. Bingung memilih melanjutkan sekolah setelah lulus SMP? SMA atau SMK? Sebelum memilih, PhiRadio sudah merangkum beberapa kelebihan SMK dibandingkan SMA. Simak sama-sama, yuk!

Keunggulan SMK daripada SMA

  1. Lebih Spesifik di Kejuruan

Ketika Sobat Phi memilih sekolah di SMK, jurusan yang dipilih menjadi pelajaran utama yang akan kamu pelajari selama tiga tahun. Guru di SMK juga akan mendidik Sobat Phi dengan lebih mengutamakan pelajaran jurusan daripada pelajaran lain. Setiap sekolah memiliki kejuruan yang berbeda-beda. Bila sedang mencari SMK, sebaiknya pilih yang sesuai dengan minat, ya.



  1. Mengutamakan Praktik

Jika belajar di SMK, Sobat Phi akan lebih banyak belajar secara praktik daripada tulis. Kelebihannya, anak SMK jadi memiliki tambahan pelajaran keahlian yang sesuai jurusannya. Namun, tidak semua pelajaran kejuruan selalu praktik. Hanya saja bobot pelajarannya lebih banyak praktik ketimbang teori tulis.

  1. Prakerin sebagai Nilai Tambah

Hal yang akan Sobat Phi rasakan jika sekolah di SMK adalah melakukan praktik kerja industri (Prakerin). Ini wajib dilakukan apabila ingin lulus dengan nilai yang bagus. Prakerin sangat penting bagi pelajar SMK. Tujuannya agara Sobat Phi bisa mengetahui cara kerja pengusaha atau karyawan di sebuah perusahaan.

  1. Siap Bekerja setelah Lulus



Kelebihan lain dari anak lulusan SMK yaitu siap untuk bekerja. Peluang bekerja lebih besar bila dibandingkan anak lulusan SMA. Ini karena anak SMK bisa bekerja dengan cepat dari skill yang dimilikinya sejak duduk di bangku sekolah.

  1. Lebih Mudah dalam Berwirausaha

Selain mudah bekerja, lulusan SMK juga memiliki kompetensi wirausaha. Memang dalam membuka usaha tentu saja membutuhkan modal awal. Namun selain itu, membuka usaha bisa lebih mudah didapatkan jika sudah punya produknya dan memiliki tekad yang kuat. Tidak perlu harus punya ijazah sarjana dalam membuka usaha, selepas lulus sekolah menengah juga bisa.

Itulah sederet kelebihan SMK dibandingkan SMA. Apapun pilihanmu nanti, pahami minat dan bakat sebelum memutuskan masuk SMA atau SMK.



sumber: smkibnutaimiyah

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Memperingati-Hari-Pendidikan-Nasional-2-Mei-2020
Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2020

Informasi-Kelulusan-SMA-SMK-SMALB-Diumumkan-Sabtu-2-Mei-2020
Informasi Kelulusan SMA SMK SMALB Diumumkan Sabtu 2 Mei 2020

Informasi-PPDB-SMA-2020-2021-di-Jabar-Calon-Peserta-Didik-Serahkan-Berkas-ke-Sekolah-Asal
Informasi PPDB SMA 2020 2021 di Jabar Calon Peserta Didik Serahkan Berkas ke Sekolah Asal

Close