Kartu Prakerja Pendaftaran Gelombang 14 Besok 11 Maret 2021 di Buka, Ini Caranya. Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mengumumkan bahwa gelombang 14 akan dibuka pada Kamis siang (11/3). Ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari.



Pemerintah bakal membuka pendaftaran gelombang 14 program Kartu Prakerja esok hari, Kamis (10/3/2021). Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan, program kartu prakerja gelombang 14 bakal dibuka pukul 12.00 WIB dengan kuota untuk 600.000 orang.

Kartu Prakerja Pendaftaran Gelombang 14 Besok 11 Maret 2021 di Buka, Ini Caranya

Denni menambahkan, jika nantinya pada gelombang 14, pihaknya akan memperbaiki fitur dashboard pada laman prakerja.go.id. Adapun fitur baru tersebut lebih bersifat transparansi.

Direktur Eksekutif Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, pendaftar yang belum lolos pada pendaftaran gelombang 13 bisa mencoba mendaftar pada gelombang ke-14. Ia mengatakan, calon peserta bisa langsung mengklik tombol join batch 14 yang ada pada dashboard yang ada di akung masing-masing.

Oleh karena itu, pihaknya berharap para peminat program Kartu Prakerja tetap antusias untuk mau mencoba mendaftar kembali. Menyusul adanya perbaikan fitur untuk transparansi.

Jadi, buat sobat Kartu Prakerja yang belum berhasil di gelombang ke 12 atau 13 jangan berkecil hati. Temen-temen cukup satu kali klik yaitu join batch 14 untuk kemudian bisa bergabung pada seleksi gelombang ke 14 nanti.




Ia menjelaskan, pada gelombang 14 kali ini, pihak Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja menambah fitur baru, yakni pendaftar bisa mengetahui alasan tidak diterima dalam pendaftaran di setiap gelombang.

Untuk diketahui, pada tahun 2021 ini program Kartu Prakerja masih dijalankan dengan skema semi bantuan sosial. Peserta yang lolos akan mendapatkan bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, serta uang insentif paska pelatihan sebesar Rp 600.000 yang diberikand dalam waktu enam bulan.

Peserta pelatihan juga bakal mendapatkan insentif pengisian survei sebesar Rp 150.000 untuk tiga kali survei. Sehingga secara keseluruhan, peserta Kartu Prakerja akan mengantongi uang bantuan sebesar Rp 3,55 juta. Untuk semester I tahun ini, kuota peserta program Kartu Prakerja ditetapkan sebanyak 2,7 juta dengan anggaran sebesar Rp 10 triliun.

Manfaat Kartu Prakerja dan Cara Mendapatkannya, Perlu Diketahui
Manfaat Kartu Prakerja adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Awalnya, program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran yang berusia 18 tahun ke atas. Namun, adanya pandemi Covid-19, Kartu Prakerja diprioritaskan bagi para pekerja atau pelaku usaha mikro yang terdampak.

Selama pandemi Covid-19 ini, realisasi pengadaan kartu Prakerja dipercepat. Langkah ini dilakukan untuk mengatasi banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja atau PHK akibat pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung. Bagi setiap warga negara yang ingin mendapatkan kartu tersebut harus memenuhi syarat dan melakukan proses pendaftaran.

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari.



Melansir dari prakerja.go.id, semua warga negara Indonesia yang berusia di atas 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal, bisa mendapatkan kartu Prakerja. Program Kartu Prakerja ini untuk merespons dampak dari pandemi Covid-19, sehingga diprioritaskan bagi buruh atau pekerja yang terkena dampaknya.

Lantas, apa saja manfaat Kartu Prakerja dan bagaimana cara mendapatkannya? Simak penjelasannya yang merdeka.com lansir dari prakerja.go.id:

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang digunakan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan bagi para pencari kerja. Namun, untuk merespons pandemi Covid-19, pemerintah mempercepat pengadaan Kartu Prakerja dan memprioritaskan bagi para pekerja atau buruh yang terkena dampaknya.

Untuk mendapatkan Kartu Prakerja, harus memenuhi beberapa syarat, antara lain Warga Negara Indonesia (WNI), berusia 18 tahun, dan tidak sedang sekolah atau kuliah. Selain itu, ada beberapa orang yang tidak bisa mendapatkan Kartu Prakerja, seperti pejabat negara, DPRD, ASN, TNI, Polri, perangkat desa, hingga direksi-komisaris BUMN-BUMD.

Ada beberapa manfaat kartu prakerja yang bisa didapatkan oleh peserta. Adapun beberapa manfaat kartu prakerja yaitu setiap peserta akan mendapatkan bantuan sebesar Rp3.550.000, di mana manfaat kartu prakerja ini terdiri dari :




  • Biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000
  • Insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan
  • Insentif survai kebekerjaan dengan total Rp150.000

Setelah mengetahui manfaat Kartu Prakerja dan telah memenuhi beberapa syarat di atas, Anda bisa mulai mendaftar Kartu Prakerja. Caranya, cukup mendaftar di laman resmi pendaftaran Kartu Pra Kerja yang telah disediakan oleh Pemerintah, yaitu www.prakerja.go.id.

DAFTAR KARTU PRAKERJA GELOMBANG 14

Untuk membuat Kartu Pra Kerja, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun terlebih dahulu. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan Kartu Prakerja:

  1. Buka laman situs www.prakerja.go.id
  2. Ketikkan alamat email atau nomor telepon/ponsel Anda yang aktif
  3. Lalu klik menu Daftar
  4. Setelah itu, pilih metode verifikasi yang dapat dilakukan melalui email ataupun SMS
  5. Masukkan kode verifikasi yang telah diterima
  6. Apabila benar, maka pendaftaran Anda berhasil dengan munculnya notifikasi
  7. Anda sudah memiliki akun Kartu Prakerja
  8. Selanjutnya, daftarkan akun Anda untuk membuat Kartu Prakerja

Cara Buat Kartu Prakerja

Jika Anda sudah berhasil membuat akun di laman tersebut, maka langkah berikutnya adalah melakukan pendaftaran lanjutan sebagai peserta Kartu Pra Kerja dengan segera. Adapun beberapa langkah yang dapat Anda lakukan ialah sebagai berikut:

  1. Lakukan login menggunakan akun yang telah Anda buat di langkah sebelumnya
  2. Pilih menu Daftar Kartu Prakerja
  3. Setelah itu maka akan muncul kolom formulir yang harus diisi
  4. Isi data yang diminta secara lengkap sesuai dengan kondisi Anda saat ini
  5. Setelah selesai mengisi data dengan benar dan lengkap, klik Selanjutnya
  6. Kemudian Anda akan diminta untuk melakukan dan menyelesaikan Tes Kemampuan Dasar sebagai syarat yang harus terpenuhi
  7. Setelah selesai, klik Selesai
  8. Jika Anda telah selesai, maka Anda akan menerima notifikasi yang tertera di akun Kartu Prakerja Anda
DAFTAR KARTU PRAKERJA GELOMBANG 14

Kartu Prakerja Pendaftaran Gelombang 14 Besok 11 Maret 2021 di Buka, Ini Caranya

Sumber : merdeka.com, kompas.com

Read previous post:
Sinopsis Ikatan Cinta 5 Maret 2021 di RCTI Andin Tiba-Tiba Hilang
Sinopsis Ikatan Cinta 10 Maret 2021 Elsa dan Mama Sarah Terpuruk, Status Reyna Segera Terbongkar

Close