Kapan Pendaftaran SNBP Dibuka? Cek Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Pilih Jurusan dan PTN. SNBP adalah salah satu jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNMPB) berdasarkan rapor dan prestasi siswa. Seleksi ini diadakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kemdikbudristek.

Setelah memiliki akun, siswa Eligible SNBP bisa memilih jurusan dan PTN pilihan. Nah sebelum menentukan pilihan, siswa perlu mengetahui ketentuan pemilihan jurusan pada SNBP 2023.

Kapan Pendaftaran SNBP Dibuka? Cek Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Pilih Jurusan dan PTN

SNBP merupakan bagian dari tiga jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). SNBP merupakan pengganti dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Menurut jadwal Panitia SNPMB pendaftaran SNBP 2023 dilaksanakan pada 14 Februari-28 Februari 2023. Hanya siswa yang dinyatakan eligible yang berhak untuk mendaftar di SNBP 2023.

Siswa eligible adalah siswa yang dinyatakan layak dan memenuhi syarat untuk mengikuti SNBP. Tiap sekolah mempunya kuota yang berbeda untuk menetapkan siswa eligible SNBP. Kuota sekolah itu tergantung pada akreditasi sekolah masing-masing. Penetapan siswa eligible SNBP sudah berakhir pada 8 Februari 2023.

Baca Juga :  Soal Latihan Tes OJK dan Kunci Jawaban Lengkap 2024

Agar siswa bisa mengikuti SNBP 2023, sekolah dan siswa harus melakukan registrasi akun SNPMB. Batas waktu registrasi akun SNPMB bagi sekolah adalah 9 Februari 2023. Sedangkan bagi siswa registrasi akun SNPMB bisa dilaksanakan sampai 14 Februari 2023. Sekolah juga wajib mengisi Pangkalan Datan Sekolah dan Siswa (PDSS) paling lambat 9 Februari 2023.

SNBP adalah seleksi nasional untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang penilaiannya didasarkan atas prestasi. Pada jalur SNBP calon mahasiswa ditekankan memiliki kompetensi yang holistik dan lintas disipliner.

SNBP selain menerima mahasiswa Sarjana dan Sarjana Terapan juga meneraima mahasiswa vokasi (DIII).Siswa juga dibolehkan lintas jurusan. Jadi siswa dengan jurusan IPS di SMA boleh mengambil jurusan IPA di PTN atau sebaliknya.

Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) akan dibuka pada 14 hingga 28 Februari 2023. Siswa bisa memilih jurusan dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan.

Baca Juga :  Contoh Soal Tes Psikotes Kerja 2024 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

Sebelum mendaftarkan jurusan dan PTN pilihan, baik siswa maupun sekolah harus memiliki akun SNPMB. Registrasi akun SNPMB sekolah sudah ditutup pada 9 Februari sementara akun SNPMB siswa masih dibuka hingga 15 Februari 2023.

Ketentuan Pemilihan Jurusan Pada SNBP 2023

Ketua Umum SNPMB, Prof Mochamad Ashari, dalam konferensi pers SNPMB 2023 pada awal Desember 2022 lalu telah menyampaikan beberapa ketentuan pemilihan jurusan pada SNPMB. Salah satunya, siswa dibebaskan memilih jurusan.

Selain itu, ada beberapa ketentuan lain dalam pemilihan jurusan di SNBP 2023. Berikut aturan lainnya:

  1. Setiap siswa dari jurusan IPA, IPS atau Bahasa diperbolehkan memilih jurusan atau program studi di PTN
  2. Setiap siswa dapat memilih dua jurusan dari satu PTN atau dua PTN
  3. Jika memilih dua jurusan, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.
  4. Jika memilih satu jurusan, peserta dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.
Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal Biologi Kelas 12 Halaman 16 Kurikulum Merdeka SMA, Anabolisme dan Katabolisme

Kapan Pendaftaran SNBP Dibuka? Cek Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Pilih Jurusan dan PTN

Portofolio SNBP 2023

Selain ketentuan jurusan dan PTN, siswa juga bisa menyertakan portofolio. Ada 11 jenis portofolio seperti dikutip dalam situs resmi BPPP SNPMB, yakni:

  1. Olahraga
  2. Seni Rupa, Desain,dan Kriya.
  3. Tari
  4. Teater
  5. Musik
  6. Sendratasik
  7. Seni Karawitan
  8. Etnomusikologi
  9. Fotografi
  10. Film dan Televisi
  11. Seni Pedalangan

Nah, demikian ketentuan jurusan, PTN, serta portofolio SNBP 2023. Jangan sampai ada yang terlewat

Kapan Pendaftaran SNBP Dibuka? Cek Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Pilih Jurusan dan PTN

Sumber : https://www.detik.com/