Jurusan yang Membutuhkan Kekuatan Fisik, Mental, dan Intelegensi. Apakah Sobat Phi menyukai suara ombak, aroma laut, dan suasana kerja di alam lepas ketimbang duduk berjam-jam dalam ruangan? Wah, sepertinya kamu perlu mempertimbangkan kuliah di Jurusan Oseanografi. Jurusan Oseanografi sering dianggap sama dengan Ilmu Kelautan dan Perikanan atau Oseanologi, tapi keduanya beda banget, lho.



Jurusan yang Membutuhkan Kekuatan Fisik, Mental, dan Intelegensi

Oseanologi lebih menekankan pada studi ilmiah dan penerapannya terkait dengan perikanan. Sedangkan Oseanografi, mengeksplor tentang berbagai fenomena laut yang diaplikasikan pada bidang rekayasa, bencana laut, mitigasi bencana, lingkungan, hingga perikanan. Bila Oseanologi termasuk dalam rumpun Ilmu Pertanian, Oseanografi lebih dekat kekerabatannya dengan Ilmu Teknik. Beda banget, kan?

Inilah 4 keistimewaan jurusan Oseanografi yang perlu kamu ketahui. Kita simak sama-sama, yuk!

  1. Belajar Teori dan Penerapan

Saat kuliah di Jurusan Oseanografi, kamu akan mendapat mata kuliah Permodelan Oseanografi, Komputasi Oseanografi, Survei Oseanografi, Struktur Bangunan Lepas Pantai, Geoteknik Pelabuhan Laut, Energi dan Lingkungan Laut, Mekanika Fluida, dan masih banyak lagi. Oseanografi memang mempelajari tentang proses-proses fisis dan dinamis air laut, mulai dari teori hingga terapannya seperti pada studi arus laut, dinamika pasang surut, interaksi laut-atmosfer, gelombang laut, dinamika ekosistem laut, tsunami, prediksi area upwelling untuk fishing ground, penyebaran tumpahan minyak dan polutan laut, hingga penggerusan dan pengendapan sedimen pantai.



  1. Terbagi Beberapa Kategori

Jurusan yang masih jarang peminat ini dimiliki oleh Universitas Diponegoro dan Institut Teknologi Bandung. Kalau klasifikasinya sendiri, Oseanografi bisa terdiri dari beberapa kategori berikut ini:

  • Oseanografi Kimia – mempelajari reaksi kimia dan distribusi unsur kimia di dasar laut dan samudera
  • Oseanografi Fisika – mempelajari berbagai aspek fisika air laut seperti distribusi temperatur air laut, gerakan air laut, tipe energi dalam laut, transmisi suara, transmisi cahaya, serta interaksi udara dan laut
  • Oseanografi Biologi – mempelajari tipe kehidupan laut, distribusinya, saling keterkaitannya, serta aspek lingkungannya
  • Oseanografi Geologi – disebut juga Geologi Laut atau Marine Geology, mempelajari asal-usul cekungan laut, konfigurasi cekungan laut, sifat batuan dan mineral dasar laut
  • Oseanografi Meteorologi – mempelajari fenomena atmosfer di atas samudera, pengaruhnya terhadap perairan dangkal dan dalam, serta pengaruh permukaan samudera pada proses-proses atmosfer
  1. Prospek Kerja yang Luas

Lulusan Oseanografi sebenarnya memiliki kesempatan untuk mendalami profesi-profesi yang cukup keren, seperti Marine Environmental Scientist, Oceanographer, Oceanographic Surveyor, Coastal Modeler, dan sebagainya. Sayangnya, sebagian profesi tersebut di Indonesia masih diisi oleh tenaga ahli dari luar negeri karena profesi bidang Oseanografi lebih banyak diakui dan dibutuhkan di negara-negara maju.

Namun pada dasarnya, lulusan Oseanografi di Indonesia tetap dibutuhkan untuk mengkaji masalah-masalah kelautan, baik berupa kajian terapan maupun kajian murni. Oleh karena itu, nantinya kamu bisa bekerja di lembaga penelitian seperti BNPB, LIPI, Pusat Pengembangan dan Penerapan Geologi Kelautan, BMKG. Atau di instansi pemerintah seperti Kementerian Kelautan. Bisa juga di bidang industri dan bidang akademik.

  1. Lebih Banyak Belajar di Luar Ruangan



Jangan sekali-kali tertarik untuk kuliah di Jurusan Oseanografi bila kamu tak sanggup berjam-jam observasi di luar ruangan. Dan jangan harap kegiatan luar ruangan bakal jadi seru-seruan saja, karena kamu masih akan bekerja di laboratorium, dengan pemodelan simulasi komputer, atau menggunakan aplikasi penginderaan jauh.

Jurusan yang Membutuhkan Kekuatan Fisik, Mental, dan Intelegensi

Itulah empat keistimewaan jurusan Oseanografi. Memang tak mudah, tapi Oseanografi adalah keilmuan yang semakin dibutuhkan kedepannya.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
5 Peluang Kerja untuk Lulusan Teknik Nuklir
5 Peluang Kerja untuk Lulusan Teknik Nuklir

9 Prospek Karir untuk Lulusan Astronomi
9 Prospek Karir untuk Lulusan Astronomi

Begini Strategi KPK Kenalkan Gerakan Antikorupsi
Begini Strategi KPK Kenalkan Gerakan Antikorupsi

Close