Menjadi penyiar radio harus paham Istilah Penting Siaran Radio (broadcasting). Istilah siaran radio terpenting adalah julukan atau sebutan untuk penyiar (radio announcer), yakni Presenter Radio, Host, Radio DJ, dan Radio Personality.

Istilah Penting Siaran Radio

Penyiar disebut radio announcer karena ia mengumumkan (to announce) informasi, misalnya info judul lagu dan penyanyi atau info aktual (berita). Disebut host karena ia yang menjadi “tuan rumah” dalam sebuah program atau acara siaran radio. Nah, selain announcer.

inilah  istilah radio secara umum.

  • Accapella, Accapela adalah jingle radio tanpa musik, hanya suara.
  • Ad
    Ad artinya iklan. Singkatan dari Advertisement. Biasanya berupa rekaman audio berisi promosi bisnis, jasa, barang, atau acara.
  • Ad-Lib
    Nah, kalau Ad-Lib disebut juga Ad-libbing, yaitu iklan yang disampaikan penyiar di sela-sela siarannya. Materi iklan sudah tersedia, penyiar menyampaikannya plus improvisasi. Ad-Lib pun merupakan salah satu teknik siaran, yakni siaran tanpa naskah, selain Script Reading (siaran dengan membaca naskah).
  • Commerical Production (Com Prod)
    Com Prod adalah bagian dalam manajemen atau kru radio yang bertugas memproduksi siaran komersial atau iklan.


  • Cue
    Cue adalah awal sebuah track. Sering digunakan sebaga tanda atau persiapan sebelum memulai sesuatu, misalnya presenter akan mulai siaran langsung (live show/streaming). Dalam dunia TV, cue adalah tanda bagi aktor/aktris dalam film untuk memunculkan bagiannya dalam dialog atau tindakan. Isyarat ini dapat berupa tindakan aktor/aktris lainnya, bagian akhir dari sebuah dialog, tanda dari sutradara atau isyarat cahaya.
  • Cut
    Cut adalah segmen kecil dalam sebuah acara radio. Misalnya, stasion radio berita biasanya memiliki program acara laporan seperti buletin.
  • Donut
    Donut di sini bukan makanan bulat yang bolong tengahnya ya. Donut dalam dunia radio adalah jingle yang diawali dengan bernyanyi, musim di tengah, dan bernyanyi lagi di akhir.
  • Back Announce
    Ini artinya penyiar berbicara tentang sebuah lagu yang baru saja diputar (dimainkan/diperdengarkan).
  • Bed
    Bed dalam dunia radio bukan berarti tempat tidur. Bed di sini artinya adalah audio yang digunakan sebagai backsound saat penyiar berbicara. Biasanya bed merupakan bagian dari jingle atau segmen antara track lagu agar siaran terus mengalir.
  • Fader
    Fader adalah perangkat atau bagian dari mixer (audio console) yang digunakan untuk fade in/fade out atau mengontrol level audio.

Demikian daftar Istilah Penting Siaran Radio yang perlu diketahui penyiar atau kru radio. Itu tadi hanya sebagian, yang pasti masih banyak istilah lainnya. Baca terus informasi tentang radio lainnya di website Phi Radio ya, Sobat Phi!


Read previous post:
Jadwal dan Jalur Penerimaan PTN Berdasarkan Permendikbud
Jadwal dan Jalur Penerimaan PTN Berdasarkan Permendikbud

Close