Isaac Newton Bapak Fisika Dunia Wafat 31 Maret. Bapak Fisikawan Isaac Newton lahir 4 Januari 1643 di Woolsthorpe, Lincolnshire, Inggris dan ditulis 25 Desember 1642 dengan menggunakan kalender Julian kuno. Dia meninggal pada tanggal 31 Maret 1727, dimakamkan di Westminister Abbey.

Isaac Newton Bapak Fisika Dunia Wafat 31 Maret

Pria kelahiran Woolsthorpe, Lincolnshire, Inggris 25 Desember 1642 ini dikenal sebagai penemu Teori Gravitasi. Namun, nyatanya Newton juga berkontribusi besar dalam bidang matematika, fisika, kimia, dan astronomi.



Penemuan-penemuan Newton di bidang matematika seperti Generalisasi Teorema Binomial, Identitas Newton, Metode Newton, dan Polinomial derajat tiga dalam dua variabel.

Pada 1687, Newton menerbitkan karyanya yang paling terkenal, Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (Prinsip Matematika Filsafat Alam), yang disebut sebagai buku paling berpengaruh tentang fisika.

Ia juga terkenal karena penemuan kalkulusnya, merumuskan hukum gerak dan menemukan banyak hukum optik. Newton juga banyak membuat perkembangan pada teleskop modern. Sebelum Newton, teleskop standar hanya memberikan magnification atau pembesar dan meninggalkan sejumlah kelemahan.

Desain teleskop sederhana Newton masih digunakan sampai sekarang, baik oleh astronom amatir dan ilmuwan dari Badan antariksa Amerika Serikat NASA.




Sejarah Isaac Newton

Pada tahun 1687, Newton menerbitkan karyanya yang paling terkenal, Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (Principles Matematika Filsafat Alam), yang disebut-sebut sebagai buku paling berpengaruh tentang fisika. Pada 1705, ia dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Anne dari Inggris, menjadikannya Sir Isaac Newton.

Newton memulai hidupnya sendiri saat ia lahir sebagai yatim piatu, karena ayahnya meninggal tiga bulan sebelum ia lahir. Dan ibunya, Hannah Ayscough menikah lagi ketika Newton berusia tiga tahun.

Isaac Newton muda awalnya bersekolah di King’s School di Grantham, Lincolnshire dan menjadi salah satu siswa terbaik, tetapi ibunya memutuskan untuk mengeluarkannya dari sekolah untuk mengurus perkebunan. Karena ketidaktertarikan Newton pada perkebunan dan bujukan kepala sekolah terhadap ibu Newton, ia berhasil disekolahkan kembali.

Memasuki masa perkuliahan, Newton belajar di Cambridge dan menguasai matematika, sains dan fisika. Awal yang membawa Newton menjadi salah satu ilmuwan yang penemuannya mempengaruhi peradaban ilmu pengetahuan dunia.



Penemuan Newton dalam matematika, yaitu Generalisasi Teorema Binomial, Identitas Newton, Metode Newton, Polinomial derajat tiga dalam dua variabel, Kontribusi besar pada teori beda hingga, penggunaan Indeks Pecahan, Geometri digunakan untuk menyelesaikan solusi persamaan Diophantine dan Menemukan rumus baru untuk pi.

Meski jenius secara matematis, Newton tampaknya lebih tertarik pada fisika. Penemuannya di bidang fisika digunakan sebagai tolok ukur hingga saat ini, yang seringkali tidak asing lagi hingga saat ini. Penemuan Newton dalam ilmu fisika yaitu:

1. Optik.

Newton membuat langkah besar di bidang optik. Newton mengembangkan penemuannya tentang spektrum dengan memisahkan cahaya putih melalui prisma.

2. Teleskop.

Ada banyak perkembangan yang dia buat di teleskop, tapi karyanya banyak dikritik oleh Hooke,

3. Mekanika dan Gravitasi.

Dalam bukunya yang fenomenal Principal Mathematica, Isaac Newton menjelaskan tiga hukum gerak dengan menentukan kerangka acuan fisika modern, termasuk menjelaskan gerak sebuah planet.




Dari semua penemuan Isaac Newton, teori mekanika dan gravitasi yang membuat nama Newton dikenal dunia hingga saat ini. Teori ini digunakan sebagai rujukan pembelajaran di sekolah menengah dan sebagai rujukan para ilmuwan untuk membuat penemuan-penemuan baru.

Isaac Newton Bapak Fisika Dunia Wafat 31 Maret

Sumber : https://mediautama.co/31-maret-memperingati-kematian-isaac-newton-bapak-fisika-dunia/


Read previous post:
Formasi CPNS 2021 dan PPPK Inilah Rinciannya
Link Pendaftaran CPNS 2021 dan Alokasi Daftar Formasi CPNS Yang Dibutuhkan

Close