Perbedaan Mendasar antara SMA dan SMK. Masih galau mau masuk SMA atau SMK? Meski ketiganya sama-sama jenjang pendidikan yang baik, namun ada perbedaan yang mendasar.

Inilah 4 Perbedaan Mendasar antara SMA dan SMK

Supaya Sobat Phi tidak galau, PhiRadio akan membahas kelebihan SMA dan SMK, serta Perbedaan Mendasar antara SMA dan SMK :



  1. Kurikulum

Materi pelajaran SMA dirancang bagi Sobat Phi yang ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Pelajarannya bersifat teoretis. Penjurusan di SMA biasanya dikategorikan menjadi tiga yaitu, IPA, IPS, dan Bahasa.

Sedangkan SMK, lebih mengedepankan praktik dan membuat lulusannya siap bekerja. Tetapi bukan berarti bersekolah di SMK tidak bisa melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Lulusan SMK malah bisa punya tiga pilihan yaitu melanjutkan kuliah, berwirausaha, atau kerja di sektor industri.

  1. Jaringan Alumni

Jaringan alumni sekolah berperan besar dalam menentukan karir Sobat Phi ke depan. Ketika masuk SMA, jaringan alumni akan sangat luas. Dalam satu angkatan, tentunya banyak yang masuk ke universitas top yang ada di Indonesia dan mengambil berbagai jurusan yang berbeda. Tak menutup kemungkinan ada juga yang kuliah di luar negeri.

Apabila Sobat Phi memilih SMK, maka selain pengalaman bekerja, kamu juga mendapatkan relasi bisnis sejak usia remaja. Relasi bisnis ini akan sangat bermanfaat apabila Sobat Phi berencana untuk membuka usaha sendiri.

  1. Peluang Bekerja

Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia industri dan pelaku usaha banyak yang membutuhkan lulusan SMK daripada lulusan SMA. Hal ini dikarenakan lulusan SMK sudah siap bekerja. Sedangkan lulusan SMA, masih harus menempuh pendidikan lagi sebelum dinyatakan benar-benar siap masuk dunia kerja.

  1. Biaya Pendidikan




Biaya masuk SMA bisa lebih murah daripada SMK. Sebab, siswa SMA tidak harus mengeluarkan banyak dana untuk praktikum. Sebaliknya, mereka yang sekolah di SMK biasanya harus merogoh kocek yang lumayan dalam untuk membeli alat-alat praktikum yang tidak disediakan oleh sekolah. Selain itu siswa SMK juga harus mengikuti berbagai uji kompetensi yang mana biaya pendaftarannya biasanya harus mereka tanggung sendiri.

Nah, itu dia 4 perbedaan mendasar antara SMA dan SMK. Baik SMA ataupun SMK, intinya sama-sama belajar hal-hal baru. Perbedaan mendasarnya lebih kepada cara belajar dan tujuan akhir setelah lulus nanti.

sumber: educenter

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jadwal-Acara-Belajar-Dari-Rumah-di-TVRI-Hari-Jumat-8-Mei-2020
Jadwal Acara Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Jumat 8 Mei 2020

Jadwal-Acara-Belajar-Dari-Rumah-di-TVRI-Hari-Kamis-7-Mei-2020
Jadwal Acara Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Kamis 7 Mei 2020

Jadwal-Acara-Belajar-Dari-Rumah-di-TVRI-Hari-Rabu-6-Mei-2020
Jadwal Acara Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Rabu 6 Mei 2020

Close