Greeone

Ini tips investasi dari Mandiri Manajemen Investasi Dalam rangkaian Indonesia Financial Expo & Forum 2021 (IFEF 2021) hari ini, Kamis (30/9), KONTAN menggelar kelas investasi bertemakan Hacking Kesehatan Financial.

Dalam kelas investasi kali ini, Digital Business & Direct Retail Dept Head Mandiri Manajemen Investasi Marko Kartodirdjo membagikan tips bagi para masyarakat yang hendak melakukan investasi.

Baca Yuk :

Di hadapan para peserta yang mengikuti kelas secara virtual, Marko mengingatkan para masyarakat untuk mengikuti empat langkah ini terlebih dahulu sebelum memulai investasi.

Pertama adalah memiliki catatan keuangan. Melalui pencatatan pemasukan dan pengeluaran, ia bilang hal tersebut akan memudahkan masyarakat untuk mengelola keuangan mereka.

“Nanti pemasukan yang dimiliki bisa dibagi ke dalam empat pos keuangan, yakni 10% untuk kebajikan, 20% untuk masa depan, 30% untuk keperluan utang cicilan, dan 40% untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Marko dalam kelas virtual, Kamis (30/9).

Kedua, sebelum memulai proses investasi, Marko mengingatkan masyarakat harus menyiapkan dana darurat terlebih dahulu.

Ia menyebutkan hal ini menjadi krusial karena akan digunakan sewaktu-waktu untuk kejadian yang tidak terduga.

Dalam menyiapkan dana darurat, menurutnya, bagi yang masih lajang bisa menyiapkan setidaknya senilai 4x biaya hidup bulanan. Sementara untuk yang sudah berkeluarga, bisa menyiapkan 6x dari jumlah pemasukan.

Ketiga adalah melakukan manajemen utang. Idealnya, ia merekomendasikan utang yang dimiliki melebihi 30% dari total pemasukan. Selain itu, sebaiknya utang juga yang bersifat untuk kebutuhan primer dan bersifat jangka panjang, dan yang terpenting jangan sampai terjebak pada utang konsumtif

“Setelah tiga hal tersebut terpenuhi, pastikan untuk belajar terlebih dahulu soal cara berinvestasi dan berbagai instrumen yang tepat. Barulah kita bisa memulai perjalanan investasi,” imbuh Marko.

Kelas online ini kemudian menjadi lebih hidup seiring tingginya antusiasme peserta ketika mengikuti sesi-tanya jawab seputar langkah-langkah berinvestasi.

Ke depannya masih akan banyak kelas investasi gratis lainnya yang bisa diikuti oleh para investor dalam pagelaran IFEF 2021 ini. Serangkaian acara ini sudah dimulai sejak 27 September hingga 25 Oktober 2021 mendatang.

Bagi Anda yang tertarik mengikuti rangkaian acara IFEF 2021, bisa mencari tahu informasi lebih lanjut melalui tautan berikut https://ifef.kontan.co.id/vt/

Ini tips investasi dari Mandiri Manajemen Investasi

Sumber: https://www.kontan.co.id

Baca Yuk :

Streaming Now