Greeone

Hari Pos Sedunia 9 Oktober 2021 Tanggal 9 Oktober 2021 memperingati Hari Pos Sedunia atau World Post Day. Tanggal ini dipilih sebagai hari peringatan berdirinya Universal Postal Union pada 1874 di Ibukota Swiss, Bern. Hari ini dinyatakan sebagai Hari Pos Dunia oleh Kongres UPU yang diadakan di Tokyo, Jepang pada tahun 1969.

Sejak itu, negara-negara di seluruh dunia berpartisipasi setiap tahun dalam perayaan Hari Pos Sedunia tersebut. Kantor pos di banyak negara menggunakan acara tersebut untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk dan layanan pos baru.

Baca Yuk :

Pada 2015 negara-negara di seluruh dunia berkomitmen untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, mengakhiri kemiskinan dan kelaparan ekstrem, memerangi ketidaksetaraan dan ketidakadilan, dan mengambil tindakan untuk membalikkan perubahan iklim.

Pos memiliki peran juga dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan itu, Memainkan perannya dalam upaya global ini, pos saat ini memiliki peran yang lebih relevan dari sebelumnya dengan menyediakan infrastruktur untuk pembangunan.

“Pada Hari Pos Sedunia, kami mengakui kontribusi tak ternilai dari pekerja pos bagi masyarakat dan ekonomi kami. Jaringan pos yang luas, melibatkan jutaan pekerja yang memindahkan miliaran surat melalui ratusan ribu kantor pos, ada di dalam masyarakat kita, menghubungkan komunitas di seluruh dunia,” ujar Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Gutteres, dikutip laman PBB.

Tema Hari Pos Sedunia 9 Oktober 2021

Pada tahun ini, PBB mengambil tema “Berinovasi untuk memulihkan” untuk Hari Pos Sedunia 2021. Ketika COVID-19 mempengaruhi semua negara di dunia, termasuk infrastruktur rantai pasokan yang sudah mapan, pos masih menemukan cara untuk terus menawarkan layanan kepada masyarakat. “Ini adalah inovasi Post, dan ketahanannya dalam melayani komunitas, yang kami rayakan pada kesempatan Hari Pos Sedunia,” tulis PBB.

Tujuan Hari Pos Sedunia adalah untuk menciptakan kesadaran akan peran sektor pos dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dan bisnis, serta kontribusinya terhadap pembangunan sosial dan ekonomi negara. Perayaan tersebut mendorong negara-negara anggota untuk melakukan kegiatan program yang bertujuan untuk membangkitkan kesadaran yang lebih luas tentang peran dan kegiatan pos mereka di antara publik dan media dalam skala nasional. Setiap tahun, lebih dari 150 negara merayakan Hari Pos Sedunia dengan berbagai cara.

Di negara-negara tertentu, Hari Pos Sedunia diperingati sebagai hari libur kerja. Banyak kantor pos menggunakan acara tersebut untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk dan layanan pos baru. Beberapa kantor pos juga menggunakan Hari Pos Sedunia untuk memberi penghargaan kepada karyawan mereka atas pelayanan yang baik.

Di banyak negara, pameran filateli diselenggarakan, dan perangko baru serta tanda pembatalan tanggal diterbitkan. Kegiatan lainnya meliputi pemajangan poster Hari Pos Sedunia di kantor pos dan tempat umum lainnya. Banyak administrasi pos mengeluarkan suvenir khusus seperti T-shirt dan lencana.

Hari Pos Sedunia 9 Oktober 2021

Sumber: https://tirto.id

Baca Yuk :

Streaming Now