Hari Kanker Sedunia 4 Februari 2021. Setiap tanggal 4 Februari masyarakat dunia memperingati Hari Kanker sedunia atau World Cancer Day ( WCD). Hari Kanker Sedunia 4 Februari 2021 dengan tema adalah I Am and I Will, Together, all of our actions matter. Tujuan pemilihan tema ini adalah untuk melawan sikap negatif dan stigma yang dimiliki kebanyakan orang tentang kanker. Peringatan tersebut adalah  untuk mengingatkan dunia tentang penyakit kanker dan dampak serta pentingnya upaya pengendalian kanker.

Hari Kanker Sedunia 4 Februari 2021

Peringatan Kanker bertujuan untuk menyadarkan maasyarakat bahwa kanker dapat dikendalikan bersama dan mulai dari diri kita sendiri.Kanker telah menjadi masalah di dunia karena jumlah penderita kanker yang terus meningkat demikian pula dengan kematiannya.



meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap bahaya kanker. Faktor resiko sangat penting diketahui oleh masyarakat yaitu merokok, diet, minum alkohol,aktifitas fisik, tambah Menkes. Selain itu masyarakat dapat memahami bahwa beberapa jenis kanker dapat dicegah melalui deteksi dini sehingga pasien tidak datang dengan keadaan stadium lanjut. Deteksi dini khususnya sangat baik untuk mengendalikan kanker leher rahim dan payudara.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan khawatir dengan berlanjutnya pandemi virus corona yang dapat meniadakan kemajuan kesehatan global yang telah dicapai selama dua dekade terakhir.

Oleh karena itu, WHO menyatakan bahwa pada tahun 2021, seiring dengan upaya memerangi Covid-19, negara-negara di seluruh dunia harus berupaya meningkatkan sistem perawatan kesehatannya untuk mencegah berbagai penyakit yang mengancam jiwa lainnya.

Kanker

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas.

Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun.



Umumnya sebelum kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Bila sudah ada keluhan atau gejala, biasanya penyakitnya sudah lanjut.

Kenali Fakto-Faktor Risiko Sebagai Usaha Pencegahan Kanker

Setiap orang mempunyai risiko untuk terkenal kanker. Risiko akan meningkat pada setiap orang yang mempunyai factor risiko kanker. Masing masing jenis kanker dapat dikenali.

Pencegahan dapat dilakukan karena kanker merupakan penyakit yang membutuhkan waktu lama sebelum ditemukan. Mengenali faktor risiko dan melakukan usaha penanggulangannya sejak dini merupakan usaha pencegahan terjadinya kanker. Lakukan skrining dan deteksi dini jika mempunyai factor risiko. Demikian artikel tentang Hari Kanker Sedunia 4 Februari 2021, semoga bermanfaat.

Source: https://www.febykurniawatirejeki.com/hari-kanker-sedunia-2021/

Read previous post:
kuota-internet-pelajar,-guru-dosen
Kemendikbud Bagikan Kuota Data Internet Gratis hingga 50GB untuk Pelajar, Mahasiswa, Guru, dan Dosen

Close