5 Program Bansos Tetap Lanjut di 2021. Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengungkapkan program subsidi gaji untuk pekerja yang sempat diberikan pada akhir 2020, akan berhenti di 2021. Program tersebut merupakan salah satu stimulus dari pemerintah, untuk membantu masyarakat dari dampak pandemi COVID-19.

5 Pogram Bansos Ini Tetap Lanjut di 2021

Padahal sebelumnya, program subsidi gaji sebesar Rp 600.000 per bulan untuk pekerja dengan gaji Rp 5 juta ke bawah itu, sempat dipertimbangkan untuk dilanjutkan. Tapi akhirnya pemerintah memutuskan tak mengalokasikan anggaran untuk program yang resminya bernama Bantuan Subsidi Upah (BSU).



Meski demikian, pemerintah masih melanjutkan sejumlah program stimulus lainnya, untuk membantu masyarakat mengatasi dampak pandemi. Setidaknya ada 5 program yang tetap dilanjutkan di 2021, yakni:

1. Bansos UMKM

Salah satu bantuan yang diberikan oleh pemerintah adalah Bansos UMKM atau Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM), yakni dalam bentuk tunai langsung ke rekening penerima. BLT UMKM ini tetap dilanjutkan di 2021, bahkan sudah mulai disalurkan sejak awal tahun.

Besaran yang diusulkan Kemenkop UKM pada tahun ini sebesar Rp 2,4 juta. Bantuan ini diberikan pemerintah untuk meringankan masyarakat yang memiliki usaha mikro. Sementara itu, target penerima BLT UMKM masih sama seperti tahun kemarin, yaitu sebanyak 12 juta pelaku UMKM.

2. Bansos PKH Tunai

Menteri Keuangan Sri Mulyani telah mengkonfirmasi bahwa sejumlah program perlindungan sosial 2020 akan tetap dilanjutkan pada 2021 dengan total anggaran mencapai Rp 110 triliun. Perpanjangan dilakukan 6 bulan sejak Desember 2020, namun nilai nominalnya akan sedikit menurun.

Jumlah manfaat yang diterima saat ini adalah Rp 300 ribu per bulan yang nantinya akan diturunkan menjadi Rp 200 ribu per bulan. Nominal manfaat Rp 300 ribu per bulan sendiri juga sudah mengalami penurunan karena sebelumnya penyaluran bansos diberikan dengan nominal Rp 600 ribu per bulan.

3. Subsidi Paket Data untuk Sekolah Online

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melanjutkan program bantuan subsidi internet bagi siswa, mahasiswa, guru serta dosen di 2021.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na’im menuturkan pihaknya kini sedang menggodok rencana itu supaya lebih baik dari tahun sebelumnya. Menurut Ainun bantuan subsidi internet dari Kemendikbud selama ini telah menuai respons positif dari banyak pihak.



4. Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja ditujukan bagi WNI yang terkena PHK atau sedang mencari pekerjaan. Melalui program Kartu Prakerja, penerima program mendapat bantuan Rp 3.550.000 dengan rincian, bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif usai pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan (untuk 4 bulan), insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei (3 kali survei) atau total Rp 150.000 per peserta.

Untuk program Kartu Prakerja pada 2021, pemerintah telah menambahkan anggaran Kartu Prakerja jadi dua kali lipat. Semula, anggaran Kartu Prakerja tahun ini hanya Rp 10 triliun, namun kini disamakan seperti tahun lalu jadi sebesar Rp 20 triliun.

5. Diskon Listrik dan Token Listrik Gratis

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang waktu pemberian bantuan listrik gratis kepada pelanggan PLN kategori rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, serta kategori bisnis dan industri daya 450 VA hingga bulan Maret 2021. Perpanjangan program subsidi tagihan listrik ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban kelompok masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi COVID-19.

5 Program Bansos Tetap Lanjut di 2021

Menindaklanjuti kebijakan pemerintah tersebut, PLN siap untuk melanjutkan dan menyukseskan penyaluran stimulus tersebut. Stimulus COVID-19 bagi pelanggan PLN sudah mulai bisa dinikmati sejak tanggal 7 Januari 2021.

Read previous post:
Hari Kanker Sedunia 4 Februari 2021
Hari Kanker Sedunia 4 Februari 2021

Close