Sobat Phi, Hari gizi nasional  2020 diperingati setiap tanggal 25 Januari. Peringatan ini sebagai bentuk upaya mengkampanyekan kesadaran gizi di tengah masyakarat.  Peringatan Hari Gizi Nasional 2020 atau HGN 2020 yang ke60 dengan mengusung tema  “Gizi Optimal untuk Generasi Milenial”.

Hari Gizi Nasional 2020

Indonesia saat ini mempunyai masalah triple burden,yaitu stunting dan wasting, obesitas dan kekurangan zat gizi mikro seperti anemia. Terdapat 3 diantara 10 balita stunting, 1 diantara 10 balita wasting, 1 diantara 10 balita obesitas dan 1 diantara 2 ibu hamil anemia serta 3 diantara 10 remaja anemia (Riskesdas 2013 – 2018).

Gizi yang baik akan membuat pertumbuhan dan perkembangan anak-anak menjadi optimal. Jika kekurangan gizi terjadi pada masa janin atau di masa anak usia dini  akan menghambat perkembangan otak dan menurunnya kemampuan berpikir.



Indonesia membutuhkan remaja yang produktif, kreatif, serta kritis demi kemajuan bangsa itu sendiri, dan remaja dapat mencapai produktivitas dan kreativitas yang maksimal serta mempunyai pemikiran yang kritis, apabila mereka sehat.

Remaja sehat bukan hanya dilihat dari fisik, tetapi juga kognitif, psikologis, dan sosial. Perkembangan saat remaja, sangat menentukan kualitas seseorang untuk menjadi individu dewasa.

Gizi Optimal untuk Generasi Milenial

Pada Hari gizi nasional 2020 (HGN), Kementerian Kesehatan telah merilis penduan kegiatan, dengan  tema Gizi Optimal untuk Generasi Milenial,  tujuan kegiatan sebagai berikut.

Tujuan peringatan Hari Gizi ke 60 Tahun 2020 adalah :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan peran aktif masyarakat khususnya generasi milenial tentang kesehatan dan gizi.
  2. Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi yang optimal dalam pembangunan SDM yang berkualitas.
  3. Meningkatkan peran media massa dalam kampanye gizi remaja sebagai salah satu upaya penanggulangan stunting.
  4. Meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan ditingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam kesehatan dan gizi.

”Ayo Jadi Milenial Sadar Gizi”

Adapun rangkaian kegiatan di tingkat pusat akan diawali dengan Lomba Fotografi Kesehatan mulai tanggal 6 Januari, dan diakhiri dengan bakti sosial tanggal 1 Februari 2020. Jika berminat, anda juga bisa mengikuti berbagai info perlombaan yang diselenggarakan oleh Kemenkes, diantaranya lomba fotografi dan lomba infografis yang berhadiah jutaan rupiah.

Pada Hari Gizi Nasional 2020 ini, semoga  permasalahan gizi yang terjadi seperti stunting dan gizi buruk bisa segera serta kita juga ikut mendukung dan mensukseskan program pemerintah dengan pola hidup yang sehat, ”Ayo Jadi Milenial Sadar Gizi”. *** Feby Kurniawati Rejeki

.

Sumber: Buku Panduan HGN ke 60 Tahun 2020

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Talkshow With SMKN 1 Cimahi
Talkshow With SMKN 1 Cimahi

Istilah Omnibus Law
Istilah Omnibus Law

UPTD Tikomdik Disdik Jabar
UPTD Tikomdik Disdik Jabar

Close