DISDIK JABAR -Pada hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap 3 Desember, pada tahun ini mengangkat tema “Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul”. Peningkatan Kesadaran terhadap Disabilitas.

Hari Disabilitas Internasional



Peringatan Hari Disabilitas Internasional bertujuan meningkatkan kesadaran berbagai pihak terhadap persoalan penyandang disabilitas dan sebagai bagian memperjuangkan tuntutan perlindungan dan pemenuhan hak-hak disabilitas.

Kepala Bidang Pelayanan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Bapak Nanang Nurwasid berharap, di Hari Disabilitas Internasional ini, masyarakat lebih memperhatikan dan dapat menyelesaikan persoalan yang dihadapi para penyandang disabilitas.

“Selain itu, juga memberi dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas, ujar beliau.

Menurut beliau, pemenuhan hak-hak disabilitas sebenarnya telah tercantum dalam Undang-undang No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Hak-hak penyandang disabilitas tentu harus selalu diperhatikan. Salah satunya, mendapatkan pelayanan yang sama dan setara serta tidak ada diskriminasi.

Seperti diungkapkan Humas Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) A Kota Bandung, Bapak Y. Tri Bagio sekaligus penyandang disabilitas netra, ia berharap, penyandang disabilitas, khususnya para pelajar bisa lebih leluasa mendapatkan pelayanan terbaik. “Anak-anak disabilitas juga punya hak yang sama seperti siswa pada umumnya,”. Ujar beliau.

Sektor pendidikan khusus, tentu bisa mendapatkan pelayanan pendidikan yang sama dengan anak-anak lain. SLBN A Kota Bandung juga turut mendukung pelayanan pendidikan bagi penyandang disabilitas dengan memberikan pendampingan kepada siswa kelas XII dalam melaksanakan uji coba Ujian Nasional.

Bapak Tri juga menyampaikan bahwa “Kami tetap ingin memberikan pelayanan maksimal meskipun dengan berbagai kekurangan. Termasuk, mendampingi anak-anak yang mempunyai talenta/bakat dalam mengikuti berbagai lomba dan even,”.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Membangun Suasana Belajar Yang Merdeka
Membangun Suasana Belajar Yang Merdeka

Talkshow Road to Seminar Nasional Revitalisasi Profesionalisme Guru
Talkshow Road to Seminar Nasional Revitalisasi Profesionalisme Guru

SMKN 1 Soreang Pemenang Lomba Kepramukaan Tingkat Jabar 2019
SMKN 1 Soreang Pemenang Lomba Kepramukaan Tingkat Jabar 2019

Close