Greeone

Hari Diabetes Sedunia 14 November 2021,”Access to Diabetes Care”, Peringatan Hari Diabetes Dunia 2021 mengusung tema Access to Diabetes Care atau akses ke perawatan diabetes.

Diabetes melitus adalah penyakit kronis yang mengganggu kemampuan tubuh dalam mengolah gula (glukosa) darah menjadi energi. Diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Berbagai hal, mulai dari faktor genetik hingga gangguan hormon insulin, dapat menjadi penyebab dari diabetes melitus.

Baca Yuk :

Hari Diabetes Sedunia 14 November 2021,”Access to Diabetes Care”

Pentingnya Hari Diabetes Sedunia ini karena 422 juta orang menderita diabetes secara global, dan setiap tahun 1,6 juta meninggal karenanya, juga menjadi akar masalah penyebab penyakit lainnya seperti stroke jantung, kebutaan, dan amputasi anggota tubuh bagian bawah

Tema Hari Diabetes Sedunia 2021

Tema Hari Diabetes Sedunia 2021 adalah “Access to Diabetes Care” atau akses ke perawatan diabetes.

Data International Diabetes Federation (IDF) menunjukkan bahwa penderita diabetes di Indonesia mengalami peningkatan 6,2% selama pandemi sehingga saat ini Indonesia merupakan negara dengan penderita diabetes tertinggi ke-7 di dunia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, diperkirakan pada tahun 2030 jumlah penderita diabetes akan menjadi 30 juta jiwa atau setara dengan 10% dari seluruh penduduk di Indonesia. Banyaknya penderita diabetes di Indonesia saat ini menunjukkan betapa pentingnya penanganan penyakit diabetes ini.

Diabetes melitus

Diabetes melitus terjadi saat kadar gula (glukosa) di dalam darah terlalu tinggi. Kondisi ini terjadi saat jumlah hormon insulin dalam tubuh tidak mencukupi untuk mengubah glukosa menjadi energi. Akibatnya, glukosa menetap di dalam darah.

Sel tubuh yang kebal terhadap insulin, atau resistensi insulin, juga menjadi penyebab diabetes. Jika dibiarkan tanpa pengobatan, Anda bisa saja mengalami komplikasi diabetes.

Sejarah Hari Diabetes Sedunia

Pada tahun 2007 Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi 61/225 yang menetapkan 14 November sebagai Hari Diabetes Sedunia.

Dokumen tersebut mengakui “kebutuhan mendesak untuk mengejar upaya multilateral untuk mempromosikan dan meningkatkan kesehatan manusia, dan menyediakan akses ke pengobatan dan pendidikan perawatan kesehatan.”

Resolusi tersebut juga mendorong Negara-negara Anggota untuk mengembangkan kebijakan nasional untuk pencegahan, pengobatan dan perawatan diabetes sejalan dengan pembangunan berkelanjutan dari sistem perawatan kesehatan mereka.

Penyebab diabetes

Penyebab diabetes disebabkan karena adanya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel, sehingga glukosa menumpuk dalam darah.

Pada diabetes tipe 1, gangguan ini disebabkan sistem kekebalan tubuh yang biasanya menyerang virus atau bakteri berbahaya lainnya, malah menyerang dan menghancurkan sel penghasil insulin. Akibatnya, tubuh kekurangan atau bahkan tidak dapat memproduksi insulin sehingga gula yang seharusnya diubah menjadi energi oleh insulin menyebabkan terjadinya penumpukan gula dalam darah.

Sedangkan pada diabetes tipe 2, tubuh bisa menghasilkan insulin secara normal, tetapi insulin tidak digunakan secara normal. Kondisi ini dikenal juga sebagai resistensi insulin.

Gejala Diabetes

Gejala diabetes akan dialami berbeda-beda oleh tiap pengidapnya. Namun, secara umum ada beberapa gejala yang akan dialami oleh pengidap diabetes tipe 1 maupun tipe 2, seperti peningkatan rasa haus, peningkatan frekuensi buang air kecil, kelelahan terus menerus, gangguan penglihatan, dan terjadinya infeksi terus menerus. Infeksi yang terjadi umumnya terjadi pada bagian gusi maupun kulit dll.

Pencegahan Diabetes

Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah karena pemicunya belum diketahui. Sedangkan, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional dapat dicegah, yaitu dengan pola hidup sehat. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes, di antaranya adalah:

  • Mengatur frekuensi dan menu makanan menjadi lebih sehat
  • Rutin berolahraga
  • Rutin menjalani pengecekan gula darah, setidaknya sekali dalam setahun
  • Menjaga berat badan ideal

Itulah tadi informasi Hari Diabetes Sedunia 14 November 2021,”Access to Diabetes Care” , semoga bermanfaat.

Source: alodokter.com, halodoc.com, tirto..id

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , , ,

Streaming Now