Sobat Phi, Ingat kan kalau besok tanggal 26 Desember 2019 akan ada peristiwa langka yaitu Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019, Jika sobat Phi belum punya kacamata khusus atau teleskop. sobat phi masih bisa melihat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 secara streaming melalui www.bmkg.go.id/GMC



Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019

Gerhana matahari terjadi ketika letak posisi bulan berada di antara bumi dan matahari sehingga terlihat menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari di langit bumi. Gerhana Matahari adalah peristiwa cahaya Matahari terhalang oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi.

Berdasarkan cara tertutupnya matahari, terdapat empat jenis gerhana matahari:

  1. Gerhana matahari total,
    Gerhana matahari total adalah ketika bulan menutupi seluruh matahari sehingga korona (yang menyelubungi matahari dan biasanya jauh lebih redup daripada matahari) menjadi terlihat. Pada peristiwa gerhana total, gerhana total hanya tampak di sebuah “jalur” kecil di permukaan bumi.
  2. Gerhana matahari cincin,
    Gerhana matahari cincin adalah ketika bulan berada tepat di tengah-tengah matahari dan bumi, tetapi ukuran tampaknya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran tampak matahari. Alhasil, pinggiran matahari terlihat sebagai cincin yang sangat terang dan mengelilingi bulan yang tampak sebagai bundaran gelap.
  3. Gerhana matahari campuran atau hibrida
    Gerhana matahari campuran atau hibrida adalah antara gerhana total dan gerhana cincin. Di sebagian permukaan bumi terlihat gerhana total, sedangan di titik lain terlihat gerhana cincin. Gerhana campuran seperti ini cukup langka.
  4. Gerhana matahari sebagian 
    Gerhana matahari sebagian terjadi ketika bulan berada tidak tepat di tengah-tengah garis antara matahari dan bumi, sehingga hanya menutupi sebagian matahari.

Gerhana matahari merupakan salah satu fenomena disebabkan oleh dinamisnya pergerakan Matahari, Bumi, dan Bulan ini terjadi pada saat fase bulan baru.

GMC 26 desember 2019

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

Akibatnya, saat puncak Gerhana Matahari Cincin akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Wilayah yang terlewati jalur cincin pada GMC 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik.

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 ini dapat diamati di sedikit Afrika bagian Timur, seluruh wilayah Asia, Samudra India, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Demikian Sobat Phi pembahasan  tentang Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019, semoga bermanfaat. *** Feby Kurniawati Rejeki

Sember :http://bmkg.go.id

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Pameran Pendidikan Multiteam Expo 3.0
Pameran Pendidikan Multiteam Expo 3.0

Jalan Jalan Ke Gunung Papandayan Garut Bersama Jepri
Jalan Jalan Ke Gunung Papandayan Garut Bersama Jepri

PMI Kota Bandung Menggelar Fantastic 4 Junior Red Cross

Close