Sobat Phi akhir-akhir ini wabah virus corona menarik perhatian hampir seluruh masyarakat dunia, salah satunya Indonesia. Kenali yuk !, apa itu Gejala Virus Corona serta Bagaimana Tindakan jika terjangkit Virus Corona.

Gejala Virus Corona

Wabah virus corona menarik perhatian hampir seluruh masyarakat dunia, bahkan sempat adanya pesan berantai dari whatsapp yang menginformasikan bahwa ada dua warga Bandung yang salah satunya positif terjangkit virus corona. 

Setelah ditelusuri hasilnya belum ada bukti konkrit terkait terhadap dugaan ini. Hal ini dikonfirmasi secara resmi oleh pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) melalui pernyataan Direktur Utama R. Nina Susana Dewi seperti yang dilansir PRFM News. Hasil mengenai kedua pasien yang diduga positif suspect virus corona tersebut akan menunggu dari Badang Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes).

Seperti yang dikutip melalui PRFM News, saat mengelar konferensi pers di RSHS Bandung pada Senin (27/1), Nina menyampaikan dalam waktu 24 jam harusnya hasilnya sudah bisa keluar jika tidak ada kendala.

Penularan Virus Corona

Virus ini cenderung seperti gejala orang yang hendak terserang flu. Oleh karena itu orang yang terkena virus ini tidak menunjukkan perubahan yang mencolok. Kendati demikian, pelbagai gejala harus diwaspadai sedini mungkin.

Amir juga menambahkan biasanya orang yang terserang virus ini akan mengalami demam, batuk, serta sesak napas yang berat.



Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto dalam wawancara bersama Liputan6.com di Kantor Kementrian Perhubungan, Jakarta. “Tapi bukan hanya batuk saja. Harus demam, bukan hanya itu saja tapi harus sesak napas,” ungkap alumnus Universitas Gadjah Mada tersebut.

Bila menghadapi kondisi dengan gejala-gejala tersebut, Dokter Spesialis Paru RS Awal Bros Bekasi Timur, dr. Annisa Sutera Insani membagikan tindakan yang bisa dilakukan melalui CNN Indonesia. Ia mengatakan apabila mengalami gejala tersebut hendaknya langsung di rujuk ke rumah sakit. Annisa juga menambahkan penanganan selanjutnya, perlu dilakukan foto toraks serta pemeriksaan dahak.

Sementara itu Presiden Joko Widodo melalui akun instagram pribadinya @jokowi, Senin (27/1) mengatakan telah menyiapkan 100 rumah sakit rujukan dengan fasilitas isolasi untuk pasien dengan gejala penyakit paru-paru dan saluran pernapasan lainnya.

Pencegahan Virus Corona

Pencegahan sebaiknya dilakukan oleh siapapun agar terhindar dari virus asal Wuhan, China yang tengah menyebar ke berbagai negara. Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Subandrio dikutip dari CNN Indonesia mengingatkan bahwa virus ini tingkat penyebarannya rentan meluas.*** Prabowo Wisnu Dwiyono Asmoro

Sumber : CNN Indonesia, PRFM

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2020 Zona Asia
Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2020 Zona Asia

Talkshow With Jabar Future Leader
Talkshow With Jabar Future Leader

earth hour cimahi
Earth Hour Cimahi Bijak Energi Dalam Pemakaian Listrik

Close