Fungsi Memori Digital ChatGPT untuk Mengingat Riwayat Percakapan. Mengutip laman Antara, Jumat (16/2/2024), fitur teranyar ChatGPT itu bisa mengingat informasi penting dari pengguna seperti hal-hal yang sebelumnya ditanyakan dan menerapkan ingatan itu pada percakapan berikutnya.

OpenAI pengembang chatbot kecerdasan buatan (AI) ChatGPT menambahkan memori digital. Memori ini memungkinkannya untuk mengingat riwayat percakapan dengan pengguna. Laporan Endgadget, dikutip Antara, dengan fitur tersebut ChatGPT bisa mengingat informasi penting dari pengguna seperti berbagai hal yang sebelumnya ditanyakan dan menerapkan ingatan itu di percakapan berikutnya.

Platform chatbot kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan OpenAI, ChatGPT punya fitur baru. OpenAI melengkapinya dengan memori digital yang memungkinkannya dapat mengingat riwayat percakapan pengguna.

Fungsi Memori Digital ChatGPT untuk Mengingat Riwayat Percakapan

Pengguna dapat meminta ChatGPT untuk mengingat hal-hal yang sangat spesifik. Contohnya, pengguna dapat meminta ChatGPT untuk mengingat anaknya alergi pada kacang atau mengingat bagaimana preferensi pengguna dalam menandai surat elektronik.

Memori digital ini juga berfungsi untuk menyimpan informasi dari percakapan seiring berjalannya waktu sehingga membuat ChatGPT menjadi lebih pintar dan dapat memenuhi kebutuhan spesifik penggunanya.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Modern Warships 25 Maret 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

Sedangkan pada aspek perlindungan data pribadi, OpenAI menyatakan pengguna memiliki kuasa penuh untuk menentukan ingatan mana yang boleh disimpan ChatGPT.

ChatGPT juga dilatih untuk tidak secara otomatis menyimpan ingatan yang bersifat sensitif seperti riwayat kesehatan.

Pengguna juga dapat meminta ChatGPT untuk melupakan informasi tertentu bila pengguna tidak ingin informasi tersebut disimpan.

Selain itu, terdapat fitur Manage Memory yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan penyesuaian dari ingatan yang disimpan ChatGPT. Pengguna juga dapat menonaktifkan fitur memori digital bila tidak menginginkannya.

Saat ini, memori digital ChatGPT masih berstatus layanan beta dan pada pekan ini tersedia dalam cakupan terbatas yakni untuk sebagian pengguna ChatGPT gratis dan ChatGPT Plus. Ke depannya, OpenAI akan merilis fitur memori digital ini secara lebih luas.

Fungsi Memori Digital ChatGPT untuk Mengingat Riwayat Percakapan

Fitur ChatGPT

Sebelumnya, ChatGPT telah memperkenalkan fitur-fitur seperti instruksi dan preferensi pribadi pengguna. Namun, dengan adanya teknologi baru ini, chatbot tersebut bisa mengakses informasi yang jauh lebih luas dan terperinci.

Baca Juga :  Kode Kupon The Spike Volleyball Story 25 Maret 2024 Terbaru

Dalam tahap pengujian beta terbatas, fitur memori baru ini memungkinkan ChatGPT untuk mengingat detail-detail yang dibagikan pengguna. ChatGPT menerapkan memori ini untuk menjawab pertanyaan, mengikuti instruksi, dan memberikan rekomendasi yang disesuaikan dengan setiap pengguna.

Fitur memori ini dibangun dengan cara otomatis mengidentifikasi dan menyimpan informasi yang mungkin berguna pada masa depan. Pengguna juga memiliki kontrol penuh atas segla yang diingatkan atau dilupakan dalam percakapan dengan ChatGPT.

Pengguna bisa meminta ChatGPT untuk mengingat sesuatu yang spesifik dari percakapan mereka. Bisa pula menanyakan hal yang sudah disimpan dalam memori, meminta chatbot untuk melupakan informasi tertentu, bahkan mematikan memori sepenuhnya.

Dikutip dari Times of India, OpenAI juga telah memastikan, ChatGPT dilatih untuk tidak mengingat informasi sensitif secara proaktif tanpa arahan eksplisit pengguna. OpenAI menjelaskan, pengguna tetap memiliki kontrol atas memori ChatGPT, dengan opsi untuk melihat, mengedit, atau menghapus detail yang disimpan oleh chatbot. OpenAI juga telah memperkenalkan mode percakapan sementara yang tidak menyimpan informasi percakapan apa pun.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Point Blank 25 Maret 2024 Update Terbaru Valid

Meskipun fitur ini menjanjikan pengalaman yang lebih baik dalam berinteraksi dengan AI, penting bagi pengguna untuk tetap waspada dan memahami implikasi privasi dari penggunaan teknologi ini.

Seiring waktu, OpenAI berencana untuk menyediakan fitur memori kepada lebih banyak pengguna ChatGPT. Umpan balik awal dari pengguna beta akan menjadi panduan bagi perusahaan dalam memperluas ketersediaan fitur ini.

Fungsi Memori Digital ChatGPT untuk Mengingat Riwayat Percakapan

Sumber :