Eco Bamboo Permainan Tradisional Anak yang disampaikan oleh bapak Bagja Iksan adalah salah satu  salah satu bentuk kegiatan yang mengajak anak untuk bermain diluar kelas dengan Permainan Tradisional. Di Eco Bamboo dengan latar belakang sebagai  Pendidik mempunyai tujuan agar anak bermain dengan  berbagai macam Permainan Tradisional  yang berhubungan dengan Pendidikan Karakter anak.



Permainan Tradisional memiliki banyak manfaat yang baik untuk Pendidikan Karakter anak, karena dengan Permainan Tradisional, fisik dan emosi anak akan terlibat secara langsung, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhannya dan karakter anak tersebut. Jika permainan tradisional dikombinasikan  dengan permainan modern maka  manfaatnya akan saling melengkapi untuk perkembangan anak dan Pendidikan karakter anak

Di Eco Bamboo banyak sekali  Permainan Tradisional, diantaranya Permainan Tradisional Congklak, Permainan Tradisional galah asin, Permainan Tradisional bakiak, Permainan Tradisional boy-boyan dll. Dan banyak sekali manfaat dari permainan tradisonal yang dapat mempengaruhi perkembangan anak dan Pendidik karakter anak.

Pembelajaran diluar kelas dengan pendidikan karakter bersama Departemen Pendidikan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia dan Eco Bamboo

Pembelajaran diluar kelas dengan pendidikan karakter bersama Departemen Pendidikan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia dan Eco Bamboo

Manfaat Permainan Tradisional adalah :

  • Untuk Meningkatkan kemampuan bersosialisasi pada anak
  • Untuk Melatih kemampuan motorik pada anak
  • Untuk Mengembangkan daya kreatifitas pada anak
  • Untuk mengembangkan kecerdasan intelektual pada anak
  • Untuk Mengembangkan kecerdasan emosi pada anak

Contohnya adalah Permainan Tradisional congklak, Congklak adalah suatu Permainan Tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan dan batu-batu kecil. Permainan Congklak mengajarkan Strategi, kejujuran, berhitung dan mengasah otak.

Permainan Tradisional Congklak

Permainan Tradisional Congklak

Permainan Tradisional Boy-boyan, adalah Boy-boyan merupakan Permainan Tradisional yang berasal dari provinsi Jawa Barat khususnya di daerah Sunda. Permainan Tradisional Boy boyan ini adalah memadukan kerja motorik anak dan juga mengasah kemampuan membuat strategi. Boy-boyan sendiri biasanya terdiri dari lima hingga sepuluh pemain yang dibagi menjadi dua kelompok dan dilakukan di lapangan yang cukup luas.

Permainan Tradisional Boy boyan

Permainan Tradisional Boy boyan

Permainan Tradisional Galah asin, galasin, atau gobak sodor adalah sejenis permainan daerah dari Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 – 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, permainan Permainan Tradisional Galah asin, bersifat  kelompok , dan memberi kesempatan pada anak untuk bersosialisasi,  menjalin kebersamaan grup , sehingga anak diajarkan untuk mentaati peraturan, bergiliran, dan juga solidaritas dalam bermain.

Permainan Tradisional Galah Asin

Permainan Tradisional Galah Asin

Itulah beberapa kegiatan di luar kelas dengan Permainan Tradisional yang ada di ECO Bamboo untuk pendidikan karakter anak dan untuk perkembangan anak, selain banyak manfaatnya kita sebagai Anak Bangsa Indonesia  jangan pernah melupakan Permainan Tradisional yang kita miliki dan kita juga berkewajiban untuk meneruskan warisan budaya Indonesia kepada generasi selanjutnya. Jangan lupa streaming terus di www.phiradio.net. Gaya-Juara.  (Feby Kurniawati Rejeki)

 

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Pendidikan Karakter Anak

Talkshow Pembelajaran Diluar Kelas (Outdoor Class Room)
Talkshow Pembelajaran Diluar Kelas (Outdoor Class Room)

Bahasa Isyarat Sibi Huruf L dan Bisindo Huruf L 
Bahasa Isyarat Sibi Huruf L dan Bisindo Huruf L 

Close