Download Twibbon Hari Filateli Indonesia 29 Maret: Pengertian dan Sejarah. Pada era 20-30an, filateli sangat dibutuhkan. Namun saat ini, filateli menjadi lembaran bagian dari sejarah komunikasi. Hari Filateli yang diperingati pada 29 Maret ini umumnya dijadikan tempat ajang bagi para filatelis berkumpul dan saling bertukar atau sekedar memperlihatkan koleksi masing-masing perangko.

Di zaman di mana perkembangan teknologi yang begitu maju, kegiatan komunikasi surat-menyurat sangat jarang dilakukan saat ini. Surat-menyurat identik dengan kegiatan mengumpulkan prangko atau disebut dengan filateli.

Download Twibbon Hari Filateli Indonesia 29 Maret: Pengertian dan Sejarah

Nah, tahukah kamu bahwa setiap 29 Maret diperingati sebagai Hari Filateli di Indonesia? Untuk mengetahui serba-serbinya lebih lanjut, yuk simak informasinya berikut ini!

Namun, tak jarang pula dalam peringatan ini diadakan sebuah pameran perangko, lelang perangko offline maupun online. Semakin langka atau tua suatu perangko, maka harga yang ditawarkan semakin mahal.

Sejarah Hari Filateli Indonesia

Melansir dari sumber laman blog PFI (Perkumpulan Filatelis Indonesia), tahun 1840 merupakan peristiwa yang membuka lembaran baru dalam bidang pelayanan pos. Di mana penerbitan perangko pertama di dunia di lakukan, tepatnya di Inggris.

Hal ini kemudian diikuti oleh negara-negara lainnya dan memberikan peluang timbulnya suatu kegemaran mengumpulkan sekeping kertas unik, termasuk di Indonesia.

Unifikasi dari pengumpulan perangko melahirkan berbagai perkumpulan filateli di seluruh dunia. Niat utamanya mendalami segala sesuatu yang berhubungan dengan penerbitan perangko dan benda pos lainnya.

Download Twibbon Hari Filateli Indonesia 29 Maret: Pengertian dan Sejarah

Di Indonesia sendiri, terdapat perkumpulan filatelis yang awalnya dikenal sebagai Postzegel Verzamelaars Club Batavia. Perkumpulan ini kemudian diakui oleh penguasa setempat pada 29 Maret 1922.

Setelah kemerdekaan RI, nama perkumpulan diubah menjadi Algemene Vereeniging voor Philatelism in Indonesia dan kemudian pada 1953 diubah menjadi Perkumpulan Umum Philateli Indonesia. Pada 1985, barulah nama perkumpulan diubah menjadi Perkumpulan Filatelis Indonesia.

Pada 1969, Indonesia menjadi anggota Federation Internationale de Philatelie (FIP) yang berkedudukan di Swiss. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan mengikuti perkembangan-perkembangan filateli di dunia Internasional.

Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) sejak awal bukanlah suatu organisasi politik, melainkan suatu organisasi hobi yang bersifat nasional, tidak mencari keuntungan dan terbuka untuk seluruh warga Indonesia baik pria, wanita, tua, maupun muda.

Organisasi ini memiliki tujuan untuk memajukan dan mengembangkan filateli dalam arti seluas-luasnya di seluruh tanah air. Serta mempererat hubungan, memperluas wawasan, menjalin persaudaraan dan persahabatan dan meningkatkan kerja sama antara filatelis baik nasional maupun internasional.

Download Twibbon Hari Filateli Indonesia 29 Maret: Pengertian dan Sejarah

Maka dari itu, untuk memperingati berdirinya perkumpulan filatelis di Indonesia pada 29 Maret 1922, maka setiap tanggal 29 Maret dijadikan sebagai Hari Filateli Indonesia dan ditetapkan pertama kali.

Pada 2006 peresmiannya dilakukan pada FIAP EXCO Meeting di Yogyakarta, yaitu pada sebuah pertemuan tingkat tinggi dari federasi organisasi filatelis se-Asia Pasifik.

Cara Merayakan Hari Filateli Indonesia

Beriku beberapa twibbon yang bisa digunakan untuk ikut memeriahkan Hari Filateli Indonesia pada tanggal 29 Maret nanti.

1. Twibbon 1
2. Twibbon 2
3. Twibbon 3
4. Twibbon 4
5. Twibbon 5
6. Twibbon 6
7. Twibbon 7
8. Twibon 8

Download Twibbon Hari Filateli Indonesia 29 Maret: Pengertian dan Sejarah

Itu tadi merupakan serba-serbi sejarah Hari Filateli Indonesia. Jangan lupa untuk memeriahkan Hari Filateli Indonesia ya!

Sumber : https://www.detik.com/