Data Instansi yang Buka Formasi CPNS 2024 Lulusan SMA/SMK Sederajat. Pada Jumat (5/1/2024), Presiden Jokowi mengumumkan pembukaan lowongan calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 sebanyak 2,3 juta formasi. Rinciannya, 690 ribu untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 1,6 juta untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 akan dibuka sebentar lagi. Di tahun ini, ada formasi yang diprediksi akan dibuka untuk lulusan SMA dan SMK sederajat.

Di seleksi tahun ini, pemerintah mengincar talenta-talenta muda untuk mendukung kualitas pelayanan publik berbasis digital yang merata di seluruh Indonesia. Terlihat dari banyaknya formasi CPNS 2024 yang dapat dilamar fresh graduate mencapai 690.822.

Data Instansi yang Buka Formasi CPNS 2024 Lulusan SMA/SMK Sederajat

Detail formasi CASN 2024 dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), yakni:

  • Instansi Pusat: 429.183
    CPNS: 207. 247 formasi
    PPPK: 221.936 formasi
  • Instansi Daerah: 1.867.333
    CPNS: 483.575 formasi
    PPPK: 1.383.758 formasi

Adapun formasi PPPK di instansi daerah dialokasikan untuk guru sebanyak 419.146, tenaga kesehatan sebesar 417.196, dan 547.416 formasi untuk tenaga teknis.

Baca Juga :  KODE REDEEM PUBG 25 Maret 2024 Terbaru

Seleksi CASN tahun 2024 diketahui akan dilakukan sebanyak tiga periode. Periode I dimulai pada minggu ketiga bulan Maret, periode II akan dilaksanakan pada Juni, dan periode III berlangsung pada Agustus mendatang.

Sebagaimana tahun sebelumnya, seleksi CPNS tahun 2024 diperkirakan akan membuka lowongan untuk lulusan muda SMA/SMK sederajat. Penasaran instansi apa saja yang akan membuka formasi bagi lulusan SMA dan SMK sederajat? Simak pada uraian di bawah.

Dikutip dari portal ASN Karier atau laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN BKN), formasi CPNS 2024 belum tersedia.

Data Instansi yang Buka Formasi CPNS 2024 Lulusan SMA/SMK Sederajat

Berdasarkan data tahun 2023, berikut instansi yang membuka formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK sederajat:

1. Badan Intelijen Negara (BIN)

Badan Intelijen Negara membuka kuota lowongan CASN pada tahun lalu bagi lulusan SMA sederajat. Formasi yang dibuka, yakni asisten penata kelola intelijen

2. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Kemenkumham membuka lowongan CPNS bagi putra-putri lulusan SMA/SLTA pada 2023. Posisi yang diisi, antara lain penjaga tahanan.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Top War Battle 25 Maret 2024 Terbaru Valid, Simak Tips Cara Main

3. Kejaksaan Agung

Instansi pemerintahan Kejaksaan Agung membutuhkan lulusan SMA sederajat untuk mengisi beberapa posisi pada tahun lalu. Formasi yang diisi yaitu penjaga tahanan dan pengelola penanganan perkara.

4. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

Lembaga pemerintahan non kementerian ini juga membuka sejumlah formasi CASN pada tahun sebelumnya. Posisinya antara lain petugas lapangan keluarga berencana yang disebar di berbagai daerah.

5. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KemenESDM)

Di tahun lalu, Kemen ESDM juga membuka lowongan bagi lulusan SMA/SMK di formasi tenaga teknis. Posisi diemban yakni pengamat gunung api dan penguji mutu barang di beberapa daerah.

6. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Pada 2023, Kominfo membutuhkan banyak lulusan SMA sederajat untuk mengisi posisi asisten teknisi siaran dan asisten pranata siaran di stasiun RRI yang berada di seluruh Indonesia.

7. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR)

KemenPUPR membuka cukup banyak formasi yang tersebar di seluruh Indonesia bagi lulusan SMA/SMK pada tahun lalu. Di antara posisi yang dibuka, yakni penata laksana jalan dan jembatan pemula.

Baca Juga :  Kode Redeem Game My Hotpot Story 25 Maret 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

8. Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kemenlutkan)

Instansi kementerian ini membuka beberapa posisi untuk lulusan SMA sederajat pada 2023. Jabatan pemula yang diisi, antara lain teknisi akuakultur dan teknisi kesehatan ikan.

9. Kementerian Perindustrian (Kemenperin)

Tahun lalu, Kemenperin membutuhkan lulusan SMK untuk mengisi sejumlah posisi, antara lain penguji mutu barang,

Selain sederet instansi kementerian dan non kementerian, formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK sederajat pada tahun lalu dibuka pula di sejumlah kantor pemerintahan daerah.

Nah, berkaca dari tahun sebelumnya, sejumlah instansi di atas kemungkinan juga akan membuka banyak formasi CPNS 2024 untuk lulusan SMA/SMK sederajat.

Data Instansi yang Buka Formasi CPNS 2024 Lulusan SMA/SMK Sederajat

Sumber : https://www.detik.com