Daftar Program Bansos 2021. Penyaluran bansos dilanjutkan 2021. Bantuan sosial tersebut mulai disalurkan awal pekan bulan depan. Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan program bansos 2021 itu sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Daftar Program Bansos 2021

“Saya ingin menyampaikan sesuai instruksi Bapak Presiden bahwa minggu pertama bulan Januari sudah diberikan kepada penerima manfaat bantuan, kenapa demikian? karena itu akan membantu perekonomian di daerah supaya tidak turun dengan perputaran,” kata Risma usai ratas, kemarin Selasa (29/12/2020).



Dia memaparkan ada 18,8 juta penerima sembako atau bantuan sosial non tunai (BPNT) 2021, nilainya Rp 200 ribu per bulan selama periode Januari-Desember.

Kemudian, bansos tunai 2021 diberikan kepada 10 juta penerima di Indonesia termasuk Jabodetabek.

“Program bantuan sosial tunai itu 2021 penerimanya 10 juta termasuk seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek. Kemudian penyalurnya adalah PT Pos dan untuk indeks bantuan per bulan Rp 300 ribu penerima manfaat dan itu diberikan pemerintah itu Januari-Februari-Maret-April selama 4 bulan, tidak utuh selama satu tahun seperti PKH,” jelasnya.

Selanjutnya, ada 10 juta penerima manfaat program keluarga harapan (PKH). Bantuan itu akan disalurkan lewat bank BUMN atau Himbara. Program ini menyasar ibu hamil, anak usia dini hingga penyandang disabilitas.

“Ini akan diberikan selama 3 bulan sekali, tahap pertama Januari, tahap kedua April, tahap ketiga Juli dan tahap keempat Oktober,” tambahnya.

Pemerintah memperpanjang program bansos hingga 2021, salah satunya adalah Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 300 ribu/bulan.

Daftar para penerima bansos Rp 300 ribu terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Untuk mengetahui apakah kita termasuk sebagai calon penerima cukup klik dtks.kemensos.go.id.

Langkah berikutnya klik dtks.kemensos.go.id, dan calon penerima wajib memilih identitas diri untuk verifikasi. Calon penerima bisa memilih satu dari tiga identitas diri untuk verifikasi bansos Rp 300 ribu.

Identitas untuk pemeriksaan dtks.kemensos.go.id:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. ID DTKS/BDT
  3. Nomor PBI JK/KIS

Setelah klik dtks.kemensos.go.id dan yakin menerima bansos Rp 300 ribu, penerima bisa segera mencairkannya. Dikutip dari situs Kemensos, cara mencairkan bansos Rp 300 ribu ternyata mudah.

Bagaimana caranya supaya terdaftar dalam dtks.kemensos.go.id?

  1. Lapor pada aparat desa atau kelurahan dengan membawa KTP/KK
  2. Dinas sosial selanjutnya melakukan verifikasi dan validasi data
  3. Pada proses ini tidak semua usulan akan disetujui
  4. Usulan yang disetujui akan dilaporkan pada Kemensos melalui gubernur
  5. Setelah menyelesaikan proses verifikasi dan validasi, calon penerima akan terdaftar dalam dtks.kemensos.go.id dan mendapatkan bansos Rp 300 ribu.

Empat cara penyaluran dan pencairan bansos Rp 300 ribu:

  1. Bansos Rp 300 ribu disalurkan lewat PT Pos Indonesia atau transfer rekening
  2. Transfer rekening berlaku bagi penerima bansos Rp 300 yang punya rekening di BRI, BNI, Mandiri dan BTN
  3. Penyaluran lewat PT Pos Indonesia dilakukan bila penerima tak punya rekening di bank anggota Himbara
  4. Membawa KTP/KK saat ingin mencairkan BST, yang ditambah buku rekening bagi yang menggunakan transfer rekening.



Proses transfer bansos Rp 300 ribu tidak dikenakan biaya. Tentunya penyaluran dan pencairan dilakukan setelah yakin nama penerima tercantum dalam dtks.kemensos.go.id.

Klik Link Daftar Bansos 2021

Dengan mekanisme tersebut, penerima bansos Rp 300 ribu bisa terdaftar dalam DTKS meski tidak punya rekening. Jika tidak ada perubahan mekanisme pada program bansos 2021, tentunya cara di atas dapat menjadi rujukan.

Daftar Program Bansos 2021

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5314543/cek-di-sini-daftar-program-bansos-2021


Read previous post:
blt-umkm
Bansos Tunai Rp 300 Ribu Diperpanjang Kemensos pada 2021

Close