Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Daftar E-wallet Terpopuler di Indonesia 2022, 3 Besar : Gopay, Dana, Ovo. Laporan yang berjudul “Consumer Preference Towards Banking and E-Wallet Apps” tersebut melibatkan sekitar 1.000 responden yang tinggal di Indonesia, yang memberikan pendapatnya pada periode 20-25 Mei 2022.

Menurut penuturan sejumlah responden yang memiliki aplikasi e-wallet ini, 24 persen di antaranya mengaku bahwa mereka menggunakan aplikasi semacam sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Baca Yuk :

Daftar E-wallet Terpopuler di Indonesia 2022, 3 Besar : Gopay, Dana, Ovo

Dompet digital atau e-wallet kini semakin populer di kalangan masyarakat karena kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan. Terlebih lagi sejak merebaknya Covid-19 yang membuat transaksi digital terus meningkat. Hal tersebut selaras dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih sering beraktivitas dari rumah.

Lembaga riset pasar dan perilaku konsumen (consumer insight) Populix merilis laporan terbarunya seputar penggunaan layanan aplikasi keuangan alias finansial di Indonesia.

Berdasarkan laporan itu, aplikasi bank, finansial, dan sejenisnya ternyata dipakai oleh 64 persen dari total responden. Dari angka tersebut, 84 persen di antaranya sering menggunakan aplikasi dompet elektronik alias e-wallet.

Sementara itu, 20 persen dari responden yang memiliki e-wallet memakai aplikasi sejenis itu setiap hari, 17 persen memakai e-wallet empat hingga lima kali seminggu, dan 13 persen menggunakan aplikasi dompet digital lebih dari lima kali seminggu.

Lebih lanjut, sekitar 86 persen responden yang memiliki e-wallet mengaku bahwa mereka memakai aplikasi semacam ini sebagai metode pembayaran di platform e-commerce.

Daftar E-wallet Terpopuler di Indonesia 2022, 3 Besar : Gopay, Dana, Ovo

1. GoPay

dompet digital gopaySumber: Kompas.com

Tak hanya sukses di transportasi online, GoJek juga sukses dengan layanan e-walletnya, yakni GoPay.  Sudah mengantongi izin resmi dari Bank Indonesia, dompet digital ini memudahkan kamu dalam bertransaksi digital.

Mulai dari transportasi online, pemesanan makanan, pengisian pulsa, pembayaran tagihan, hingga jasa pengiriman.  Kamu bisa melakukan top-up dengan beberapa metode sekaligus, seperti internet banking, mobile banking, hingga ATM. GoPay stabil menempati posisi pertama dengan pengguna aktif terbanyak sejak tahun 2019 lalu.

2. Dana

dompet digital danaSumber: Tirto.id

Dana juga kini semakin melambung di kalangan masyarakat untuk transaksi digital.  Terlebih lagi, dompet digital yang satu ini sudah mengantongi izin dari pihak Bank Indonesia sebagai Lembaga Keuangan Digital.

Aplikasi ini juga mempunyai keunggulan tersendiri, sebab ia sudah terhubung dengan data dari pihak Kependudukan dan Catatan Sipil.  Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk berbagai hal, dari belanja online hingga pembayaran tagihan rumah tangga.

3. OVO 

Dompet digital terbaik kedua dipegang oleh OVO yang dimiliki oleh Grab.  Tak heran, jika kamu menginstal aplikasi OVO, maka saldonya secara otomatis akan masuk ke dalam Grab Pay milikmu.

OVO menguasai lebih dari 70 persen pusat belanja di Indonesia, seperti bioskop, cafe, hingga supermarket.  Sama halnya dengan GoPay, e-wallet ini juga punya beragam pilihan untuk top-up. 

Kamu bisa mengisinya melalui internet banking, ATM, hingga mobile banking.  Banyak fitur yang terdapat di aplikasi OVO, mulai dari transfer antar bank, pembayaran transaksi e-commerce, hingga transportasi online. 

Kegunaan e-wallet

Kegunaan e-wallet terbanyak selanjutnya adalah untuk membayar aplikasi “ojek” online (71 persen), pembayaran pulsa atau paket internet (69 persen), hingga mengisi saldo untuk aplikasi atau platform lainnya (62 persen).

Adapun responden yang memiliki e-wallet mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi semacam ini karena tidak ingin repot bertransaksi (81 persen), karena sudah terintegrasi dengan e-commerce (80 persen), dan karena mudah digunakan (79 persen).

Lantas, aplikasi e-wallet apa saja yang paling banyak dipakai oleh pengguna atau responden Populix dalam riset ini?

Simak daftar e-wallet terpopuler di Indonesia, begitu juga jumlah penggunanya berdasarkan 84 persen dari total responden yang memiliki aplikasi e-wallet tadi, berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Populix.co, Kamis (7/7/2022).

Daftar E-wallet Terpopuler di Indonesia 2022, 3 Besar : Gopay, Dana, Ovo

  1. Gopay: 88 persen
  2. Dana: 83 persen
  3. Ovo: 79 persen
  4. ShopeePay: 76 persen
  5. LinkAja: 30 persen
  6. iSaku: 7 persen
  7. Octo Mobile: 5 persen
  8. Doku: 4 persen
  9. Sakuku: 3 persen
  10. JakOne Mobile: 2 persen

Daftar E-wallet Terpopuler di Indonesia 2022, 3 Besar : Gopay, Dana, Ovo

Sumber :

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,