Daftar BLT Pelajar Februari 2021. Program ini merupakan upaya pemerintah untuk memutus mata rantai putus sekolah, terutama di kalangan keluarga kurang mampu. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial, dan Kementerian Agama bekerja sama untuk mewujudkan program ini.

Daftar BLT Pelajar Februari 2021

Pemerintah telah meluncurkan program bantuan tunai langsung (BLT) untuk pelajar melalui Program Indonesia Pintar di tahun 2021. Besaran dana yang akan diberikan kepada para pelajar berbeda-beda, sesuai dengan tingkat pendidikannya. Jenjang pendidikan yang lebih tinggi akan menerima bantuan dana yang lebih besar pula.



Di bawah ini adalah rincian dana BLT pelajar yang akan diterima oleh siswa :

  • SD/MI/Paket A = Rp225.000,00 per semester atau Rp450.000,00 per tahun
  • SMP/MTs/Paket B = Rp375.000,00 per semester atau Rp750.000,00 per tahun
  • SMA/SMK/MA/Paket C/Kursus dan Pelatihan = Rp500.000,00 per semester atau Rp1.000.000,00 per tahun

Dana yang telah diterima dapat dimanfaatkan untuk membantu berbagai macam keperluan sekolah, seperti pembelian alat tulis, uang saku, bahkan hingga biaya ujian praktik. Seorang siswa harus memiliki KIP atau Kartu Indonesia Pintar untuk bisa mendapatkan BLT pelajar ini.

Siswa bisa mendaftar di sekolah atau lembaga pendidikan masing-masing untuk kemudian diusulkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat. Pengusulan nama penerima BLT pelajar diberi batasan waktu, sesuai dengan periode yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Di tahun 2021 ini, terdapat empat tahap atau periode pendaftaran BLT pelajar. Berikut adalah batas waktu untuk masing-masing tahap.



  1. Tahap I
    Data usulan ditutup pada tanggal 31 Maret tahun berjalan
  2. Tahap II
    Data usulan ditutup pada tanggal 30 Juni tahun berjalan
  3. Tahap III
    Data usulan ditutup pada tanggal 31 Agustus tahun berjalan
  4. Tahap IV
    Data usulan ditutup pada tanggal 31 Oktober tahun berjalan

Siswa harus sudah menyerahkan kelengkapan data dan informasi yang dibutuhkan sebelum masing-masing tahap ditutup. Tak hanya siswa yang belajar melalui jalur formal seperti sekolah, siswa yang berasal dari jalur nonformal seperti kejar paket dan peserta kursus pun bisa mengakses dana BLT pelajar ini.

Daftar BLT Pelajar Februari 2021

Dengan adanya program ini, pemerintah berharap bahwa akan ada banyak siswa kurang mampu yang terbantu untuk melanjutkan pendidikannya.

 

Read previous post:
blt-umkm
Daftar UMKM Online 2021 Untuk Dapat BPUM Rp 2,4 Juta dan Bansos UMKM Rp 3,5

Close