Cek Dulu Tips Sebelum Membeli Sepeda. Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini, masyarakat semakin sadar untuk melakukan gaya hidup sehat. Salah satunya dengan cara bersepeda. Alhasil toko sepeda disesaki pembeli. Nah, supaya tidak menyesal, simak dulu tips membeli sepeda berikut ini seperti dilansir dari Kompas.com.



Cek Dulu Tips Sebelum Membeli Sepeda

  1. Kenali Jenisnya

Erwin Handoko dari Brompton Monas Cyclists mengatakan, secara umum terdapat tiga jenis sepeda yang saat ini digandrungi masyarakat. Folding bike (sepeda lipat), Mountain bike (sepeda gunung), dan Road bike (sepeda balap). Menurut Erwin, sepeda lipat saat ini paling populer.

Sepeda lipat sendiri terbagi dalam tiga kategori. Di antaranya sepeda lipat dengan tiga lipatan, sepeda dua lipatan, dan sepeda bongkar-pasang. “Sepeda tiga lipatan ini paling ringkas dan cocok untuk di bawa ke transportasi massal, karena setelah di lipat hanya sekitar 80cm x 80 cm kurang lebih,” papar Erwin.



  1. Sesuaikan dengan Budget

Jangan lupa untuk menyesuaikan budgetmu sebelum membeli sepeda. Kemudian selanjutnya, tentukan jenis sepeda yang diinginkan sesuai tujuan bersepedanya. Seperti misalnya, apakah digunakan di jalanan terjal, jalanan biasa atau traveling. Lalu, yang terakhir yakni sesuaikan spesifikasi teknis sepeda dengan postur tubuh, baik tinggi dan berat badan. Hal ini bertujuan agar Sobat Phi dapat merasa nyaman dan terhindar dari cedera.

  1. Perhatikan Ukuran

Ukuran frame menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih sepeda. Sebagian besar produsen sepeda memiliki grafik ukuran yang mencantumkan ukuran frame berdasarkan tinggi badan pengendara. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan standover dan jarak dari kursi ke setang.

Perlu diketahui juga, kursi yang berada jauh di bawah setang akan membuat perjalanan terasa lebih nyaman. Sementara kursi yang sejajar dengan setang membuat kamu bisa memberikan lebih banyak tenaga untuk mengayuh pedal.



Cek Dulu Tips Sebelum Membeli Sepeda

Itulah sedikit tips sebelum kamu membeli sepeda, Sobat Phi. Selamat gowes! Jangan lupa untuk streaming terus di www.phiradio.net ya! Gaya, juara!

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Pempov-Jawa-Barat-Buka-Pendaftaran-Beasiswa-JFL-untuk-Mahasiswa-D3-hingga-S3
Pempov Jawa Barat Buka Pendaftaran Beasiswa JFL untuk Mahasiswa D3 hingga S3

Kuningan Gelar Belajar Tatap Muka
Kuningan Gelar Belajar Tatap Muka

5 Instrumen Investasi yang Cocok untuk Pelajar
5 Instrumen Investasi yang Cocok untuk Pelajar

Close