Cek BLT UMKM 2021 Program BPUM Sudah Cair di BRI Login www.kemenkopukm.go.id Banpres Rp 2,4 Juta. Buruan siapkan persyaratan untuk ajukakan Bantuan UMKM atau Banpres BPUM BRI tahun 2021 senilai Rp 2,4 juta. Pemerintah berkomitmen melanjutkan Program BLT UMKM tahap 3 di tahun 2021 bagi pelaku usaha mikro yang terdampak covid-19.

Cek BLT UMKM 2021 Program BPUM Sudah Cair di BRI Login www.kemenkopukm.go.id Banpres Rp 2,4 Juta

Program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau BLT UMKM sudah disalurkan kepada 5,2 juta pelaku UMKM. Bantuan yang disalurkan sebesar Rp 1,2 juta, sesuai ketentuan Peraturan Kemenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021.



Bagi mereka yang ingin mengecek status penerima BLM UMKM tak perlu datang ke bank, cukup mengunjungi laman https://eform.bri.co.id/bpum.

Bantuan Langsung Tunai UMKM alias BLT UMKM program BPUM akhirnya cair hari ini, Jumat (2/4/2021) di BRI. Kabar ini dikonfirmasi oleh Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman.

Ia mengatakan, pencairan telah dilakukan kepada 5,2 juta pelaku UMKM.

“Sudah (pencairan BPUM UMKM 2021),” kata dia, dikutip dari Kompas ‘BPUM 2021 Sudah Cair, Ini Cara Ceknya di eform.bri.co.id/bpum’

Berbeda dari tahun lalu, besaran BLT UMKM sebesar adalah Rp 1,2 juta sesuai dalam Peraturan Kemenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021.




Sementara bagi penerima BLT UMKM bisa lakukan pengecekan dengan mengunjungi laman eform.bri.co.id/bpum. Namun saat diperiksa, tautan untuk layanan pengecekan NIK Penerima BPUM di eform.bri.co.id/bpum BRI masih tutup untuk sementara.

Saat dikonfirmasi mengenai laman tersebut, Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto juga masih belum memberikan jawaban.

Daftar Banpres BPUM atau BLT UMKM 2021

Pendaftaran datang langsung ke Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabuapten Kota sesuai persyaratan secara luring atau offline dengan membawa seluruh persyaratan.

Selanjutnya akan diarahkan untuk mengisi data secara online melalui link yang sudah ditentukan oleh Dinas Koperasi UKM setempat.

Bantuan UMKM ini diberikan Rp 2,4 juta secara hibah, dalam rangka stimulus ekonomi membantu pelaku usaha mikro ditengah pandemi covid-19.

Setelah melakukan pengajuan bantuan peserta bisa melakukan pengecekan online BLT UMKM atau Banpres BPUM melalui link eform BRI.

Persyaratan dan Cara Daftar BLT UMKM 2021

Merujuk pada penyaluran bansos sebelumnya, berikut syarat mendapatkan BLT UMKM, dikutip dari laman depkop.go.id:

Syarat Penerima BLT UMKM

BLT UMKM Rp 2,4 Juta hanya diberikan kepada:

  • Warga Negara Indonesia
  • Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Memiliki Usaha Mikro
  • Bukan ASN, TNI/POLRI, serta pegawai BUMN/BUMD
  • Bagi pelaku Usaha Mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Calon penerima Banpres Produktif untuk Usaha Mikro dapat melengkapi data usulan kepada pengusul dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM setempat dengan melampirkan persyaratan sebagai berikut:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nama Lengkap
  3. Alamat tempat tinggal sesuai KTP
  4. Bidang Usaha
  5. Nomor Telepon



Cara cek penerima BLT UMKM

Para calon penerima mengakses laman bri.co.id, dengan memasukkan nomor KTP beserta kode verifikasinya.

Jika saat mengecek di e-form BRI NIK KTP tak muncul, maka ada beberapa penyebabnya.

Berikut beberapa penyebabnya dilansir dari Warta Kota dala artikel ‘Solusi Jika NIK KTP Penerima BLT UMKM Tidak Muncul Namanya di E-Form BRI’

  • Anda belum mendaftar program BPUM UMKM Rp 2,4 juta
  • Sistem di Bank penyalur belum terkoneksi dengan link tersebut
  • Rekening Anda terblokir karena Anda masih punya pembiayaan/kredit di bank.
  • Nomor NIK KTP Anda tidak sinkron dengan data di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Solusinya adalah melakukan lakukan pengecekan secara langsung dengan mendatangi kantor bank penyalur BRI dengan membawa syarat dokumen pencairan.

Para pelaku usaha mikro yang NIK KTP mereka tidak ada di eform.bri.co.id/bpum masih bisa dapat bantuan BLT UMKM Rp 2,4 juta dengan cara daftar banpres produktif usaha mikro (BPUM).

Informasi lengkap mengenai tata cara pendaftaran dan syarat penerima bisa diakses di laman resmi www.depkop.go.id atau akun sosial media resmi Kemenkop UKM.

Cara Pengambilan Dana Bantuan di Bank

Penerima bantuan akan SMS bahwa mereka terdaftar sebagai penerima Banpres BPUM atau bisa melalui pengecekan ke link eform bri di eform.bri.co.id/bpum.

Selanjutnya, penerima datang ke bank dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan yakni:

  • Buku tabungan
  • Kartu ATM
  • Identitas diri

Penerima juga harus melengkapi doumen yakni: Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dan atau Surat Kuasa Penerima dana BPUM.




Surat Pernyataan ini akan diberikan oleh pihak Bank Penyalur seperti BRI secara gratis saat kita lapor akan mencairkan bantuan.

Setelah dokumen lengkap ia menjelaskan maka bantuan yang masuk ke rekening bisa langsung digunakan.

Sumber Cek BLT UMKM 2021 Program BPUM Sudah Cair di BRI Login www.kemenkopukm.go.id Banpres Rp 2,4 Juta : https://pontianak.tribunnews.com/2021/04/02/klik-e-form-bri-co-id-bpum-daftar-bpum-terbaru-2021-login-wwwkemenkopukmgoid-banpres-rp-24-juta?page=4

Read previous post:
bansos-tunai
Bansos Tunai DKI Bisa Dicairkan Mulai Sabtu Besok

Close