Cara Mudah Menanam Bunga Matahari. Bunga matahari termasuk tanaman serbaguna. Karena tampilannya yang cantik, bunga ini biasanya digunakan untuk dekorasi atau ornamen. Bunga matahari memiliki mahkota berwarna kuning yang cantik. Warnanya yang cerah sangat pas menjadi hiasan di taman depan rumah, atau sebagai teman minum teh di kebun belakang.



Tanaman ini juga memiliki bunga yang besar dimana kehadirannya pasti akan langsung menghadirkan suasana yang ceria. Jika SobatPhi tertarik menanam bunga matahari di rumah, sesuai namanya, bunga ini termasuk yang sangat menyukai cahaya matahari langsung yang panas.

Cara menanam bunga matahari

Sebelum menanam bunga matahari, terlebih dahulu SobatPhi harus mempersiapkan dimana SobatPhi akan menanamnya.

Dikutip dari Little Flower Hut, Rabu (17/2/2021), bunga ini sangat menyukai cahaya matahari, untuk itu SobatPhi harus memperisapkan tempat dimana tanaman akan mendapatkan banyak sinar matahari sepanjang hari.

Penting juga bahwa lokasinya memiliki drainase yang baik sehingga bunga matahari dapat menyerap lebih banyak air dan memiliki akar yang panjang.



Berikut adalah langkah-langkah menanam bunga matahari:

  • Gali tanah setidaknya sedalam setengah hingga satu meter karena akar bunga matahari perlu direntangkan. Bunga matahari tumbuh subur di tanah yang sedikit asam sehingga tanah perlu kaya nutrisi.
  • Kemudian taruh benih di dalamnya. Pastikan tempat menanam bibit bunga matahari harus terlindung dari angin kencang di masa mendatang. SobatPhi bisa memasang pagar di sekitar area untuk mencegah kerusakan dari bunga karena hewan atau hal lainnya.
  • Namun yang paling penting adalah tempat di mana SobatPhi akan menanam biji bunga matahari setidaknya harus mendapatkan sinar matahari 6 hingga 8 jam sehari.
  • Pastikan biji bunga matahari harus terpisah untuk memberi ruang pertumbuhan. Idealnya, jarak tanam antara satu sama lain adalah 15 cm.
  • Tambahkan sedikit pupuk pada tanah untuk meningkatkan pertumbuhan akar. SobatPhi bisa membeli pupuk secara online atau di toko tanaman di sekitar rumah.



Cara merawat bunga matahari

  • Pastikan SobatPhi menyirami bunga matahari setiap hari. Karena bunga matahari perlu terpapar sinar matahari langsung setidaknya selama 6 jam dalam sehari, tanaman perlu terhidrasi untuk mendorong pertumbuhannya. Pastikan untuk tetap melembabkan tanah sebanyak mungkin tetapi tidak sampai terendam air.
  • Jika tanah tidak kaya nutrisi secara alami, tambahkan pupuk. Kecenderungannya adalah jika tanahnya tak memiliki banyak nutrisi, itu hanya akan menunda pertumbuhan bunga matahari.
  • Bunga matahari rentan terhadap serangga dan hama, jadi pastikan SobatPhi terus memantaunya dari waktu ke waktu. SobatPhi bisa meletakkan pengusir siput di sekitar bunga matahari untuk mencegah hama ini menembusnya.
  • Jika SobatPhi mulai memperhatikan bahwa daun bunga matahari mulai menguning, segera gunakan fungisida.

SobatPhi perlu menuangkan sedikit air ke bunga matahari dan menjaga agar tidak merusak. Daun kuning menunjukkan bahwa jamur telah menyerang bunga mataharimu. Untuk menghindari kerusakan lebih lanjut, segera tanangi permasalahan ini.

Read previous post:
snmptn
Tips agar Lolos SNMPTN 2021

Close