Cara Menggunakan Google Cendekia, Aplikasi Google untuk Pelajar dan Mahasiswa. Google Cendekia (bahasa Inggris: Google Scholar). SobatPhi Salah satu produk pencarian google, yakni Google Scholar atau Google Cendekia mungkin merupakan mungkin masih sangat jarang diketahui orang.

Cara Menggunakan Google Cendekia, Aplikasi Google untuk Pelajar dan Mahasiswa

Google Cendekia adalah layanan yang memungkinkan pengguna malakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Diluncurkan pada tahun 2004, indeks Google Cendekia mencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah. Google Cendekia menyediakan cara yang mudah untuk mencari literatur akademis secara luas. Seseorang dapat mencari di seluruh bidang ilmu dan referensi dari satu tempat: makalah peer-reviewed, thesis, buku, abstrak, dan artikel, dari penerbit akademis, komunitas profesional, pusat data pracetak, universitas, dan organisasi akademis lainnya.

Google Cendekia akan membantu seseorang mengidentifikasi penelitian paling relevan dari seluruh penelitian akademis. Google Cendekia bertujuan menyusun artikel seperti yang dilakukan peneliti, dengan memperhatikan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi yang menampilkan artikel, dan frekuensi penggunaan kutipan artikel dalam literatur akademis lainnya. Hasil paling relevan akan selalu muncul pada halaman pertama.

Untuk diketahui, Google Cendekia (https://scholar.google.co.id/) adalah layanan pencarian khusus untuk pelajar, mahasiswa, dan akademisi yang dibuat oleh Anurag Acharya, seorang mantan akademis yang kemudian bergabung dengan tim web-indexing Google pada tahun 2000 silam.

Layanan ini memungkinkan para pelajar maupun mahasiswa untuk mencari jurnal, menyimpan sumber ke ‘perpustakaan pribadi’ kalian dan mendapatkan kutipan dengan cepat.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Cendekia

1.Membuat Perpustakaan Pribadi 

Saat menjelajahi hasil pencarian, kalian bisa menyimpan artikel yang diinginkan ke perpustakaan pribadi. Caranya dengan klik ikon berbentuk bintang yang ada di bawah hasil pencarian.

Artikel yang telah masuk dalam perpustakaan bisa diakses di menu My library yang ada di sidebar. Kalian juga dapat melihat daftar informasi yang cukup komprehensif tentang artikel tersebut termasuk abstraknya. Kalian juga bisa menaruhnya dalam satu label untuk mengaturnya dengan sumber yang sama.

2. Fitur Mengutip dengan Cepat

Ketika membuat makalah, skripsi atau thesis mungkin proses yang paling menjenuhkan adalah membuat daftar pustaka. Tapi tidak perlu khawatir karena Google Scholar pun bisa membantu kalian dengan cepat menyusun daftar pustaka.

Caranya dengan klik ikon tanda kutip yang berada di bawah artikel. Setelah itu akan ada jendela yang muncul dengan citation sesuai format yang diinginkan, mulai dari MLA, APA, Chicago hingga Harvard. Hasil ini bisa kalian copy dan paste dengan cepat ke Microsoft Word.

3. Mengatur Notifikasi dan Membantu Mengingatkan

Untuk mahasiswa yang meneliti isu yang sedang berkembang, fitur ini sangat berguna untuk memudahkan kalian mengikuti artikel akademik apa saja yang baru diterbitkan.

Scholar memberi kalian pilihan untuk mengatur notifikasi atau alert jika ada hasil pencarian baru terkait kata kunci yang spesifik.

Caranya mudah saja, pilih menu Alerts dengan simbol amplop yang ada di sidebar. Setelah itu klik Create alert dan masukkan kata kunci kalian di Alert query. Kalian bisa memilih ingin dilihat 10 atau 20 hasil pencarian yang akan dikirimkan lewat email. Jadi, kalian tidak perlu ketinggalan lagi jika ada artikel atau buku baru yang terbit.

4. Cara Mencari Artikel atau Jurnal

Google Scholar punya cara kerja yang sama dengan mesin pencari Google. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal tentu harus menggunakan kata kunci yang sespesifik mungkin.

Untuk mengakses Google Scholar bisa mengakses ke situs https://scholar.google.com/ dan bisa langsung mencari artikel pada search bar yang ada di halaman depan.

Hasil pencarian yang muncul di Scholar merupakan kombinasi dari hasil yang paling relevan dengan kata kunci dan hasil yang paling banyak dikutip oleh pelajar dan akademisi lain.

Jika hasil pencarian ini kurang memuaskan, kalian juga bisa mencari jurnal menggunakan “Advanced search” yang memungkinkan hasil pencarian yang lebih spesifik. Opsi ini bisa kalian pilih di sidebar halaman utama.

5. Mendapat Artikel Terkait

Jika kalian berhasil mendapatkan artikel yang menarik dan relevan dengan topik yang kalian cari, kalian bisa mencari artikel terkait untuk mendapatkan hasil yang serupa. Caranya dengan klik tautan “Related articles” yang ada di bawah artikel.

Nantinya, kalian akan mendapatkan hasil pencarian yang terkait dengan artikel utama tersebut. Misalnya hasil pencarian akan memperlihatkan artikel oleh penulis yang sama, menggunakan kata kunci yang sama, atau memiliki judul yang mirip.

Semoga artikel Cara Menggunakan Google Cendekia, Aplikasi Google untuk Pelajar dan Mahasiswa ini dapat bermanfaat ya SobatPhi. 🙂 Semangat belajar.

 

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Minggu 17 Mei 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Minggu 17 Mei 2020

Jadwal-Dan-Materi-Belajar-Dari-Rumah-di-TVRI-Hari-Sabtu-16-Mei-2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Sabtu 16 Mei 2020

Google-dan-Kemendikbud-Beri-Paket-Data-10000-Pengajar
Google dan Kemendikbud Beri Paket Data 10000 Pengajar

Close