Sudah tahu kan, radio streaming adalah radio yang menggunakan jaringan internet agar bisa didengarkan. Caranya hampir sama seperti kita melihat video di YouTube. Bedanya, radio streaming hanya bisa didengarkan suaranya saja. Tapi sebetulnya bagaimana sih Cara Kerja Radio Streaming?

Cara Kerja Radio Streaming

Berikut ini Phi Radio sudah merangkum ulasan singkat mengenai Cara Kerja Radio Streaming. Kita mulai, ya!

Mula-mula, komputer yang sudah diinstal WinAmp dan shoutcast DSP plugins. Di-set IP, Port, Password dan settingan lainnya untuk radio streaming kita nantinya. Lalu dihubungkan ke server penyedia layanan pembuatan radio streaming melalui Internet. Server ini berfungsi sebagai relay untuk membagikan siaran ke pendengar-pendengar nantinya.

Skema Cara Kerja Radio Streaming

Microphone / Audio Mixer

Line in Soundcard Komputer

(Software: WinAmp, SAM Broadcaster atau Radio Boss)

Internet (Modem/Speedy)

Shoutcast Server

Pendengar

(PC, MaC, Linux, Nokia, Android, iPhone, iPad)

Jika memperhatikan Skema Cara Kerja Radio Streaming di atas, kita bisa memahami proses kerja dari radio streaming. Pertama kita memasukkan Sumber audio (mixer/microphone), lalu di-input ke dalam pc yang telah di-setting sebagai Server Broadcast Live Streaming (bisa menggunakan software WinAmp, SAM Broadcaster atau Radio Boss).



Nah, kemudian server broadcast akan melakukan broadcasting data audio tersebut ke Internet secara kontinyu. Agar bisa tersiarkan di Internet, maka kamu harus berlangganan shoutcast server-nya. Jika semua sudah siap, maka pada saat bersamaan pendengar-pendengar yang membuka halaman web yang menyimpan link ke server broadcast akan dapat mendengarkan data audionya yang kamu siarkan.

Nah demimikian tadi sobat Phi Cara Kerja Radio Streaming, Sederhana, kan? Saat ini, radio streaming memang lebih banyak diminati pendengar, karena menawarkan berbagai kemudahan dalam mengaksesnya. Seiring dengan kecanggihan teknologi dan fleksibilitasnya, radio streaming di Indonesia semakin berkembang. Termasuk www.phiradio.net yang unggul dengan siaran pendidikannya.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Virus Corona Penyebaran dan Penanganannya
Virus Corona Penyebaran dan Penanganannya

Hari Kanker Internasional 2020
Hari Kanker Internasional 2020

Pelajar inspiratif Jawa Barat Tania Agustina Wijaya
Pelajar inspiratif Jawa Barat Tania Agustina Wijaya

Close