Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Cara Daftar Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri, Cek Persyaratannya. Portal resmi Kemdikbud menyebutkan program tersebut merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi siswa-siswi pada jenjang Sekolah Menengah Atas untuk mendapatkan bimbingan selama satu tahun guna memeroleh kesempatan pendidikan S1 di luar negeri.

Meski demikian siswa-siswi berprestasi selain yang diselenggarakan Puspresnas juga dapat mendaftar dengan syarat prestasi tersebut dikurasi terlebih dahulu oleh Puspresnas.

Baca Yuk :

Cara Daftar Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri, Cek Persyaratannya

Pemerintah melalui Pusat Prestasi Nasional membuka pendaftaran untuk beasiswa Indonesia Maju untuk putra-putri terbaik bangsa. Adapun pendaftarannya sendiri sudah dimulai sejak bulan Mei lalu dan sejatinya telah berakhir per tanggal 31 Mei.

Namun pemerintah memutuskan memperpanjang masa pendaftaran hingga 4 Juni mendatang. Kepastian ini disampaikan melalui akun resmi Pusat Prestasi Nasional @pusprenas.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo meluncurkan program Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Program Persiapan S1 luar negeri. Ditulis di laman itu, jika program ini bisa diikuti seluruh siswa-siswi kelas XI di Indonesia yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang diselenggarakan/difasilitasi oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Hingga Tahun 2022 Beasiswa Indonesia Maju program persiapan S1 luar negeri sudah berjalan 2 tahun. Berikut kriteria dan persyaratan umum:

Cara Daftar Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri, Cek Persyaratannya

a. Warga negara Indonesia;
b. Peserta didik kelas XI SMA/SMK/MA/sederajat pada tahun ajaran 2021/2022
c. Memiliki prestasi pada ajang talenta dan/atau non-ajang talenta:
1) Untuk prestasi pada ajang yang diselenggarakan dan/atau difasilitasi oleh puspresnas: memiliki prestasi tingkat nasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), 3 (perunggu), dan/atau internasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), 3 (perunggu), dan penghargaan khusus yang diperoleh selama tiga tahun terakhir;

2) Untuk pada ajang tidak diselenggarakan dan/atau tidak difasilitasi oleh puspresnas memiliki prestasi tingkat nasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), 3 (perunggu), dan/atau internasional setara juara 1 (emas), 2 (perak), 3 (perunggu), dan penghargaan khusus yang diperoleh selama tiga tahun terakhir dari ajang yang telah dikurasi oleh puspresnas;

3) Untuk prestasi non ajang talenta: memiliki prestasi yang telah dikurasi oleh puspresnas.

d. Memiliki integritas kebangsaan sebagai pelajar pancasila calon pemimpin masa depan bangsa;
e. Tidak sedang mendapatkan beasiswa dari sumber lainnya dengan peruntukkan komponen beasiswa yang sama;
f. Memiliki kefasihan berbahasa inggris dan/atau bahasa asing lainnya sesuai dengan negara tujuan studi; dan
g. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online pada laman pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/beasiswa-indonesia-maju/

“Pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri diperpanjang hingga 4 Juni 2022,” tulisnya. Sementara untuk jenjang S2 pendaftaran masih akan ditutup pada 30 Juni mendatang dengan beasiswa penuh dari pemerintah.

Pendaftaran BIM semula ditutup pada tanggal 31 Mei 2022, namun Puspresnas memerpanjang pendaftaran sampai 4 Juni 2022.

Seperti beasiswa yang diselenggarakan pemerintah lainnya sebut saja LPDP misalnya, BIM juga kemungkinan besar akan dibuka setiap tahunnya.

Cara Daftar Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri, Cek Persyaratannya

Berikut tata cara mendaftar Beasiswa Indonesia Maju
1. Mendaftar secara online pada laman pendaftaran program Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 luar negeri di laman: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/beasiswa-indonesia-maju/
2. Melengkapi dan mengunggah semua dokukennyang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran
3. Setelah melakukan finalisasi dan submit aplikasi, pastikana mendaptkan pop-up notifikasi bahwa submit aplikasi telah berhasil dilakukan
4. Bagi perserta didik berprestasi dari ajang non talenta non puspresnas dan non ajang talenta wajib mengikuti kjurasi pada laman: http//kurasi-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id setelah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri.

Cara Daftar Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri, Cek Persyaratannya

Sumber : https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/beasiswa-indonesia-maju/

 

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,