BLT PIP Kemdikbud 2023 Cair Rp 1 Juta Cek NIK NISN KIP Kategori Ini. Bantuan Langsung Tunai atau BLT PIP Kemdikbud 2023 sudah mulai cair termin 2 bulan Juli ke ATM SimPel siswa SD, SMP, SMA, dan SMK yang jadi penerima di pip.kemdikbud.go.id.

Nantinya siswa KIP SD, SMP, SMA, dan SMK akan mendapatkan pencairan satu kali dari tiga termin, siswa yang sudah masuk ke nominasi segera akses pip.kemdikbud.go.id untuk mengetahui kategori yang bisa cair.

BLT PIP Kemdikbud 2023 Cair Rp 1 Juta Cek NIK NISN KIP Kategori Ini

Tujuan PIP

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus.

Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung

Penerima PIP

  • Peserta Didik pemegang KIP
  • Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:
    • Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:
    • Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan
    • Peserta Didik dari keluarga pemegang KartuKeluarga Sejahtera
    • Peserta Didik yang berstatus yatimpiatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan
    • Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam
    • Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah
    • Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah
    • Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya
Baca Juga :  Kode Redeem Game Top War Battle 25 Maret 2024 Terbaru Valid, Simak Tips Cara Main

BLT PIP Kemdikbud 2023 cair ke NIK, NISN siswa KIP SD hingga SMA kategori ini, cek tanggal cair Juli dan cara dapat lagi Rp1 juta, ketahui selengkapnya dengan membaca hingga akhir.

Pencairan PIP Kemdikbud 2023 hanya dapat ditransfer apabila siswa KIP sudah masuk ke dalam kategori penerima bertanda ini, cek selengkapnya agar uang bisa cair.

PIP Kemdikbud 2023 adalah bantuan uang tunai hingga Rp1 juta yang bertujuan agar siswa tidak putus sekolah dan mendapatkan penyamarataan fasilitas pendidikan.

Penyaluran PIP Kemdikbud 2023 dilakukan setelah rekening siswa KIP SD, SMP, SMA, dan SMK tercatat aktif di bank BRI atau BNI agar uang bisa masuk.

Baca Juga :  KODE REDEEM Mobile Legends 25 Maret 2024 Terbaru

BLT PIP Kemdikbud 2023 Cair Rp 1 Juta Cek NIK NISN KIP Kategori Ini

Namun sayangnya tidak semua siswa bisa mendapatkan pencairan uang PIP Kemdikbud 2023 diangka Rp1 juta, uang PIP dibagikan berdasarkan jenjang pendidikan yang ditempuh oleh siswa.

Berikut nominal PIP Kemdikbud 2023 yang akan diterima oleh siswa SD, SMP, SMA, dan SMK penerima di pip.kemdikbud.go.id usai menginput NIK dan NISN yang nantinya cair di rekening SimPel :

  1. Siswa SD: Rp 450 ribu
  2. Siswa SMP: Rp 750 ribu
  3. Siswa SMA: Rp1 juta

Selanjutnya, siswa KIP SD, SMP, SMA, dan SMK nominasi PIP Kemdikbud 2023 bisa cek NIK dan NISN agar uang cair dan tidak hangus atau dikembalikan ke kas negara.

Cara Cek Penerima PIP Kemdikbud 2023

Begini cara cek nama penerima PIP Kemdikbud 2023 di pip.kemdikbud.go.id bagi siswa SD, SMP, SMA, dan SMK yang sudah ditandai layak PIP oleh pemerintah:

  1. Buka website pip.kemdikbud.go.id
  2. Input NIK dan NISN
  3. Selesaikan kolom penjumlahan
  4. Klik Cek Penerima.

BLT PIP Kemdikbud 2023 Cair Rp 1 Juta Cek NIK NISN KIP Kategori Ini

Saat ini sudah ada sebagian siswa KIP yang mendapatkan pencairan jika namanya tertera jadi penerima dan masuk ke dalam kategori SK Pemberian karena rekening tercatat aktif di bank.

Baca Juga :  Kode Redeem Game My Hotpot Story 25 Maret 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

Sedangkan siswa KIP SD, SMP, SMA, dan SMK yang mendapat SK Nominasi harus melakukan aktivasi rekening agar uang bisa cair di bank BRI atau BNI.

Kabar menariknya siswa yang sudah pernah mendapatkan PIP Kemdikbud 2023 bisa mendapatkan Rp1 juta lagi di bank, begini caranya:

  1. Penerima PIP tahun 2023
  2. Tercatat dalam DTKS
  3. Diajukan kembali sebagai penerima PIP 2023
  4. Siswa aktif dan terdaftar dalam Dapodik
  5. Keluarga kurang mampu, yatim piatumpenerima PKH dan Bansos negara lainnya.

BLT PIP Kemdikbud 2023 Cair Rp 1 Juta Cek NIK NISN KIP Kategori Ini

Itulah informasi mengenai BLT PIP Kemdikbud 2023 cair ke NIK, NISN siswa KIP SD hingga SMA kategori ini, cek tanggal cair Juli dan cara dapat lagi Rp1 juta.

Sumber : https://pip.kemdikbud.go.id/