Belajar Mengenal Trading Saham, yuk! Apakah Sobat Phi ada yang berpendapat bahwa trading saham hal yang menakutkan setelah pelajaran matematika? Wah, kamu harus baca artikel ini sampai habis. Karena, PhiRadio sudah merangkum mengenai trading saham untuk yang ingin mempelajarinya. Simak sama-sama, yuk!



Belajar Mengenal Trading Saham, yuk!

  1. Mulai dari Nominal Kecil

Siapa bilang investasi tidak bisa dilakukan dengan modal kecil? Main saham pakai receh sangat bisa, kok. Tapi main saham bukan berarti main-main. Tapi harus tetap dipertimbangkan sebagai bisnis yang artinya uang yang dikeluarkan dianggap sebagai modal.

Alasan lain harus mulai dari nominal kecil, karena trading saham merupakan salah satu investasi berisiko tinggi, tidak semua orang cocok di bidang itu. Oleh karena itu, kamu harus tahu terlebih dulu apakah cocok atau tidak di bidang tersebut?

  1. Cari Tahu Ilmunya

Modal utama adalah pengetahuan. Tidak hanya trading saham, tapi di semua aspek kehidupan. Nah, kalau di dunia saham, belajar akan menghindarkan kamu dari zona spekulasi. Tanamkan dalam diri bahwa belajar saham memang bukan “cara cepat jadi kaya”, tapi “cara tepat menuju kemapanan”.  Teknik belajar paling mudah adalah mengenal simbol chart dan membaca tren. Memang tidak melulu berhasil, namun setidaknya Sobat Phi bisa belajar seperti apa analisa teknikal.



  1. Memilih Perusahaan Sekuritas

Jika modal dan pengetahuan sudah siap, maka selanjutnya Sobat Phi cari perusahaan sekuritas untuk menanamkan uang. Memang betul memilih broker saham kadang tricky agar tidak merasa dirugikan.

  1. Hindari Saham Gorengan

Arti dari saham gorengan adalah sangat susah dibaca dari sisi analisis teknikal, apalagi fundamental. Gerakannya yang begitu volatil menjadi tidak terprediksi dengan baik. Kemudian, gerakan yang sangat acak tadi tidak pas sebagai sarana belajar untuk trader pemula. Akan lebih mudah jika belajar dari saham-saham yang gerakannya cenderung normal, blue chip, atau second liner.

  1. Ketimpangan Order Jual dan Beli

Saat beli saham, harus ketemu order jual dan beli bukan? Nah, coba perhatikan saham-saham yang ketimpangannya sangat tinggi, dimana order beli jauh lebih banyak daripada yang jual. Kemudian mulai belajar di titik kritis yaitu saat awal dan akhir perdagangan, serta menjelang istirahat (jam 11-12). Tapi ada juga trader yang memilih jam kritisnya di sore hari.

Kenapa harus perhatikan order beli yang jauh lebih banyak?

Karena itu adalah indikasi kenaikan kuat saham, artinya pasti ada “sesuatu” yang membuat saham tersebut menarik. Sebaiknya, langsung cari berita dari internet untuk mencari tahu penyebab orang-orang berburu saham tadi. Jika masuk akal, tinggal dibeli.



Belajar Mengenal Trading Saham, yuk!

Nah, itulah lima pengenalan mengenai trading saham untuk pemula. Jika Sobat Phi tertarik main saham, cobalah untuk tidak menggunakan semua modal dalam satu transaksi, ya! Dan jangan ragu untuk bertanya kepada trader yang lebih berpengalaman.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Mengenal Sistem PJJ Ala Mendikbud Nadiem
Mengenal Sistem PJJ Ala Mendikbud Nadiem

Tentang Lada
Tentang Lada

Tentang Gula
Tentang Gula

Close