6 Prospek Kerja Terbaik untuk Lulusan Filsafat. Sobat Phi termasuk mahasiswa jurusan Filsafat? Wah, berbahagialah, karena prospek kerja untuk lulusan ini cukup luas, lho. Kamu nantinya bisa berkarir sebagai pegawai pemerintahan, Rohaniwan, atau manajer pelayanan jasa tertentu. Selengkapnya baca di bawah ini, ya.



6 Prospek Kerja Terbaik untuk Lulusan Filsafat

  1. Konsultan Rekrutmen Perusahaan

Lulusan Filsafat mempunyai prospek kerja sebagai konsultan rekrutmen perusahaan karena mampu menafsirkan, meringkas dan memperjelas informasi dari berbagai pengalaman belajarnya selama kuliah. Profesi ini bertanggung jawab untuk menarik calon pegawai dan mencocokan mereka di posisi sementara atau permanen di perusahaan. Konsultan rekrutmen bekerja dengan perusahaan dan membangun relasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan serta persyaratan rekrutmen.

  1. Eksekutif Pemasaran

Eksekutif pemasaran adalah karir yang banyak dikejar oleh lulusan Filsafat karena mereka telah terbiasa mempresentasikan ide dan informasi di berbagai mata kuliah. Profesi ini terlibat dalam pengembangan kampanye pemasaran untuk mempromosikan produk, jasa atau ide sebuah perusahaan. Pekerjaan mereka bervariasi meliputi perencanaan, periklanan, organisasi acara, pengembangan produk, distribusi, sponsor dan penelitian. Pekerjaan-pekerjaan tersebut cocok bagi orang yang dinamis.



  1. Guru atau Dosen

Para sarjana Filsafat dapat mengaplikasikan ilmu mereka kepada anak didiknya dengan menjadi guru atau dosen. Profesi ini secara nyata dapat menerapkan berbagai ilmu Filsafat yang pernah dipelajari. Kamu juga dapat mengajarkan pola pemikiran baru bagi generasi muda untuk lebih kritis menghadapi persoalan yang ada.

  1. Wartawan

Wartawan adalah profesi yang cocok bagi lulusan Filsafat yang memiliki kemampuan untuk menafsirkan dan menganalisis berbagai informasi berbeda. Pekerjaan utama waratawan adalah meneliti dan menulis berita nasional, regional dan lokal. Apabila memiliki pengetahuan dan keahlian di satu bidang khusus, kamu dapat melamar menjadi penulis feature yang merupakan spesialis di satu bidang dengan cakupan topik lebih mendalam dan gaya penulisan lebih pribadi.

  1. Psikoterapis

Banyak lulusan Filsafat yang bekerja sebagai konselor atau psikoterapis karena mereka terus mengembangkan rasa ingin tahu dan pola pikir lateral semenjak kuliah. Psikoterapis bekerja dengan individu, pasangan, keluarga maupun kelompok untuk membantu mereka mengatasi berbagai masalah psikologis dan emosional. Psikoterapis menggunakan metode pribadi dengan berbagai perawatan non-medis untuk memahami proses berpikir dan konflik batin para klien.

  1. Penulis buku

Lulusan Filsafat dapat menjabarkan ide-ide kritis, teori baru serta berbagai hasil penelitiannya ke dalam bentuk buku. Buku filsafat yang sukses dapat memberikan pengaruh besar di bidang kemanusiaan dan ilmu pengetahuan. Dengan menerbitkan buku, kamu akan memperoleh uang dari royalti penjualan dan undangan ke berbagai seminar dan diskusi yang membahas buku tersebut.



6 Prospek Kerja Terbaik untuk Lulusan Filsafat

Tidak usah khawatir mengambil jurusan kuliah yang tidak populer. Justru dengan begitu, persaingan di dunia kerja tidak terlalu sempit karena banyak peluang yang bisa kamu raih. Semangat, ya!

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Belajar Mengenal Trading Saham, yuk!
Belajar Mengenal Trading Saham, yuk!

Mengenal Sistem PJJ Ala Mendikbud Nadiem
Mengenal Sistem PJJ Ala Mendikbud Nadiem

Tentang Lada
Tentang Lada

Close