Setiap sekolah sudah pasti memiliki program ekstrakurikuler. Tujuannya agar minat dan bakat siswa tersalurkan di luar bidang akademis. Nah, jika ekstrakurikuler yang sekolah kamu miliki cukup banyak, coba ikuti langkah-langkah berikut ini agar tidak bingung.

Begini Caranya Memilih Ekstrakurikuler yang Tepat

  1. Sesuaikan dengan Minat dan Bakat

Memilih ekskul yang sesuai kesukaan tentu akan membuat kamu terus termotivasi selama mengikutinya. Selain itu, bakatmu bisa terasah. Bertemu dengan teman-teman yang memiliki minat sama juga akan membuat Sobat Phi lebih mudah bergaul.



  1. Pertimbangkan Peluang Prestasi

Sudah memilih ekskul yang sesuai minat? Maka jangan sia-siakan kesempatan untuk berprestasi! Sobat Phi bisa cari informasi mengenai perlombangan atau kesempatan lain diluar sekolah yang berhubungan dengan ekskul pilihanmu. Kalau bisa berprestasi di sekolah dan di luar sekolah, kenapa tidak?

  1. Jangan Ikut-ikutan Teman

Tidak semua yang teman-temanmu sukai baik untukmu. Oleh karena itu, jangan hanya mengikuti pilihan teman-teman terdekatmu saat memilih ekskul. Bisa-bisa kamu malah tidak bisa menikmati kegiatan tersebut gara-gara tidak sesuai dengan minat. Akhirnya, kamu juga yang akan rugi, karena tidak bisa optimal mengembangkan bakat sendiri.

  1. Tidak Mengganggu Aktivitas Belajar

Saat sudah asyik dengan kegiatan ekskul, bukan berarti kamu boleh mengabaikan tugas utama dalam belajar ya. Sobat Phi harus bisa menyesuaikan jadwal antara waktu istirahat, belajar, dan kegiatan ekskul. Banyak izin saat mengikuti pelajaran demi ekskul tidak baik juga, lho.

Empat hal tadi bisa kamu praktikkan untuk memilih ekskul di sekolah. Jika tidak ada yang sesuai minat dan bakat, kamu juga bisa kok ikut kegiatan di luar sekolah. Tapi ingat, sekolah tetap nomor satu ya, Sobat Phi.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Cek Dulu Persiapan sebelum Masuk Sekolah Asrama
Cek Dulu! Persiapan Sebelum Masuk Sekolah Asrama

5 Hal yang Patut Dipertimbangkan dalam Memilih Universitas
5 Hal yang Patut Dipertimbangkan dalam Memilih Universitas

memperingati-hari-musik-nasional-9-maret-2020
Hari Musik Nasional 9 Maret 2020

Close