Beasiswa S1 ke Timur Tengah Dari Kemenag April 2021. Kementerian Agama (Kemenag) akan membuka pendaftaran beasiswa S1 ke Timur Tengah. Pembukaan pendaftaran akan dilakukan pada April 2021 mendatang.



Kemenag melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam bahkan tengah mematangkan persiapannya, khususnya prosedur keberangkatan. Mengingat seleksi tahun 2020 sempat ditunda karena pandemi COVID-19.

Beasiswa S1 ke Timur Tengah Dari Kemenag April 2021

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Suyitno mengatakan semua aturan dan regulasi dilakukan berdasarkan prosedur yang disepakati oleh pemerintah. Sehingga tidak akan ada pemberangkatan yang tak sesuai aturan.

Selain itu, Bapak Suyitno mengingatkan bahwa ada tiga syarat penerima beasiswa S1 ke Timur Tengah, yakni memiliki kemampuan bahasa yang bagus. Kemudian, calon pendaftar juga harus memiliki kompetensi akademik yang kuat.

Terakhir, calon pendaftar harus memiliki komitmen wawasan kebangsaan terhadap NKRI dan pemahaman Islam Wasathiyah.

Proses Seleksi Beasiswa S1 ke Timur Tengah Dari Kemenag April 2021

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Diktis M. Adib Abdushomad mengungkapkan proses seleksi beasiswa S1 ke Timur Tengah tahun ini akan dilakukan secara online. Hal ini berbeda dengan sebelumnya, akibat adanya pandemi COVID-19.




Menurut bapak Adib Seleksi akan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu CBT dan wawancara. Tahun ini seleksi pada tahap wawancara dengan materi hafalan al-Qur’an, baca kitab kuning serta wawasan keislaman dan kebangsaan.

Namun, bagi calon peserta yang ingin mengikuti program ini harus mengetahui ada tiga syarat utama yang harus dipenuhi. Antara lain:

  1. Kemampuan bahasa yang bagus sebagai ilmu alat dalam belajar dan komunikasi.
  2. Kompetensi akademik yang kuat agar proses pembelajaran bisa selesai dengan tepat waktu.
  3. Memiliki komitmen wawasan kebangsaan terhadap NKRI dan pemahaman Islam Wasathiyah.

Selama proses seleksi, nantinya pihak Kemenag akan menyiapkan protokol kesehatan. Apalagi sebelumnya, seleksi sempat ditunda tahun 2020 dikarenakan situasi pandemi Covid-19.

Sementara itu, hasil seleksi Beasiswa S1 ke Timur Tengah Dari Kemenag April 2021 akan diumumkan lebih lanjut melalui surat resmi. Selamat mencoba, SobatPhi!

Read previous post:
Cek Pendaftaran KJP Plus Tahap 1 2021 Dibuka 15 Maret
Cek Pendaftaran KJP Plus Tahap 1 2021 Dibuka 15 Maret

Close