SobatPhi, pada “Mengenal Disabilitas” kali ini, mari kita membahas Bahasa Isyarat Sibi J dan Bisindo J, melalui Gerakan tangan Sibi dan Bisindo . Apakah Sibi dan Bisindo Itu?

BISINDO yaitu Bahasa Isyarat Indonesia  adalah salah satu bahasa isyarat yang berlaku di Indonesia. Di Indonesia ada dua bahasa isyarat yang digunakan yaitu Sistem Bahasa Isyarat Indonesia atau SIBI dan Bahasa Isyarat Indonesia atau BISINDO.

 Bahasa Isyarat Sibi J dan Bisindo J

  • Bahasa Isyarat Sibi J

SIBI menggunakan abjad sebagai panduan bahasa isyarat tangan satu. berikut adalah gambar gerakan tangan satu Sibi J yaitu:



Bahasa Isyarat SIBI J

Bahasa Isyarat SIBI J

  • Bahasa Isyarat BISINDO J

BISINDO menggunakan gerakan tangan (dua tangan) sebagai upaya komunikasi antar pengguna bahasa isyarat. berikut ini adalah gerakan dua tangan BISINDO J  yaitu:

Bahasa Isyarat BISINDO J

Bahasa Isyarat BISINDO J

Ada banyak cara untuk berkomunikasi, misalnya dengan membaca bibir, menulis, memberi isyarat, dan memberi isyarat. Bahasa isyarat adalah salah satunya, bahasa ini datang secara alami. Dengan kata lain bahasa isyarat merupakan adaptasi dari bahasa lisan yang tidak bisa mereka lakukan.

Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) diharapkan menjadi Bahasa Isyarat nasional dan Bahasa Indonesia secara umum. BISINDO juga memiliki tata bahasa sendiri yang saat ini bisa kita pelajari dari media atau pun orang yang berpengalaman tentang Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO).

Bahasa Isyarat SIBI atau BISINDO juga digunakan pada stasiun penyiaran berita untuk mengadopsi penggunaan Bahasa Isyarat. Jika SobatPhi membuka acara berita Nasional maupun Internasional, Sobatphi akan menemukan di pojok bawah gambar kotak kecil dimana seseorang sedang menerjemahkan setiap perkataan dalam sebuah berita kedalam Bahasa Isyarat.

Sehingga Bahasa Isyarat SIBI dan BISINDO akan mempermudah komunikasi disabilitas kepada yang lainnya. Demikian bahasan tentang Bahasa Isyarat Sibi J dan Bisindo J. SobatPhi, Jangan lupa Stay Streaming di. www.phiradio.net. Gaya – juara.

View this post on Instagram

#SobatPhi "Mengenal Disabilitas" kembali? . Kali ini adalah gerakan tangan yang melambangkan huruf "J" dengan 2 macam yaitu Sibi dan Bisindo . . Sibi & Bisindo adalah bahasa isyarat yang di gunakan oleh Orang-Orang yang memiliki keterbatasan khusus nya untuk Tuna Wicara(tidak bisa bicara) . #SobatPhi udah pada dengerin Phiradio belum?? ayooo dengerin❤ Jangan lupa Stay Streaming di Www.phiradio.net Gaya – juara . . @tikomdik_jabar @disdikjabar @humas_jabar @pkplk_disdikjabar @m.ridwankamil @ruzhanul @nanangnurwasid . #sdlb #smplb #smalb #disabilitasindonesia #disabilitas #slb #PhiRadio #PhiRadioGayaJuara #Tikomdik #TikomdikJuara #DisdikJabar #DisdikJabarJuara #radiostreamingbandung #radiostreamingjabar #radiostreamingpendidikanjabar #radiostreamingendidikanbandung #radiostreamingpendidikanindonesia #radiostreaming #radiostreamingsma #radiostreamingsmk

A post shared by phiradio (@phiradiodotnet) on

Chat Bersama Kami
Read previous post:
TalkShow Friday'sMate with Agitily Bandung Group
TalkShow Friday’s Mate with Agitily Bandung Group

Talkshow FOJB with SMA Pasundan 8 Bandung
Talkshow FOJB with SMA Pasundan 8 Bandung

talkshow with asian african reading club
Talkshow with Asian African Reading Club

Close