Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Bagaimana Solusi BLT BPJS Ketenagakerjaan Gagal Cair Gara-gara Tak Memenuhi Syarat, Ini Jawaban Terbaru Kemnaker. BLT BPJS Ketenagakerjaan gagal cair lantaran para pekerja tak memenuhi syarat penerima subsidi gaji, terutama pasal 3B.

Para pengguna rekening BCA dan Bank Swasta pun banyak yang mengeluhkan belum menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan hingga saat ini. Berikut solusi BLT BPJS Ketenagakerjaan gagal cair di rekening bank BCA dan swasta. Seperti diketahui sampai saat ini, penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan masih belum rampung.

Baca Yuk :

Bagaimana Solusi BLT BPJS Ketenagakerjaan Gagal Cair Gara-gara Tak Memenuhi Syarat, Ini Jawaban Terbaru Kemnaker

Bahkan beberapa pekerja telah dinyatakan gagal terima BLT BPJS Ketenagakerjaan karena tak memenuhi syarat pasal 3B. Hal ini seperti dikutip dari kolom komentar instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan @Kemnaker.

@lighthamdani: BSU gimana ini ? Yang kena pasal 3B . Padahal masih aktif dan tidak pernah dapat bantuan apapun dari pemerintah.

@susanana103: Siapa disini yang belum apa-apa kena pasal 3b kita satu server jangan terlalu berharap masih ada rezeki diluar sana

@silcamiransi: Awalnya di kemnaker ditetapkan sebagai calon dan sekarang jd belum memenuhi syarat , belum rejeki

@raniaaaaz: 3 minggu berharap status calon berubah jd di tetapkan..ini malah berubah jd belum memenuhi syarat..pdhal memnuhi syarat..g prnah dpet bntuan apapun jg selain bsu 2020.

@kemal_xiv: Kemaren masih calon tahap ke 3 eh pas tadi cek kok jadi blom terdaftar. ada yg senasib?

Lantas, apa penyebab calon penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan tak memenuhi syarat pasal 3B?

Menilik isi pasal 3B Permenaker Nomor 16 tahun 2021 yang menyatakan bahwa:

“Pemberian Bantuan Pemerintah berupa subsidi Gaji/Upah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) diprioritaskan bagi Pekerja/Buruh yang belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan, atau progam bantuan produktif usaha mikro”

Disimpulkan bahwa penyebab gagal terima subsidi gaji karena tak memenuhi syarat pasal 3B, yakni NIK telah tercatat menerima bantuan sosial lainnya.

Penjelasan Kemnaker

Melalui instagram resmi @kemnaker, juga pernah dibahas masalah serupa.

Ada pertanyaan dari Rekanaker tentang alasan tak terdaftar sebagai penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan.

“Saya bingung nih Min, kenapa ya saya tidak terdaftar di bantuan subsidi upah BPJS Ketenagakerjaan?”

Jawaban Kemenaker tentang hal itu adalah:

1. Untuk BSU tahun 2021 pemerintah telah menetapkan kriteria pekerja/buruh yang berhak mendapatkan subsidi gaji tahun 2021 ini sesuai dengan Permenaker Nomor 16 tahun 2021.

2. Rekanaker dapat memberitahukan perusahaan/pemberi kerja apabila syarat pada angka 1 telah terpenuhi agar dapat diusulkan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada Kemnaker.

Hindari Masalah Ini Jika Tak Ingin Hangus

Selain masalah 3B, penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan juga harus menhindari dana hangus akibat permasalahan nomor rekening.

Seperi diketahui, pengguna rekening BCA dan Bank Swasta disyaratkan untuk melakukan pembuatan Buku Rekening Kolektif atau Burekol agar dapat mencairkan dana bantuan.

Untuk itu jika penerima BLT tak kunjung membuka Burekol, maka dana BLT BPJS akan dikembalikan ke kas negara alias hangus.

“Bagaimana kita tahu kalau kita akan dibukakan rekening baru secara kolektif?

Pertama-tama, rekanaker mengunjungi situs web BSU.KEMNAKER.GO.ID.

Setelah membuat akun, rekanaker masuk ke menu profil atau dengan mengunjungi PROFIL.KEMNAKER.GO.ID.

Rekanaker akan mendapatkan status apakah sudah menjadi calon penerima BSU, sudah ditetapkan sebagai penerima hingga dana BSU sudah tersalurkan atau belum.

Dalam laman profile tersebut, kamu juga akan mendapat info rekening baru yang telah dibuatkan secara kolektif.

Setelah rekanaker mengetahui rekeng baru yang telah dibuatkan, rekanaker dapat berkomunikasi dengan pihak manajemen perusahaan atau HRD untuk mengetahui informasi dan jadwal jadwal aktivasi rekening baru secara kolektif di perusahaan.

BSU bisa digunakan jika rekening baru tersebut sudah diaktivasi.

Aktivasi rekening baru tersebut paling lambat 15 Desember 2021. Kalau sampai lewat tanggal tersebut rekening baru tidak diaktifkan, maka dana BSU rekanaker akan dikembalikan ke kas negara,” jelas admin @kemnaker lewat unggahan video.

Bagaimana Solusi BLT BPJS Ketenagakerjaan Gagal Cair Gara-gara Tak Memenuhi Syarat, Ini Jawaban Terbaru Kemnaker

Sumber : tribunnews.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,

Streaming Now