Bacaan Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Arab Latin dan Artinya. Hingga saat ini, pemerintah Indonesia saat ini belum menetapkan keputusan terkait kapan awal puasa Ramadhan 2023. Umumnya, keputusan awal Ramadhan ini ditetapkan melalui sidang isbat menggunakan metode rukyatul hilal atau pengamatan hilal yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag RI).

Sementara itu, Muhammadiyah sudah menetapkan tanggal kapan awal puasa 2023. Dilansir dari laman muhammadiyah.or.id, Muhammadiyah telah menerbitkan Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 terkait Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah 1444 H sejak hari Sabtu (21/01) lalu.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Arab Latin dan Artinya

Membaca niat puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun puasa, maka wajib dilafalkan. Berikut ini bacaan niat puasa Ramadhan, buka puasa, dan tata caranya.

Dari laman Simbi Kemenag, perkiraan awal puasa 2023 apabila didasarkan pada Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023 M yang diterbitkan Kemenag RI, yaitu akan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023.

Baca Juga :  Jawaban Apakah Boleh Minum Kopi Ketika Sahur?

Ya, umati muslim diperbolehkan lho membaca niat puasa ramadhan untuk sebulan penuh. Memang niat puasa ramadhan sebulan penuh ini terasa tak umum bagi muslim Indonesia.

Berikut ini penjelasan mengenai bacaan niat puasa ramadhan sebulan penuh dalam arab, latin dan artinya. Dasar niat puasa ramadhan sebulan penuh adalah merujuk pada mazhab Imam Maliki.

Pasalnya, kebiasaasn mayoritas umat muslim di Indonesia ini adalah berdasarkan Mazhab Syafi’i Nah, dalam mazhab Syafi’i, umat muslim melafadzkan niat puasa Ramadan harus tiap hari pada malam hari.

Meskipun begitu, jika merujuk pada mazhab Maliki, maka diperbolehkan untuk membuat niat puasa sebulan penuh dan dibaca di awal-awal Ramadan.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Arab Latin dan Artinya

Biasanya, dibaca pas sahur pertama atau dibaca usai salat Tarawih maupun salat witir. Meskipun dibaca di hari setelahnya juga tidak masalah.

Ustaz Ibnu Kharis, Lc. MA atau biasa disapa Ustaz Ahong menjelaskan tentang niat puasa sebulan penuh ini berdasarkan Mazahab Imam Malik.

Baca Juga :  Kode Kupon The Spike Volleyball Story 25 Maret 2024 Terbaru

“Menurut Mazhab Malik, kita boleh niat puasa untuk sebulan penuh pada malam pertama Ramadan. Untuk kehati-hatian, pendapat Imam Malik ini boleh diikuti, kita niat puasa untuk sebulan penuh di hari pertama Ramadan,” paparnya saat dihubungi KompasTV, Sabtu (2/4/2022).

Hal ini, kata ustaz penerima Maarif Award 2020 dari Maarif Instute kategori kategori Ustaz Milenial Inspiratif ini menjelaskan lebih lanjut terkait niat puasa sebulan penuh.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Arab Latin dan Artinya

“Untuk mengantisipasi lupa atau ketiduran (satu kali niat untuk satu bulan), kemudian setiap selesai salat tarawih atau ketika makan sahur kita biasakan untuk niat puasa,” tambahnya.

Mazhab Maliki sendiri merupakan satu dari empat mazhab dalam Islam yang paling populer dan paling banyak dianut di seluruh dunia. Tiga di antaranya adalah Mazhab Syafi’i, Hanafi dan Hambali.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Arab Latin dan Artinya

Baca Juga :  Kode Redeem Game Lords Mobile 25 Maret 2024 Terbaru Valid

Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh dalam Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini bacaan niat puasa ramadhan sebulan penuh:

Arab : نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ تَقْلِيْدًا لِلْإِمَامِ مَالِكٍ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى 

Latin: Nawaitu shauma jami’i syahri ramadhani hadzihis sanati taqlidan lil imami Malik fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa sebulan penuh pada bulan Ramadan tahun ini mengikuti pendapat Imam Malik untuk memenuhi kewajiban karena Allah SWT.”

Semoga Allah SWT melimpahkan berkah kepada kita semua di bulan suci Ramadan. Amin. Wallahu a’lam.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Arab Latin dan Artinya

Sumber : https://www.detik.com/