Aplikasi UMKM Pedagang Warung Maupun Cafe, Install Youtap Solusi Usaha Anda. Tren belanja konsumen pun kian hari kian mengarah ke ranah digital. Data Bank Indonesia menunjukkan nilai transaksi uang elektronik meningkat 45,05 persen secara year-on-year menjadi Rp209,81 triliun pada triwulan ketiga 2021. Fenomena ini memperkuat urgensi bagi para pelaku usaha untuk melakukan modernisasi proses penjualan agar mampu memfasilitasi metode pembayaran elektronik.

Solusi Usaha dan Solusi Enterprise dari Youtap memberikan kemudahan serta kenyamanan mengelola usaha langsung Mantap dengan Aplikasi Usaha (mobile apps) dan Tablet Usaha Youtap. Solusi Enterprise juga hadir untuk menyediakan solusi teknologi sesuai kebutuhan bisnis apapun.

Baca Yuk :

Aplikasi UMKM Pedagang Warung Maupun Cafe, Install Youtap Solusi Usaha Anda

Pengaruh teknologi digital telah merambah ke hampir seluruh aspek dalam dunia usaha. Salah satunya bisa dilihat dari kemunculan berbagai aplikasi untuk membantu pelaku usaha mengelola bisnis, mulai dari point of sales (PoS), pembukuan, hingga rantai pasok.

Sebagai salah satu pihak yang membantu pelaku usaha untuk melakukan digitalisasi bisnis, Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia, berpendapat bahwa aplikasi-aplikasi untuk solusi bisnis ini umumnya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kendala yang paling sering dihadapi pelaku usaha.

“Jika membicarakan suatu usaha, ada dua unsur utama yaitu produk dan pelayanan kepada konsumen. Kemudian di dalamnya ada hal yang tak kalah penting, yakni mengelola usahanya. Nah, pada bagian inilah aplikasi seperti ini bisa membantu,” ujar Herman.

Sejumlah pengalaman sudah membuktikan bahwa pelaku usaha yang mampu memanfaatkan aplikasi digital dengan baik dapat meningkatkan kualitas bisnisnya. Seperti yang dialami beberapa pelaku usaha berikut.

Pemilik angkringan bernama Pak Rachmat. Model bisnis angkringan membuatnya cukup sulit melakukan pencatatan penjualan makanan per porsinya. Karenanya, ia hanya melayani pelanggan secara manual hingga merasa kewalahan.

Pak Rachmat kemudian coba mengunduh Youtap secara gratis. Dari coba-coba itulah, akhirnya ia terbiasa menggunakan aplikasi digital untuk mengelola usahanya. Mulai dari melakukan pencatatan digital, penerimaan pembayaran nontunai, hingga memanfaatkan fitur e-menu, Youtap mampu memberikan kemudahan bagi para pelanggan Pak Rachmat.

Cerita serupa dialami Nelam Sari Tanjung, seorang pengusaha warung makan di Jakarta Selatan, pernah mengalami kesulitan dalam pengelolaan bisnis. Ia sempat kerepotan mengelola produk, mencatat pembukuan, hingga merumuskan strategi pengembangan bisnis jangka panjang.

Situasi ini terjadi sebelum Nelam menggunakan solusi bisnis digital. Ia hanya melakukan pencatatan manual yang sederhana, sehingga banyak waktunya tersita dan sering terjadi human error seperti kesalahan mencatat data penjualan.

Nelam memanfaatkan aplikasi solusi bisnis all-in-one dari Youtap untuk mengubah kondisi tersebut. Ia memaksimalkan fitur katalog produk dalam Aplikasi Usaha Youtap yang berfungsi memasukkan menu makanan yang dijualnya untuk pencatatan penjualan. Dengan fitur ini, ia juga mendapatkan analisis perkembangan bisnis melalui laporan harian yang dikirimkan otomatis lewat pesan WhatsApp.

Solusi bisnis UMKM dan enterprise

Menanggapi hal ini, Herman mengatakan bahwa setiap jenis dan skala usaha itu memiliki kebutuhannya masing-masing. Enterprise dan UMKM, misalnya, kedua bisnis ini memiliki urgensi dalam memanfaatkan aplikasi digital untuk solusi bisnis.. Bedanya, kalangan enterprise butuh solusi yang lebih kompleks daripada UMKM.

Herman mencontohkan sistem pembayaran nontunai yang saat ini digunakan oleh McDonald’s. Restoran waralaba ini memanfaatkan solusi yang sesuai kebutuhan (customized) dalam platform Youtap yang terintegrasi dengan penerbit uang elektronik seperti LinkAja dan ShopeePay untuk transaksi kasir counterself ordering kiosk, dan layanan drive-thru. Solusi ini memungkinkan konsumen dapat memesan dari kendaraan sebagai alternatif jika antrean di drive-thru sangat padat.

Aplikasi solusi bisnis yang mudah dan terjangkau

Herman melihat kendala-kendala yang dialami pelaku usaha makin menguat ketika pandemi melanda. Hal ini dirasakan terutama oleh pelaku UMKM.

Banyak pelaku UMKM yang kehilangan pelanggan ketika membuka kembali usahanya yang tutup sementara akibat pandemi. Oleh karena itu, kata Herman, dibutuhkan aplikasi solusi bisnis yang mudah digunakan (user friendly) dan biaya yang terjangkau, untuk membantu mereka menghidupkan kembali usahanya.

Posisi Youtap dalam hal ini berusaha membangun ekosistem digital terbesar untuk pelaku usaha Indonesia, lewat edukasi dan penyediaan berbagai inovasi berupa beberapa pilihan fitur, mulai dari layanan mendasar yang gratis (basic non verified) hingga layanan-layanan ekstra yang customized. Hal ini dapat diakses lewat hal yang tak kalah penting, tambahnya, yaitu kemudahan dalam registrasi di aplikasi.

“Pada dasarnya layanan Youtap itu free, hanya ada beberapa fitur add-on. Tetapi tanpa ini pun merchant tetap bisa memproses transaksi, tidak ada batasan SKU (stock keeping unit). Merchant bisa lebih bebas sehingga mudah menggunakannya,” tutur Herman.

Melengkapi ekosistem digitalnya, Youtap baru-baru ini meluncurkan dua fitur teranyarnya: Belanja Stok dan PHP (Pesan dari Hape). Dua fitur ini bisa memberikan banyak peluang usaha dan relevan dengan kondisi pasar saat ini.

Melalui layanan Belanja Stok, Youtap menawarkan rantai pasok baru yang saling memberdayakan antarpelaku usaha lainnya dengan cara membeli stok dari mitra pemasok. Sedangkan fitur PHP memungkinkan pelaku usaha menawarkan cara mudah pemesanan dan pembayaran untuk pelanggan di mana pun dan kapan pun. Kemampuan ini bisa terwujud melalui e-menu yang terintegrasi dengan Tablet Usaha dan Portal Usaha Youtap.

Ia juga menegaskan bahwa kemudahan onboard ke aplikasi sangat menentukan ketertarikan pelaku usaha dalam mengakses sebuah teknologi pengelola usaha. “Penyedia platform aplikasi perlu memiliki tim verifikasi yang stand by agar bisa terjaga pelayanannya. Karena itu, kami memiliki tim lapangan di tujuh fokus wilayah kami yang siap mengedukasi dan membantu pelaku usaha jika mengalami berbagai kendala untuk migrasi ke digital,” ujarnya.

Herman pun berharap ke depannya aplikasi digital untuk solusi bisnis ini makin masif digunakan para pelaku usaha agar bisnis mereka semakin berkembang dan mampu menangkap lebih banyak peluang, terlebih di masa pemulihan ekonomi nasional ini agar mampu menggairahkan kembali ekosistem bisnis yang sempat lesu karena pandemi.

Youtap Indonesia menyediakan platform dan solusi digital untuk semua bisnis dan perusahaan. Menghadirkan berbagai transaksi digital terkini kepada mitra Youtap agar dapat lebih baik melayani konsumen.

Aplikasi UMKM Pedagang Warung Maupun Cafe, Install Youtap Solusi Usaha Anda

Mendorong pertumbuhan bisnis dan adopsi layanan, Youtap penyedia platform solusi bisnis meluncurkan inovasi terbaru yakni “Tablet Usaha Youtap dan layanan Loyalty”.

Layanan ini adalah jawaban terhadap tingginya aspirasi para pelaku usaha untuk memiliki layanan dalam perangkat tablet yang terintegrasi dengan seluruh solusi usaha Youtap yang serba bisa.

Selama satu tahun perjalanannya, Youtap terus mengembangkan layanannya yang saat ini sudah diadopsi oleh lebih dari 150 ribu pelaku usaha di seluruh wilayah Indonesia di lebih 435 kota dan 34 provinsi.

Bahkan pengguna Youtap di area Indonesia Timur, seperti Kalimantan, Sulawesi, Bali serta Papua sudah mencapai 20% dari total pengguna. Bertambahnya pengguna juga seiring dengan mudahnya mendapatkan layanan Youtap yang dapat diunduh di Play Store dan App Store dengan proses registrasi hanya 1 menit.

Youtap ingin menjadi yang terbesar di Indonesia untuk jaringan penerimaan transaksi dan juga menjangkau potensi diluar transaksi pembayaran. Youtap menawarkan solusi layanan digital terlengkap untuk membantu semua pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya sehari hari.

​​Youtap Indonesia menyediakan platform dan solusi digital untuk semua bisnis dan perusahaan. Khusus mitra usaha, Youtap juga menghadirkan berbagai transaksi digital terkini agar dapat lebih baik melayani konsumen. Unduh aplikasi Youtap di sini.

kamiwebdevelopment.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , ,

Streaming Now