Apa Manfaat Ikut Guru Penggerak? Salah Satunya Syarat untuk Jadi Kepala Sekolah. Pendaftaran Guru Penggerak ditutup pada 10 Januari 2023 untuk calon peserta Angkatan 10. Kuota Guru Penggerak Angkatan 10 yakni 55.000 guru dari 484 daerah. Peserta Program Guru Penggerak akan mendapat Pendidikan Guru Penggerak, pengembangan kompetensi, dan lokakarya bersama.

Peserta Program Guru Penggerak juga akan diberikan modul dan materi sebagai pegangan selama pendidikan berlangsung. Salah satu manfaat mengikuti Guru Penggerak yaitu mendapat sertifikat pendidikan 310 jam pelajaran (JP) dan piagam Guru Penggerak. Sertifikat ini salah satunya dapat digunakan untuk melengkapi syarat sebagai kepala sekolah.


Apa Manfaat Ikut Guru Penggerak? Salah Satunya Syarat untuk Jadi Kepala Sekolah

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini mencakup pelatihan online (daring), lokakarya, konferensi, dan pendampingan sambil tetap mengajar sebagai guru sehari-hari, seperti dikutip dari laman Sekolah Penggerak.

Selama pendidikan dan pendampingan Guru Penggerak, peserta akan mendapat bantuan paket data untuk pelatihan daring. Di samping itu, biaya transportasi, konsumsi, dan akomodasi juga diberikan sesuai kebutuhan dalam pelaksanaan pendidikan sesuai syarat dan ketentuan.

Baca Juga :  KODE REDEEM FF Jumat 1 April 2022 Terbaru

Pada pertengahan tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia untuk pertama kalinya memperkenalkan dan meresmikan pendaftaran seleksi bagi para calon Guru Penggerak.

Melalui Program Guru Penggerak, pendidik dapat meningkatkan kompetensinya sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Selama pelaksanaan program, guru akan dibimbing oleh instruktur, fasilitator, dan Pengajar Praktik profesional.

Apa Manfaat Ikut Guru Penggerak? Salah Satunya Syarat untuk Jadi Kepala Sekolah. Dikutip dari laman resminya, Guru Penggerak dirancang untuk dapat mencetak sebanyak mungkin agen-agen transformasi dalam ekosistem pendidikan. Program Guru Penggerak angkatan pertama Kemendikbud membuka peluang hingga 2.800 peserta. Angka tersebut memberikan kesan serius bagi Kemendikbud dalam melaksanakan Program Guru Penggerak.

Melalui Program Guru Penggerak, Kemendikbud memberikan kesempatan kepada para guru-guru terbaik bangsa untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan Indonesia melalui pendaftaran menjadi Guru Penggerak.

Menurut penjelasan dari Kemendikbud, Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid.

Selain itu, guru penggerak juga menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Baca Juga :  Info Tanggal Merah Bulan Juni 2022, Lengkap Dengan Hari Besar Lainnya

Apa Manfaat Ikut Guru Penggerak? Salah Satunya Syarat untuk Jadi Kepala Sekolah. Berikut manfaat mengikuti Guru Penggerak seperti dikutip dari laman GTK Dikdas Kemdikbud :

1. Mengembangkan kompetensi dalam lokakarya bersama-sama

Selama 9 bulan, calon guru penggerak (CGP) akan menjalani pelatihan daring dan lokakarya bersama-sama. Capaian perkembangan juga akan dipantau dan dievaluasi bersama hingga pelatihan selesai.

2. Menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid

CGP dalam Program Guru Penggerak dapat belajar untuk meningkatkan kapasitas diri untuk mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru dalam hal ini menjadi teladan siswa, mampu memberdayakan, dan memotivasi siswanya.

Diharapkan, Guru Penggerak dapat menyikapi berbagai jenis siswa yang pada dasarnya unik dan beragam.

3. Belajar dalam kelompok terbimbing, terstuktur, menyenangkan

Para CGP akan belajar mandiri di mana saja dan kapan saja di sela aktivitas mengajar. Kendati belajar mandiri, CGP bisa tetap belajar secara sistematis. Di samping itu, ada kelompok dengan pembimbing dan suasana yang mendukung pembelajaran.

4. Pertukaran pengalaman CGP

Program Guru Penggerak memungkinkan pertukaran praktik baik dan studi kasus antar-CGP selama pendidikan bersama. Para guru CGP dari berbagai daerah peserta program juga dapat bertukar ilmu dan pengalaman selama pelatihan berlangsung.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Kelas 2 SD Tema 4 Halaman 45, 46, Manfaat Persatuan Keluarga

5. Bimbingan

CGP akan mendapat pelatihan dan bimbingan dari pengajar praktik serta pendamping CGP. Para pengajar dan pendamping ini berasar dari widyaiswara dan pengawas sekolah yang memenuhi persyaratan Kemendikbudristek.

Pembimbing CGP bertugas mencatat perkembangan guru selama pendidikan secara daring, memberi pendampingan selama pendidikan, memotivasi, dan membantu CGP hingga selesai pendidikan.

6. Mendapat komunitas belajar baru

Guru Penggerak memungkinkan terbentuknya komunitas belajar baru antara guru penggerak, pengajar, dan pembimbing dari berbagai latar belakang dan pengalaman di berbagai daerah. Karena itu, Guru Penggerak juga memungkinkan kolaborasi antara guru dengan lebih banyak orang.

7. Mendapat sertifikat pendidikan dan piagam

Sebagai penunjang karier, CGP yang telah menyelesaikan Pendidikan Guru Penggerak akan mendapat sertifikat Guru Penggerak 310 JP dan Piagam Guru Penggerak. Sertifikat ini salah satunya dapat digunakan untuk melengkapi syarat menjadi kepala sekolah.

Apa Manfaat Ikut Guru Penggerak? Salah Satunya Syarat untuk Jadi Kepala Sekolah

Selengkapnya tentang pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 10 bisa dilihat di https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/. Semoga berhasil!


Live Streaming