Passing grade PTN seringkali jadi bahan perbincangan hangat bagi siswa kelas 12 yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Istilah passing grade ini berhubungan erat dengan skor UTBK dan tak jarang menjadi poin yang sangat penting bagi para peserta ujian.

Dengan begitu, peserta ujian bisa memprediksi apakah dirinya berpeluang lolos atau tidak. Dalam artikel ini, kita akan mengulas secara komprehensif tentang seluk-beluk passing grade, dari definisi hingga cara menghitungnya. Oleh karena itu, sebaiknya simak penjelasan yang akan dijelaskan di bawah ini secara seksama.

Apa itu passing grade PTN?

Passing grade adalah sebuah ukuran standar yang dapat dihitung dengan mudah dari hasil ujian, yang menunjukkan bahwa peserta ujian telah mencapai nilai yang cukup dan memenuhi syarat untuk diterima dalam kuota penerima. Dalam konteks ujian masuk PTN, passing grade merupakan suatu batas nilai minimal yang harus dicapai oleh peserta agar dapat diterima di perguruan tinggi yang dituju.

Sementara itu, dikutip dari marikuliah.com, passing grade adalah nilai ambang batas atau grade minimum yang harus kamu lampaui bila kamu ingin lulus sebuah ujian.

Baca Juga :  Link Download Angkot d Game Mod Apk V2.16 dan Link Unduh Game Serupa Ojol The Game Asli dari CodeXplore

Passing grade PTN bisa berubah-ubah setiap tahunnya, hal ini tergantung pada daya tampung dan peminat serta rata-rata nilai UTBK para peserta ujian di tahun tersebut.

Cara menghitung passing grade PTN

Passing grade dapat dihitung dengan mudah dengan cara berikut:

Rumus Passing Grade = (TPS+TL+PM) x 100% / JS

Keterangan:

TPS

TL = TesLiterasi

PM = Penalaran Matematika

JS = Jumlah soal keseluruhan

Contohnya:

Jika kamu mengerjakan UTBK SNBT dengan total soal 160. Dengan rincian TPS 60 soal benar, TL 18 soal benar dan PM 15 soal benar. Maka grade yang kamu peroleh adalah sebagai berikut:

Grade (%) = (60 + 18 + 15) x 100% / 160

Grade (%)= (98) 100% / 160

Grade (%)= 61,25 %

Jadi kamu memperoleh grade 61,25 %.

Cara mendapatkan passing grade yang tinggi

Untuk mendapatkan passing grade yang tinggi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Belajar secara teratur dan konsisten: Meluangkan waktu untuk belajar UTBK setiap hari secara teratur dapat membantu meningkatkan pemahaman dan mengurangi stres saat UTBK tiba.
  2. Memiliki metode belajar yang efektif: Setiap orang memiliki cara belajarnya sendiri, sehingga penting untuk mencari metode belajar yang paling sesuai dengan gaya belajar kamu.
  3. Memperhatikan mater UTBK SNBT yang paling sering diujikan: Dalam setiap ujian, biasanya ada materi yang paling sering diujikan. Memprioritaskan materi ini saat belajar soal-soal UTBK bisa membantu meningkatkan kemampuan dan peluang untuk lolos di SNBT..
  4. Mengulang materi yang sulit dipahami: Jika ada materi yang sulit dipahami, jangan ragu untuk mengulanginya atau mencari bantuan dari guru atau mentor.
  5. Sering mengikuti Try OUT UTBK: Mengikuti TO secara rutin dan terukur dapat membantu mempersiapkan diri dengan baik, meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam mengerjakan soal, serta membantu mengenali pola dan jenis soal yang sering muncul dalam ujian.
  6. Beristirahat dengan cukup: Jangan sampai terlalu memaksakan diri dalam belajar hingga mengabaikan istirahat yang cukup. Tubuh dan otak membutuhkan istirahat yang cukup untuk dapat berfungsi secara optimal saat menghadapi ujian.
Baca Juga :  Makanan Untuk Penyakit Jantung dan Stroke Untuk Pria

Dengan menerapkan cara-cara di atas dengan konsisten, diharapkan dapat membantu meningkatkan passing grade dan kesuksesan dalam menghadapi ujian.

Cek Prediksi Passing Grade PTN

PTN tidak pernah mempublish passing grade secara resmi, akan tetapi kamu bisa melihat prediksi passing grade PTN 2023 di situs-situs web pendidikan. Dengan melihat prediksi passing grade ini diharapkan kamu dapat mengukur peluang kelulusan kamu di program studi yang kamu tuju.

Baca Juga :  Kode Redeem Clash of Clans (COC) 18 Februari 2024 Terbaru Valid