Apa itu April Mop? Cek Sejarah April Mop dan Kumpulan Peristiwa Nyata yang Dianggap Bercanda. Perayaan April Mop atau April Fool’s Day di seluruh dunia telah lama dilakukan dari generasi ke generasi, setiap tanggal 1 April. April Mop adalah momen saat banyak orang mengungkapkan sebuah kebohongan sebagai suatu lelucon.

Kendati begitu, sejarah hari ini masih belum diketahui secara pasti. Beberapa versi pun muncul untuk menjelaskan asal-muasal perayaan April Fool’s Day.

April Mop 1 April diperingati sebagai perayaan prank (lelucon) di seluruh dunia. Perayaan April Fools’ Day ini dilakukan dengan melakukan lelucon atau candaan.

Apa itu April Mop? Cek Sejarah April Mop dan Kumpulan Peristiwa Nyata yang Dianggap Bercanda

Misalnya, membuat kebohongan lucu kepada seseorang. Kemudian, jika orang tersebut percaya, maka di akhir candaan akan diucapkan ‘April Mop’.

Sejarah April Mop

Dikutip dari laman History, beberapa sejarawan berspekulasi bahwa April Mop dimulai pada 1582, saat Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian.

Pada kalender Julian, tahun baru dimulai saat titik balik musim semi, sekitar 1 April. Dengan berlakunya kalender Gregorian, maka tahun baru berganti menjadi 1 Januari.

Akibatnya, orang-orang yang terlambat mendapat kabar atau tak sadar awal tahun baru telah berganti tetap merayakannya sepanjang akhir Maret.

Apa itu April Mop? Cek Sejarah April Mop dan Kumpulan Peristiwa Nyata yang Dianggap Bercanda

Mereka pun mendapatkan olok-olok dari orang lain, sehingga muncul istilah “April Fools”. Bukan hanya di Perancis, praktik ini kemudian menyebar ke seluruh Eropa.

Baca Juga :  KODE REDEEM PUBG 25 Maret 2024 Terbaru

Selain itu, sejarawan turut mengaitkan April Mop dengan Festival Hilaria yang dirayakan bangsa Roma kuno pada setiap akhir Maret.

Pada saat perayaan festival yang secara harfiah berarti kegembiraan ini, orang-orang akan berdandan dan menyamar, kemudian mengejek orang lain.

Tak sampai di situ, ada pula sejarawan yang berpendapat bahwa April Mop atau April Fool’s Day berkaitan dengan ekuinoks vernal atau hari pertama musim semi di belahan Bumi utara.

Saat hari itu, “Ibu Pertiwi” dianggap membodohi manusia lantaran perubahan cuaca yang tidak dapat diprediksi.

Perayaan April Mop kemudian menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18, termasuk di Skotlandia yang merayakan tradisi ini dengan menggelar sebuah acara selama dua hari.

Apa itu April Mop? Cek Sejarah April Mop dan Kumpulan Peristiwa Nyata yang Dianggap Bercanda

Lelucon tersebut dimulai dengan “berburu gowk”, yang dapat diartikan sebagai simbol orang bodoh, ketika orang dikirim untuk menjalankan tugas palsu.

Perayaan tersebut akan diikuti dengan Tailie Day, yang melibatkan lelucon pada bagian pantat, seperti menjepit ekor palsu atau memasang tanda “tendang aku”.

Sementara itu, masyarakat Yunani percaya, apabila seseorang berhasil membodohi orang lain di April Mop, maka akan mendatangkan keberuntungan sepanjang tahun.

Apa itu April Mop? Cek Sejarah April Mop dan Kumpulan Peristiwa Nyata yang Dianggap Bercanda

Sederet peristiwa nyata yang dianggap lelucon

Kerap disebut sebagai hari saat orang-orang berbohong, beberapa peristiwa yang terjadi pada hari ini juga dianggap sebagai angin lalu dan guyonan belaka.

Baca Juga :  Kode Redeem Game My Hotpot Story 25 Maret 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

Berikut sederet peristiwa nyata yang dianggap lelucon pada 1 April, seperti dilansir laman H2G2:

1. Tsunami April Mop Hawaii

Pada 1 April 1946, gempa bumi disusul tsunami telah menewaskan setidaknya 165 orang di Hawaii dan Alaska, Amerika Serikat. Tsunami ini kemudian memprakarsai dibuatnya sistem peringatan tsunami.

Di Hawaii, bencana tsunami ini lebih dikenal dengan sebutan Tsunami April Mop. Sebab, kala itu, banyaknya korban jiwa lantaran tidak percaya berita akan kedatangan tsunami.

2. Tewasnya penyanyi Marvin Gaye

Pada 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya.

Semula, orang-orang beranggapan bahwa pembunuhan ini merupakan berita palsu. Hal tersebut ditambah fakta sosok ayah yang menjadi pembunuh anaknya sendiri.

Apa itu April Mop? Cek Sejarah April Mop dan Kumpulan Peristiwa Nyata yang Dianggap Bercanda

3. Hari Republik Iran

Pada 1979, Iran menyatakan bahwa 1 April merupakan Hari Republik negaranya. Namun, kabar ini hanya dianggap lelucon sampai 30 tahun kemudian.

4. Peluncuran Gmail

Pada 1 April 2004, Google meluncurkan layanan surat elektronik atau surel bernama Gmail. Namun saat itu, banyak yang menganggap Google hanya melontarkan guyonan.

Belum lagi, Google memang terkenal kerap memasang sejumlah lelucon April Mop pada situsnya.

5. Tanaman Spageti di Swiss

Pada 1957, Richard Dimbleby menyampaikan informasi bahwa tanaman spageti sangat melimpah di Swiss. Para pembaca lalu menghubungi program tersebut untuk menanyakan bagaimana dapat menumbuhkan pohon spageti di rumah. Usut punya usut, ternyata kabar tersebut hanya prank April Mop.

Baca Juga :  KODE REDEEM GENSHIN IMPACT 25 Maret 2024 Terbaru

Apa itu April Mop? Cek Sejarah April Mop dan Kumpulan Peristiwa Nyata yang Dianggap Bercanda

6. Pelempar Bola Tercepat

Selain prank spageti, ada prank bola tercepat. Penulis Sport Illustrated George Plimpton pada 1985 menulis artikel palsu tentang seorang pelempar pemula bernama Sidd Finch. Dalam artikel tersebut, Finch dikabarkan berhasil melempar bola dengan kecepatan lebih dari 168 mil per jam. Berita ini pun sukses menipu para pembaca.

7. Melawan Gravitasi

Pada 1976, seorang astronom terkenal Patrick Moore hadir di Radio BBC dan mengumumkan makhluk di Bumi akan bisa merasakan efek gravitasi Jovian-Plutonian. Ia mengatakan pada pukul 09.47 waktu setempat, planet-planet akan sejajar dan gravitasi menjadi sedikit lebih lemah. Jadi, jika seseorang melompat ke atas, dia akan hampir melayang.

Apa itu April Mop? Cek Sejarah April Mop dan Kumpulan Peristiwa Nyata yang Dianggap Bercanda

Sumber : https://www.detik.com/