Apa Ciri-ciri Kata Kunci? Ketahui Pengertian, Contoh Kalimat dan Cara Menemukan. Selain dipelajari di sekolah, istilah kata kunci juga kerap digunakan oleh peselancar internet ketika hendak mencari informasi tertentu di mesin pencarian. Di samping itu, kata kunci berfungsi untuk mempermudah seseorang untuk memahami isi dari suatu tulisan atau paragraf.

Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, informasi yang hendak disampaikan pun akan lebih mudah untuk dicerna oleh pembaca. Memahami kata kunci atau sering disebut keyword merupakan satu di antara materi yang dipelajari dalam pelajaran bahasa Indonesia.


Apa Ciri-ciri Kata Kunci? Ketahui Pengertian, Contoh Kalimat dan Cara Menemukan

Biasanya kata kunci digunakan untuk mencari inti informasi dari suatu tulisan atau paragraf yang dibuat. Memahami kata kunci penting dilakukan, apalagi kamu yang mengeluti profesi sebagai content writer atau penulis konten.

Kata kunci adalah suatu kata atau frasa yang menonjol pada judul, tajuk, subjek, abstrak atau teks, serta catatan isi. Kata atau frasa ini dimanfaatkan sebagai istilah pencarian untuk menemukan susunan teks atau hal penting lainnya yang termuat dalam kata kunci tersebut.

Dalam bahasa Indonesia, kata kunci adalah kata yang istimewa dalam suatu kalimat atau paragraf. Adapun yang dimaksud istimewa karena berkedudukan sebagai kunci yang digunakan dalam memahami atau merangkai, dan semacam informasi yang ada dalam kalimat atau paragraf tersebut.

Baca Juga :  BPUM 2022 Kapan Cair? Login dan Masukkan NIK KTP di Link eform.bri.co.id untuk Cek Penerima BLT UMKM 2022

Kata kunci juga dapat diartikan suatu kata atau frasa yang menonjol pada judul, tajuk, subjek, abstrak atau teks, serta catatan isi. Kata atau frasa ini dimanfaatkan sebagai istilah pencarian untuk menemukan susunan teks atau hal penting lainnya yang termuat dalam kata kunci tersebut.

Ada pula pengertian lain dari kata kunci adalah suatu kata yang atau frasa yang memuat konsep, gagasan, atau hal penting, yang digunakan untuk mencari suatu hal.

Apa Ciri-ciri Kata Kunci? Ketahui Pengertian, Contoh Kalimat dan Cara Menemukan. Menurut penjelasan di atas kata kuncii dapat disimpulkan sebuah kata yang menjadi sebuah kata penting dalam sebuah kalimat untuk menjelaskan hal yang banyak dicari oleh seseorang.

1. Kata kunci tersusun dari satu atau dua buah kata

Ciri kata kunci yang pertama ini adalah, sebuah kata kunci yang tidak bisa memuat kata yang panjang. Kata kunci tersebut harus singkat, padat, dan jelas, supaya mudah diingat orang lain.

Baca Juga :  Cara Mengambil Dana PIP Kemdikbud Oktober 2022 di Bank BRI dan BNI, Masih Ada 5,9 Juta Kuota Penerima PIP SD-SMK

Misalnya: makanan daerah, wisata terfavorit, dunia binatang, serta alat elektronik.

2. Kata kunci mengandung kata yang sifatnya unik

Ciri-ciri kata kunci kedua, yaitu ada kata kunci yang mengandung kata yang sifatnya unik. Ini maksudnya adalah memuat kata yang bersifat unik.

Kata kunci harus mudah diingat dan mengandung kata yang bermakna spesifik atau bukan hal yang umum. Misalnya, wisata Jakarta, makanan Bali, hewan anjing, dan kursi bambu.

3. Kata kunci bersifat menyeluruh

Yang terakhir, ada jenis kata kunci bersifat menyeluruh. Jenis kata kunci ini artinya, kata kunci memuat satu atau dua kata yang bisa digunakan untuk memperjelas keseluruhan isinya.

Sebagai contoh kata kunci makanan Jakarta dipakai untuk menjelaskan apa saja makanan yang ada di Jakarta, baik makanan tradisional hingga makanan favorit.

Cara Menemukan Kata Kunci dalam Paragraf

Berikut ini beberapa cara menemukan kata kunci dalam paragraf:

  1. Carilah kata yang sering diulang-ulang dalam sebuah paragraf. Jika kamu membaca iklan, artikel, atau berita, kata yang diulang-ulang, itu bisa jadi kata kuncinya. Dalam sebuah artikel biasanya kata yang diulang-ulang juga terdapat pada judulnya.
  2. Kata kunci biasanya ada di dalam ide pokok bacaan. Tujuan kata kunci ialah untuk lebih mudah memahami topik atau ide pokok. Dengan begitu, kata kunci akan selalu ada dalam ide atau kalimat utama sebuah paragraf maupun tulisan.
  3. Carilah kata kunci yang sudah diganti kalimat atau sinonimnya. Tak hanya diucapkan berulang-ulang dengan kalimat yang sama, kata kunci juga sering muncul dengan sinonimnya.
Baca Juga :  KODE REDEEM PUBG 24 Mei 2022 Terbaru

Mengganti kata kunci dengan sinonim katanya bertujuan menghemat kata dan meyakinkan pembaca tentang keutamaan kata tersebut.

Apa Ciri-ciri Kata Kunci? Ketahui Pengertian, Contoh Kalimat dan Cara Menemukan

Contoh Kata Kunci dalam Kalimat

Berikut ini beberapa contoh kalimat dalam kata kunci tersebut:

  • Ibu makan gudeg dengan lahap. Kata kuncinya adalah ibu dan gudeg.
  • Kucing adalah binatang lucu yang manja. Kata kuncinya adalah kucing, binatang, dan manja.
  • Gunung Kidul adalah desa wisata yang indah dan asri. Kata kuncinya Wonogiri, wisata, dan asri.
  • Ayah pergi ke kebun tadi siang. Kata kuncinya ayah dan kebun.
  • Adik pergi ke sekolah tadi pagi. Kata kuncinya adalah adik dan sekolah.

Apa Ciri-ciri Kata Kunci? Ketahui Pengertian, Contoh Kalimat dan Cara Menemukan

Sumber : https://id.wikipedia.org/


Live Streaming