Ampiang Dadiah Yogurt Khas Minang, dadiah diolah dari susu kerbau yang difermentasikan di dalam buluh bambu. Sedangkan ampiang merujuk pada olahan berbahan baku berupa ketan merah. Penamaan ampiang dadiah dikarenakan bahan baku utama dari kudapan ini adalah ampiang dan dadiah.

Ampiang dadiah adalah kuliner khas dari Bukittinggi. Salah satu lokasi yang kerap menjajakan kudapan ini yakni di Pasa Lereng dan Pasa Ateh.


Ampiang Dadiah Yogurt Khas Minang

Dadiah mirip dengan produk fermentasi susu lain yang lebih populer, yaitu yoghurt. Namun keduanya memiliki perbedaan dalam segi bahan utama dan tekstur. Dadiah hanya bisa diolah dari susu kerbau segar.

Ampiang dadiah merupakan dua komponen yang terpisah, namun ketika sangat cocok dipadukan ketika dimakan.

Baca Juga :  KODE REDEEM ML 30 November 2022 Dapatkan Item Menarik Lainnya

Untuk menikmati dadiah, biasanya dicampur dengan ampiang, itulah kenapa namanya ampiang dadiah. Rasa asam dadiah berpadu dengan kerenyahan ampiang ditambah siraman gula aren, kombinasi yang sulit dijelaskan keunikannya.

Dikutip dari Pesona Indonesia, dadiah adalah susu kerbau yang difermentasi dalam batang bambu. Ampiang dadiah sudah ada sejak zaman dulu. Ampiang dadiah berasal dari Bahasa Minang, “ampiang” berarti berdekatan dan “dadiah” berarti susu yang dikentalkan atau susu fermentasi.

Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 memasukkan Ampiang Dadiah sebagai salah satu nominasi dalam kategori Minuman Tradisional Terpopuler dari Bukittinggi.

Pesona dadiah “yoghurt” khas Minang terdengar sampai telinga chef kenamaan Gordon Ramsay. Pada kesempatannya mengunjungi Sumatera Barat dalam salah satu episode acara Gordon Ramsay: Uncharted yang tayang di National Geographic Channel pada Senin (29/6/2020), Ramsay memeras susu kerbau untuk bahan dadiah.

Baca Juga :  KODE REDEEM GENSHIN IMPACT 30 November 2022 Valid Terbaru

Pembuatan ampiang dadiah terdiri dari dua proses utama, yaitu:

  • Pertama, pengolahan ampiang dari ketan merah dengan cara ditumbuk pipih dan dilakukan selagi ketan merah tersebut masih panas pasca direbus kering.
  • Kedua, pengolahan dadiah melalui fermentasi susu kerbau di dalam buluh bambu yang ditutup daun waru ataupun daun pisang. Durasi fermentasi tersebut berlangsung sekitar 2-3 hari atau hingga susu kerbau tadi sudah tampak menggumpal.

Ampiang dadiah dapat dijadikan sebagai camilan untuk mengganjal perut maupun menu sarapan yang ringan. Selain bahan-bahan di atas, ampiang dadiah rupanya juga sedap disantap bersama nasi, sambal, bahkan sirih.

Namun, kuliner ampiang dadiah, dari tahun ke tahun tergerus zaman. Dadiah semakin sulit dicari, sebab cita rasanya yang ini dan tidak semua orang menyukai sajian kaya nutrisi ini.

Baca Juga :  KODE REDEEM PUBG 30 November 2022 Skin Keren Segera Klaim Terbaru Valid

Ampiang Dadiah Yogurt Khas Minang

Referensi:

  • https://www.idntimes.com
  • https://www.pesonaindo.com
  • https://www.liputan6.com

Tags : , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming