Siapa yang tidak tahu dataran luas afrika, hamparan savana yang begitu luas dengan berbagai macam flora dan fauna di dalamnya. Tak sedikit film-film yang terispirasi dari kehidupan alam liar di afrika, sebut saja film animasi ‘The Lion King’ yang bercerita tentang perjalanan seekor anak singa sang penguasa untuk menjadi penerus si raja hutan.



Africa Van Java – Taman Nasional Baluran Jawa Timur

Pemandangan yang indah di dataran Africa Van Java tersebut ternyata tampak pula di Indonesia, tepatnya di Taman Nasional Baluran Jawa Timur. Taman Nasional Baluran (TNB) terletak di Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih, kab. Situbondo. Masyarakat banyak lebih mengetahui Bahwa Baluran terletak di Kabupaten Banyuwangi, karena memang letak Taman Nasional Baluran berada di perbatasan Banyuwangi dan Situbondo dan lebih dekat dengan Banyuwangi.

Baluran mendapat julukan Africa Van Java atau Little Africa. Julukan tersebut bukan tanpa alasan, di dalam Taman Nasional Baluran terdapat padang Savana yang sangat luas dengan berisikan banyak sekali satwa liar. Banteng, rusa, ular, kerbau, monyet ekor panjang yang lumayan buas, kerbau dan burung merak yang indah, semua ada di Baluran. Keberadaan satwa liar ini menjadi ciri khas kawasan konservasi Taman Nasional Baluran.

Nama Baluran di ambil dari nama gunung yang berada tepat di taman nasional tersebut yaitu gunung Baluran yang tampak berdiri kokoh dan menjadi pemandangan yang indah.

TTaman Nasional Baluran Jawa Timur memiliki luas sebesar 25 ribu hektare yang didalamnya terdapat beberapa jenis hutan, satwa dan tumbuhan serta 40% nya merupakan Vegetasi savana. Baluran juga disebut sebagai miniatur hutan Indonesia karena hampir seluruh tipe hutan ada di Baluran. Di dalamnya terdapat Vegetasi Savana, hutan Mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Setidaknya terdapat 44 jenis tumbuhan hidup subur di Baluran, di antarnya terdapat tumbuhan khas yaitu widoro bukol, mimba dan pilang. Terdapat juga 26 jenis mamalia, diantaranya banteng, kerbau, ajag, kijang, rusa, macan tutul, dan kucing bakau. Serta sebanyak 155 burung juga hidup di Baluran.

Itulah kiranya mengapa Taman Nasional Baluran Jawa Timur dijuluki sebagai Africa Van Java. Banyak sekali satwa yang bisa ditemui di sana, seperti di Afrika.

Arya Baginda Pangestu )

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Chat Bersama Kami
Read previous post:
pendaftaran-kip-kuliah-mulai-21-februari-2020
Pendaftaran KIP Kuliah Mulai 21 Februari 2020

prosedur pendaftaran kip kuliah
Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah

Syarat Mendaftar KIP Kuliah 2020

Close