Mengenal Tea Tree Oil, Benarkah Ampuh Atasi Jerawat? Produk skincare dengan kandungan tea tree oil sangat populer karena diklaim mampu atasi jerawat. Sebelum berkesimpulan lebih jauh, mari kita mengenal tea tree oil terlebih dahulu.

Mengenal Tea Tree Oil, Benarkah Ampuh Atasi Jerawat?

Apa Itu Tea Tree Oil?

Tea trea oil atau minyak pohon teh, dikenal juga dengan nama latin Australia melaleuca alternifolia. Jangan sampai keliru ya, karena pohon teh yang digunakan ini berbeda dengan tanaman teh untuk membuat minuman teh hitam atau teh hijau. Minyak pohon teh ini, sebetulnya adalah tanaman asli dari Australia, yang sejak 100 tahun terakhir digunakan sebagai minyak antiseptik dan anti inlflamasi serbaguna, serta punya khasiat banyak buat tubuh manusia.

Selain untuk dijadikan produk perawatan kulit, minyak pohon teh juga berguna sebagai produk rumah tangga. Sebab, sifat antimikroba yang kuat pada minyak pohon teh, bisa membunuh bakteri jahat pada peralatan rumah tangga.

Manfaat Tea Tree Oil

Minyak ini memiliki segudang manfaat. Bisa menjadi deodoran alami, hand sanitizer, mengatasi ketombe, bahkan mengobati jerawat. Selengkapnya Anda bisa baca manfaat tea tree oil di artikel dLuz sebelum ini.

Efek Samping Tea Tree Oil

Selain memiliki segudang manfaat, tea tree oil juga ada efek sampingnya. Misalnya untuk kulit sensitif. Jika Anda memiliki kulit sensitif, minyak ini mungkin akan meninggalkan rasa kering, gatal, menyengat dan terbakar setelah pemakaian pertama Anda. Jika sudah seperti itu, baiknya hentikan untuk beberapa saat, dan Anda bisa mencoba lagi dalam jangka waktu beberapa hari.

Efek samping lainnya yaitu bisa mengganggu hormon pada pria. Pada sebuah studi kasus penelitian, pemakaian tea tree oil dan minyak lavender pada pria sangat tidak dianjurkan. Mengapa? Kedua kandungan minyak alami tersebut memungkinkan adanya efek yang dapat mengganggu hormon pria. Pada sebuah kasus yang telah terjadi, hal tersebut mengakibatkan pria memiliki pertumbuhan payudara abnormal, atau biasa disebut ginekomastia.

Dan yang terakhir, jangan meminum minyak pohon tes secara langsung melalui mulut Anda. Tidak pernah ada aturan yang menyarankan minyak pohon teh untuk dikonsumsi langsung. Mengonsumi tea tree oil akan menimbulkan beberapa dampak yang mungkin terjadi, antara lain pusing, badan lemas, terdapat ruam merah di sekujur tubuh, dan bahkan menyebabkan kondisi koma.

Demikian ulasan singkat untuk mengenal tea tree oil. Pada intinya, tea tree oil mampu mengatasi jerawat. Namun, harus dibarengi dengan pola hidup sehat, ya! Semoga membantu.

*sumber:

https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-tea-tree-oil/