Mengenal Centella Asiatica dan Manfaatnya untuk Kulit. Centella asiatica sedang naik daun belakang ini, karena dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Mari mengenal centella asiatica lebih dalam, dan teliti manfaatnya untuk kulit.

Mengenal Centella Asiatica dan Manfaatnya untuk Kulit

Centella asiatica atau Cica kerap tumbuh subur di daerah tropis dan berasal dari kawasan Asia Tenggara. Tanaman ini telah menjadi ramuan obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit sejak berabad-abad silam. Centella asiatica juga kerap menjadi bahan dasar pembuatan skincare. Nah, inilah manfaat centella asiatica untuk kulit.

1. Menyamarkan Stretch Mark

Dengan mengoleskan krim mengandung Centella asiatica dan bahan lainnya dapat membantu mencegah stretch mark selama kehamilan. Penelitian awal juga menunjukkan bahwa konsumsi Centella asiatica mungkin dapat membuat stretch mark lebih tebal dan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan menggunakan krim stretch mark.

2. Mengurangi Peradangan

Salah satu masalah kulit yang paling umum adalah masalah peradangan, seperti psoriasis dan dermatitis. Masalah kulit ini biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan pada kulit. Centella asiatica yang memiliki kandungan saponin yang tinggi, membuatnya memiliki sifat menenangkan dan menyembuhkan luka pada kulit. Ekstrak daun yang dijadikan cairan ini, mampu mengurangi peradangan pada kulit dan telah dibuktikan oleh berbagai penelitian.

3. Sebagai Anti-Aging

Centella asiatica sering ditemukan pada skincare yang ditujukan untuk mencegah penuaan. Hal ini karena tanaman yang satu ini memiliki kandungan Flavonoid dan senyawa Madecassodie yang berfungsi sebagai antioksidan yang membantu untuk menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dari paparan sinar matahari dan polusi. Tak hanya itu, senyawa tersebut juga meningkatkan sirkulasi darah dan sintesis kolagen serta jaringan kulit agar tetap awet muda.

4. Melembapkan Kulit

Tanaman yang kerap diolah menjadi skincare ini juga dapat berfungsi sebagai pelembap kulit. Beberapa kandungannya, seperti beta-karoten dan fitokimia, sangat baik untuk menjaga kulit tetap ternutrisi dan terhidrasi. Kulit kasar dan iritasi dapat diatasi dengan penggunaan rutin skincare dengan bahan dasar centella asiatica. Maka dari itu, pastikan pemakaian skincare setiap hari agar kulit tetap halus dan sehat.

5. Meredakan Luka Bakar

Mengoleskan krim yang mengandung centella asiatica pada luka bakar tingkat dua diyakini mampu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka bakar.

 

Setelah mengenal centella asiatica dan manfaatnya yang banyak, diharapkan Anda tidak kebingungan memilih produk yang mengandung centella asiatica. Semoga artikel ini membantu, ya!

*sumber:

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/19/115332520/mengenal-centella-asiatica-dan-manfaatnya-untuk-kulit?page=all

https://highend-magazine.okezone.com/read/mengenal-centella-asiatica-bahan-dasar-skincare-yang-kaya-akan-manfaat-bagi-kecantikan-45XQ6m